PELATIHAN BERNYANYI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN TEKNIK VOKAL PESERTA KARAOKE DANGDUT COMPETITION DI BUGIS WATERPARK MAKASSAR

Main Article Content

Sri Wahyuni Muhtar

Abstract

Pada tanggal 1 November 2020, Bugis Waterpark menggelar lomba menyanyi karaoke dangdut secara luring. Kegiatan ini dilaksanakan di area food court Bugis Waterpark Makassar dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Panitia kegiatan ini mengundang pengabdi untuk menjadi pemateri pelatihan vokal bagi peserta, sekaligus juri kompetisi. Metode pelatihan vokal yang digunakan adalah ceramah dan demonstrasi kepada seluruh peserta. Mitra kegiatan pengabdian ini adalah panitia dan seluruh peserta kompetisi karaoke lagu dangdut. Pelaksanaan kegiatan terdiri dari demonstrasi vocalizing, menjelaskan berbagai teknik vokal, melakukan penilaian kualitas vokal peserta, dan evaluasi penampilan peserta kompetisi. Hasil kegiatan ini adalah adanya peningkatan pemahaman mitra pada berbagai teknik vokal ketika bernyanyi, peningkatkan kualitas vokal dan keterampilan menyanyikan lagu dangdut, meningkatkan kualitas kompetisi secara keseluruhan, serta terpilihnya pemenang yang berkualitas dalam kompetisi karaoke dangdut .

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Djamarah, S.B. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fairuz. 2010. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Praktek Vokal Ibu-Ibu PKK RW V Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Skripsi, Universitas Negeri Semarang.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

Kurnianingsih, Widhi. 2013. Pembelajaran Vokal Di Purwacaraka Musik Studio Semarang. Skripsi, Universitas Negeri Semarang.

Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease-2019 (COVID-19).

Poetra, Adjie Esa. 2006. 1001 Jurus Mudah Menyanyi. Jakarta : DAR! Mizan.

Tim Pusat Musik Liturgi. 2019. Menjadi Dirigen II Edisi Revisi : Membentuk Suara. Yogyakarta : Pusat Musik Liturgi