REAKTUALISASI MUSIK TONGLING BERSAMA SANGGAR SENI PRINGGOWULUNG DESA WONOMULYO, KELURAHAN GENILANGIT, KECAMATAN PONCOL, KABUPATEN MAGETAN

Main Article Content

Darno Darno
Muriah Budiarti
Sutriyanto Sutriyanto
Sigit Setiawan

Abstract

Kegiatan PKM Karya Seni ini merupakan penjelasan dari serangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan team PKM yang berjudul “Reaktualisasi Tongling Bersama Sanggar Seni Pringgowulung Desa Wonomulyo, Kelurahan Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Terdapat berbagai permasalahan di dunia kesenian daerah, adalah minimnya bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan para pelaku senu tentang musik bambu baik yang berkaitan dengan prinsip-prinsip dasrnya dalam konsep musik tradisi maupun inovasi.Berdasarkan permasalahan tersebut kemudian, maka dalam kerjasama ini team PKM dosen melakukan langkah-langkah strategis yakni melakukan langkah solutif yakni membuat tahapan kegiatan-tahapan kegiatan yang dimulai dari pemetaan permaslahan, perancangan kegiatan, aksi kegiatan, hingga hasil luaran kegiatan. Untuk menghadapi mempermudah dalam memahami prinsip-prinsip garap gamelan dalam karawitan tradisi, digunakanlah dua langkah kegiatan yakni seminar dan workshop yang meliputi: ceramah, diskusi, dan pelatihan, dan pergelaran hasil pelatihan. Obyek materi yang ditekankan dalam kegiatan ini adalah musik bambu tongling bentuk aransmen. Alat-alat musik bambu tradisi (tongling) dan bentuk inovasi dieksplorasi dengan berbagai teknik yang melalui tahapan-tahapan secara progresif yakni dengan menggunakan langkah 4N yaitu: niteni, nirokke, nentokke, dan nemokke.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Arends, Richard J. 2004. Learning to Teach. Boston, New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Depdiknas. 2003. Pola Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi, Program Studi pada LPTK-PTK Jenjang S-1. Jakarta: Dirjendikti Dep. Pemb. PTK dan Ketenagaan PT.

Doelle, Leslie L dan Lea Prasettio, 1986. Akustik Lingkungan. Erlangga, Jakarta.

Franz Magnis Suseno, 1984. Etika Jawa: Sebuah Analisa Falsafi tentang Kebijaksanaan Hidup Jawa. Jakarta: Gramedia

Hall, Donald E, 1980. Musical Accoustics: An Introduction. Belmont, California.

I Wayan Sadra, 2005. Menimbang Pendekatan Pengkajian & Penciptaan Musik Nusantara. STSI Press.

R. Mursid, 2013. Pengembangan Model Pengembangan Praktik Berbasis Kompetensi Berorientasi Produksi. T Universitas Negeri Medan

The Diagram Group, 1976. Musical Instruments of the World. Paddington Press, New York.

White, Harvey E. and Donald H. White, 1980. Physics and Music: The Science of Musical Sound. Sounders College, Philadelphia.

Narasumber

Bapak Winarno, pimpinan sanggar Pringgowulung dan pelatih musik tongling Dusun Wonomulyo, Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan.