STRATEGI VISUAL PADA PROMOSI DESA WISATA BATU AKIK MELALUI DESTINATION BRANDING DI DESA TIRTOMOYO WONOGIRI

Main Article Content

Andreas Slamet Widodo
Jazuli Abdin Munib
Ercilia Rini Octavia

Abstract

Penelitian ini bertujuan merumuskan rancangan strategi visual bagi desa Tirtomoyo Wonogiri sebagai salah
satu daerah penghasil batu akik terbaik di dunia. Hasil rancangan ini akan diimplementasikan dalam bentuk
media, sehingga desa Tirtomoyo Wonogiri dijadikan sebagai destinasi wisata batu akik. Untuk mencapai
tujuan ini, kegiatan penelitian akan dilaksanakan selama satu tahun. Kuartal I merupakan Tahap Perancangan
Strategi Visual yaitu tahap untuk merancang strategi visual destinasi wisata batu akik unggulan di daerah
Tirtomoyo Wonogiri berdasar dari pemetaan aset wisatanya. Kuartal II merupakan Tahap Perancangan
Program Destination Branding yaitu tahap untuk merancang program destination branding berdasar dari analisis
strategi pengelolaan wisata yang telah dilakukan oleh Pemkab Wonogiri dan lembaga terkait serta
mendeskripsikan tingkat keberhasilannya. Kuartal III merupakan Tahap Implementasi Rancangan yaitu tahap
untuk mengimplementasikan hasil rancangan ke dalam media komunikasi visual melalui destination branding
pada desa Tirtomoyo Wonogiri menuju desa wisata batu akik.Agar dapat menarik segmen wisatawan yang
yang lebih luas, maka perlu adanya perancangan strategi visual melalui destination branding. Hal ini diharapkan
dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan perekonomian daerah Wonogiri khususnya di desa
Tirtomoyo.Tujuan yang dicapai pada penelitian ini adalah merancang visual branding sebagai salah satu bagian
dari program destination branding sebagai upaya promosi meningkatkan daya tarik wisatawan terhadap potensi
yang dimiliki oleh desa Tirtomoyo di Kabupaten Wonogiri.
Kata kunci: strategi visual, destinasi wisata, destination branding, desa wisata batu akik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles