ESENSI DAN NILAI SENI POSTER PAGELARAN WAYANG KULIT KARYA GESTISUTIS

Authors

  • Ryan Sheehan Nababan Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia Surakarta Jl. Ki Hadjar Dewantara No. 19 Kentingan, Jebres, Surakarta, 57126
  • G., Guntur ISI Surakarta
  • Aton Rustandi Mulyana ISI Surakarta
  • D., Dharsono ISI Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33153/glr.v14i1.1745

Abstract

Poster tidak hanya sebagai media publikasi acara maupun media kampanye. Poster dapat menjadi mediaekspresi estetis yang mencitrakan pengalaman dan ideologi seniman. Poster Pagelaran Wayang Kulit merupakansalah satu bentuk poster yang diciptakan atas dasar persepsi, pengalaman estetis, serta ideologi dari kelompokGestiSutis. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana latar belakang pengalaman, ragambentuk visual poster, serta esensi dan nilai dari pengalaman GestiSutis dalam karya-karya posternya. Penelitianini menggunakan pendekatan fenomenologi dengan menggunakan analisis fenomenologi persepsi dari Merleau-­Ponty. Hasil menunjukkan bahwa: pertama, dalam pembentukan persepsi dan pengalamannya terhadap duniaseni tradisi pertunjukan wayang kulit dan dunia seni poster, GestiSutis dipengaruhi oleh faktor historisitas dantemporalitas. Kedua, ragam bentuk Poster Pagelaran Wayang Kulit disusun oleh GestiSutis atas dasar prosespersepsinya yang kreatif, yaitu imajinasi, ekspresi, gaya visual, dan bahasa visual. Ketiga, GestiSutis memilikipengalaman estetis terhadap dunia pewayangan dan dunia poster. Dalam kontruksi nilai, GestiSutis memaknaiPoster Pagelaran Wayang Kulit sebagai kualitas ekspresi estetis, kualitas dokumentasi dan informasi budaya,kualitas edukasi, dan kualitas artist merchandise.Kata kunci: seni poster, wayang kulit, fenomenologi persepsi, Merleau-Ponty.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-11-08

Issue

Section

Articles