IKLAN TELEVISI SEBUAH PRODUK KARYA SENI DALAM KOMUNIKASI MASSA
DOI:
https://doi.org/10.33153/glr.v7i1.1267Abstract
Iklan di media televisi merupakan pesan komunikasi yang bertujuan untuk memperkenalkan produk barang atau jasa. Tujuan selanjutnya adalah memotivasi dan mempersuasi para pemirsa atau audience untuk mencari, membeli dan menjadi pelanggan tetap. Selanjutnya dari fihak media televisi sendiri menggunakan iklan sebagai sumber income untuk kelangsungan hidup perusahaan media. Iklan televisi dapat dibedakan sebagai iklan bisnis, iklan layanan masyarakat dan iklan yang sifatnya gabungan antara bisnis dan layanan masyarakat. Sebagai bagian dari komunikasi massa media televisi mempunyai ciri khas cepat, selintas dan umum, hal inilah yang dimanfaatkan secara maksimal oleh para pemasang iklan. Karya iklan dikreasi oleh team kreatif biro iklan. Gagasan iklan mungkin datang dari produsen produk, team kreatiflah yang menerjemahkan ide tersebut ke dalam bahasa audio visual. Cara kerja team kreatif ini seperti para seniman menciptakan karya, mengembarakan imaginasi, menggali informasi serta mempelajari karakter unsur-unsur sosial budaya masyarakat. Hasil karya mereka yang berbentuk iklan merupakan salah satu bentuk seni visual, yaitu suatu karya seni yang khusus untuk dilihat mata. Kata kunci: Iklan, Karya seni, Komunikasi massa.Keyword :Iklan, Karya Seni, Komunikasi MassaDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2016-02-29
Issue
Section
Articles
License
Copyright
Authors who publish with Gelar: Jurnal Seni Budaya agrees to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.