STRATEGI VISUAL PADA PROMOSI DESA WISATA BATU AKIK MELALUI DESTINATION BRANDING DI DESA TIRTOMOYO WONOGIRI
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan merumuskan rancangan strategi visual bagi desa Tirtomoyo Wonogiri sebagai salah
satu daerah penghasil batu akik terbaik di dunia. Hasil rancangan ini akan diimplementasikan dalam bentuk
media, sehingga desa Tirtomoyo Wonogiri dijadikan sebagai destinasi wisata batu akik. Untuk mencapai
tujuan ini, kegiatan penelitian akan dilaksanakan selama satu tahun. Kuartal I merupakan Tahap Perancangan
Strategi Visual yaitu tahap untuk merancang strategi visual destinasi wisata batu akik unggulan di daerah
Tirtomoyo Wonogiri berdasar dari pemetaan aset wisatanya. Kuartal II merupakan Tahap Perancangan
Program Destination Branding yaitu tahap untuk merancang program destination branding berdasar dari analisis
strategi pengelolaan wisata yang telah dilakukan oleh Pemkab Wonogiri dan lembaga terkait serta
mendeskripsikan tingkat keberhasilannya. Kuartal III merupakan Tahap Implementasi Rancangan yaitu tahap
untuk mengimplementasikan hasil rancangan ke dalam media komunikasi visual melalui destination branding
pada desa Tirtomoyo Wonogiri menuju desa wisata batu akik.Agar dapat menarik segmen wisatawan yang
yang lebih luas, maka perlu adanya perancangan strategi visual melalui destination branding. Hal ini diharapkan
dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan perekonomian daerah Wonogiri khususnya di desa
Tirtomoyo.Tujuan yang dicapai pada penelitian ini adalah merancang visual branding sebagai salah satu bagian
dari program destination branding sebagai upaya promosi meningkatkan daya tarik wisatawan terhadap potensi
yang dimiliki oleh desa Tirtomoyo di Kabupaten Wonogiri.
Kata kunci: strategi visual, destinasi wisata, destination branding, desa wisata batu akik.
satu daerah penghasil batu akik terbaik di dunia. Hasil rancangan ini akan diimplementasikan dalam bentuk
media, sehingga desa Tirtomoyo Wonogiri dijadikan sebagai destinasi wisata batu akik. Untuk mencapai
tujuan ini, kegiatan penelitian akan dilaksanakan selama satu tahun. Kuartal I merupakan Tahap Perancangan
Strategi Visual yaitu tahap untuk merancang strategi visual destinasi wisata batu akik unggulan di daerah
Tirtomoyo Wonogiri berdasar dari pemetaan aset wisatanya. Kuartal II merupakan Tahap Perancangan
Program Destination Branding yaitu tahap untuk merancang program destination branding berdasar dari analisis
strategi pengelolaan wisata yang telah dilakukan oleh Pemkab Wonogiri dan lembaga terkait serta
mendeskripsikan tingkat keberhasilannya. Kuartal III merupakan Tahap Implementasi Rancangan yaitu tahap
untuk mengimplementasikan hasil rancangan ke dalam media komunikasi visual melalui destination branding
pada desa Tirtomoyo Wonogiri menuju desa wisata batu akik.Agar dapat menarik segmen wisatawan yang
yang lebih luas, maka perlu adanya perancangan strategi visual melalui destination branding. Hal ini diharapkan
dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan perekonomian daerah Wonogiri khususnya di desa
Tirtomoyo.Tujuan yang dicapai pada penelitian ini adalah merancang visual branding sebagai salah satu bagian
dari program destination branding sebagai upaya promosi meningkatkan daya tarik wisatawan terhadap potensi
yang dimiliki oleh desa Tirtomoyo di Kabupaten Wonogiri.
Kata kunci: strategi visual, destinasi wisata, destination branding, desa wisata batu akik.
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
Issue
Section
Articles
Copyright
Authors who publish with Gelar: Jurnal Seni Budaya agrees to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.