Maakun Buni Celempong dalam kesenian Gondang Oguong: Sebuah proses pelarasan musik tradisi
DOI:
https://doi.org/10.33153/dewaruci.v13i1.2503Keywords:
maakun buni, celempong, pengetahuan empirik, empirical knowledgeAbstract
Maakun buni merupakan proses pelarasan atau pembentukan sistem nada alat musik celempong, dalam kesenian Gondang Oguong di wilayah adat Limo Koto Kabupaten Kampar. Proses maakun buni didasari atas pengetahuan musikal para penggolong – selaku pelaras celempong terkait tinggi-rendah dan tingkai atau jarak nada dalam salobuan atau seperangkat celempong. Dalam proses pelarasan tersebut, para penggolong menggunakan konsep-konsep lokal seperti gheghek, kowan, sanggam, dan tingka. Semua konsep konsep lokal yang digunakan dalam proses pelarasan atau pembentukan sistem nada ini, masih tersimpan di dalam sanubari (embody) para penggolong sebagai sebuah pengetahuan empirik. Tulisan ini mengupas proses maakun buni sebagai sebuah pengetahuan empirik para penggolong celempong, dengan menggunakan konsep-konsep teoritik yang berasal dari dalam budaya itu sendiri.ABSTRACTMaakun buni is a tuning system process for celempong instrument of Gondang Oguong ensamble in Limo Koto ethnic region of Kampar District. The process of Maakun Buni is based on the musical knowledge mastered by the Penggolong – the expert of tuning system – relating to tingkai or the high-low interval exists on salobuan (a set of celempong). On the process of tuning system, penggolong apply local concepts such as gheghek, kowan, sanggam, and tingka. The entire local concepts that applied on the tuning system process is embodied inner the self of penggolong as the empirical knowledge. This article describes about the maakun buni process as an empirical knowledge to penggolong of celempong, by using theoretical conception comes from the cultural itself.Downloads
References
Adjus, Elfiandri. Makna Simbol dalam Upacara Perkawinan Masyarakat Adat Limokoto Kabupaten Kampar Riau. Pekanbaru: Yayasan Pusaka Riau, 2004.
Hastanto, Sri. Konsep Pathêt dalam Karawitan Jawa. Surakarta: Program Pascasarjana & ISI Press Surakarta, 2009.
--------------, Ngeng & Reng: Persandingan Sistem Pelarasan Gamelan Ageng Jawa dan Gong Kebyar Bali. Surakarta: ISI Press, 2012.
Indra Sastra, Andar. “Konsep Batalun Dalam Penyajian Talempong Renjeang Anam Salabuhan di Luhak Nan Tigo Minangkabau.” Disertasi S3 Pengkajian Seni Program Pascasarjana ISI Surakarta, 2015.
Khairunnas. “Sistem Hukum Exogami menurut Adat Limo Koto Kabupaten Kampar.” Laporan Penelitian, 2006.
NARASUMBER
Iman, 40 tahun wiraswasta, penggolong celempong dari Dusun Pulau Belimbing 2, Desa Kuok Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar.
Mukhtar, 80 tahun, wiraswasta, penggolong celempong berasal dari Desa Tanjung RT 1 RW 2, Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar.
Salman Aziz, 49 tahun, seniman, penggolong celempong bertempat tinggal di Jalan Lingkar Tanjung, Desa Pasir Sialang RT 2 RW 2, Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar.
Selamat, 60 tahun, seniman, penggolong celempong berasal dari Desa Pulau Birandang, RT 4 RW 2 Kecamatan Kampar Timur.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License