PENGEMBANGAN VISUAL DRAMA TARI PANJI PADA VIDEO KLIP MUSIK METAL KELOMPOK DJIWOASTRA

Main Article Content

Bondan Aji Manggala
Kiswanto Kiswanto

Abstract

Kegiatan pengembangan visual Drama Tari Panji bertujuan untuk merealisasikan konsep dan gagasan visual dalam pertunjukan musik (konser) kelompok Djiwoastra pada karya lagu terakhir yang berjudul “Panji”. Keterlibatan penulis dalam proyek ini adalah sebagai salah satu produser video klip musik, serta  berperan menjadi fasilitator gagasan visual Drama Tari Panji untuk pertunjukan musik kelompok Djiwoastra. Kegiatan dilakukan melalui metode partisipatoris yang berfokus pada upaya penemuan model pendekatan proses dan hasil (produk) kekaryaan seni pertunjukan yang berbasis pada internalisasi keberagaman pengalaman, selera, gaya, dan kompetensi dari para personil dan pendukung karya. Pengembangan visual Drama Tari Panji diharapkan dapat merepresentasikan musik metal Nusantara yang berwujud dalam simbol-simbol visual. Hasil dari kegiatan kekaryaan ini dapat membentuk pengalaman kreatif bagi penguatan ketrampilan kelompok Djiwoastra yang dapat dimanfaatkan lebih lanjut untuk mengatasi permasalahan dan tantangan kreativitas dalam pengembangan visual video klip pertunjukan musik metal Nusantara yang memperpadukan antara estetika Timur dan Barat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Bondan Aji Manggala, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta

Program Studi Etnomusikologi, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta

Kiswanto Kiswanto, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta

Program Studi Etnomusikologi, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta

References

A.A.G.D. Bharuna. 2004. Arsitektur untuk Rakyat, Suatu Kajian Tentang Pendekatan Perancangan Partisipatif, Jurnal Permukiman Natahvol.2no.1.

Deter Mack.1995. Sejarah Musik Jilid II. Yogyakarta: Pusat Liturgi Musik.

Kemmis, S. and Mc. Taggert, R. 1988. The Action Research Planner. Dankin University.

Pramudya, Nicolas Agung. Penciptaan Karya Komposisi Musik Sebagai Sebuah Penyampaian Makna Pengalaman Empiris Menjadi Sebuah Mahakarya. Jurnal Gelar, Vol. 17, No. 1, Juli 2019.

Putro, Cahyo Sukisno. Pembelajaran Vokal Dengan Metode Solfegio Pada Paduan Suara Gracia Gitaswara Di Gkj Cilacap Utara Kabupaten Cilacap. Jurnal Seni Musik, Vol. 4, No. 1, 2015.

Setiawan, Iwan. Aransemen Lagu Soleram oleh Josu Elberdin (Tinjauan Aransemen Paduan Suara). Jurnal Repertoar, Vol.1 No. 2, Januari 2021ISSN: 2746-1718.

Theodore KS. 2013. Rock n Roll Industri Musik Indonesia dari Anlog ke Digital. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara.

Utama, Bagus Tri Wahyu. 2014. ¯Karya Musik Paganism Black Metal Kelompok Makam di Surakarta: antara Hegemoni Black Metal dan Interkultur MusikJawa. Skripsi Jurusan Etnomusikologi ISI Surakarta.

Yuka Dian Narendra. 2017. Glokal Metal: Dari Black Metal menuju Jawa yang Baru. Jakarta: Jurnal Ruang.

Daftar Narasumber

Dewadji Ratriarkha (Djiwo) 45 tahun, vokalis Djiwoastra Band.

Aji Agustian (Coky) 33 tahun, gitaris Djiwoastra Band.

Joko Suyanto, 32 tahun, pengamat musik dan etnomusikolog, manager Djiwoastra.