PELATIHAN PEMANFAATAN ECOBRICKS UNTUK PEMBANGUNAN AREAL TAMAN BACA KREATIVITAS DAN SANGGAR SENI JEGEG BAGUS DI BANJAR DUKUH PULU KAJA, DESA MAMBANG, SELEMADENG TIMUR, TABANAN

Main Article Content

Wayan Setem

Abstract

Desa Mambang, Kecamatan Silemadeng Timur, Kabupaten Tabanan memiliki permasalahan pengelolaan persampahan dikarenakan sistem yang terbentuk tidak berjalan dengan baik. Selain itu diperparah dengan rendahnya kesadaran warga pada pengolahan sampah yang baik. Dengan kondisi tersebut maka muncul Gerakan Anak-anak Peduli Sampah Plastik (Gapsap) sebagai relawan memungut sampah yang telah berlangsung sejak 2014. Namun gerakan tersebut belum mampu mengolah dan memanfaatkan sampah plastik yang sudah dipunggut sehingga volumenya semakin menumpuk di tempat penampungan sementara. Begitu juga minimnya pengetahuan tentang wirausaha, terutama pengembangan produk handycraf dari sampah plastik. Untuk itu maka diperlukan suatu terobosan pemanfaatan timbunan sampah plastik yang sudah terkumpul menjadi ecobricks dan pengembangan produksi usaha berbahan daur ulang sampah plastik. Metode pengabdian masyarakat yang dilakukan melalui  tahapan yaitu sosialisasi, koordinasi, pelatihan/pendampingan, dan  penyuluhan. Hasil program ini adalah kemampuan pengolahan sampah plastik menjadi ecobricks dan pengembangan produk handycraf. Sedangkan dampak program ini yakni penurunan jumlah sampah plastik tidak terolah yang berimplikasi terhadap semakin besarnya kesadaran warga masyarakat dalam pengelolaan sampah, serta dapat menjadi pilot project dan best practice pengelolaan sampah.  

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Wayan Setem, Indonesian Institute of the Arts Denpasar

Departement of Fine Arts (Program Studi Seni Murni)

References

Ecobricks.org. (2015). Panduan Visi Ecobrick

https://www.mongabay.co.id/2019/07/02/inilah-data-dan-sumber-sampah-terbaru-di-bali diakses pada 12 Pebruari 2021.

https://plasticpollution.leeds.ac.uk/projects/the-bali-partnership/ diakses pada 12 Pebruari 2021.

https://radarbali.jawapos.com/read/2020/11/11/224097/payah-dari-133-desa-di-tabanan-hanya-punya-10-tps3r-yang-berhasil-2 diakses pada 12 Pebruari 2021

Suminto, Sekartaji, 2017, Ecobrick: solusi cerdas dan kreatif untuk mengatasi sampah plastic, Jurnal Desain Produk (Pengetahuan dan Perancangan Produk) Vol. 3 No. 1 Edisi Januari-Juni 2017.

Pavani, P., & Rajeswari, T. R. (n.d.). National Seminar on Impact of Toxic Metals, Minerals and Solvents leading to Environmental Pollution-2014 Journal of Chemical and Pharmaceutical Sciences Impact of Plastics on Environmental Pollution. Retrieved from www.jchps.com.

Peraturan Gubernur Bali Nomor: 97/2018 tentang Pembatasan Timbunan Sampah Plastik Sekali Pakai.

Peraturan Daerah Tabanan Nomor: 6 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga.

www.liputan6.com diakses pada tanggal 11 Juni 2019.