PENGENALAN BUDAYA NUSANTARA LEWAT TARI DI SEKOLAH

Main Article Content

Dewi Wulandari

Abstract

Pengenalan Tari Nusantara di ranah Sekolah Menengah Atas (SMA) sangat kurang, terlebih pada sekolah di daerah Jawa Tengah yang cenderung mengutamakan tari kreasi Jawa. Oleh karena itu perlu dilakukan sosialisasi dalam bentuk pelatihan untuk mengenalkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kegiatan pelatihan Tari Nusantara dengan materi Tari Piring di SMAN 2 Salatiga. Asset Based Communities Development (ABCD) digunakan sebagai pendekatan dalam program pelatihan ini, sedangkan metode pelatihan menggunakan metode dialogis, drill, dan demonstrasi. Setelah mengikuti pelatihan Tari Piring, peserta pada awalnya bingung dengan pola iringan tari di luar Tari Jawa, namun setelah tiga hari pelatihan, mulai terbiasa. Pada evaluasi latihan peserta mampu menarikan Tari Piring tanpa dibimbing/dipandu oleh pelatih.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Al-Kautsari, M. M. (2019). Asset-Based Community Development : Strategi Pengembangan Masyarakat. Empower: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 4(2), 259. https://doi.org/10.24235/empower.v4i2.4572

Citrawati, A. A. I. A., Riyanti, E., Anugraha, F., & Mahyeni, H. P. (2016). Pelatihan tari Panyembrama Sebagai Pengenalan Budaya Bali di SMA Negeri 2 Padangpanjang. Jurnal Batoboh, 1(1), 45–58.

Mamik, Widyastuti. (2016). Pelatihan tari sebagai dasar kreatifitas dalam bermain wayang orang di snggar “Kridobudoyo” semanggi surakarta. Abdi Seni: Jurnal Pengabdian KepadaMasyarakat Pendidikan, 7(2), 160–168.

Nurjaman, F., Sudadio, S., & Faturohman, N. (2017). Implementasi Pelatihan Tari Daerah dalam Melestarikan Tarian Banten di Sanggar Raksa Budaya Kota Serang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(2), 152–160. https://doi.org/10.15294/pls.v1i2.19414

Safitri Aziza, M., Iriani, Z., & Desfriani. (2018). Pelatihan Pengembangan Diri Seni Tari di SMA Negeri 1 Batang Anai. E-Jurnal Sendratasik, 7(1), 6–11.

Santoso, L. (2020). Pemberdayaan Remaja Melalui Pelatihan Kesenian Religi Qasidah Rebana Di Dusun Penanggungan Kec. Bungkal Kab. Ponorogo Dengan Pendekatan Asset Based Community Development. InEJ: Indonesian Engagement Journal, 1(1), 45–70. https://doi.org/10.21154/inej.v1i1.2046

Setianingsih, Y. (2014). Peranan Olah Tubuh Untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Dalam Tari Pada Anak-Anak Smp Negeri 01 Karangkobar. Jurnal Seni Tari, 3(1), 1–9.

Widaqdo, T. H. (2017). Pembelajaran Tari Piring Sumatera Barat Menggunakan Metode Latihan pada Ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Tumijajar. Jurnal Seni Dan Pembelajaran, 5(1).