KOREOGRAFI ASMARASIH KARYA UMIYATI SRI WARSINI
DOI:
https://doi.org/10.33153/grt.v17i1.2293Abstract
Tari Asmarasih merupakan tari berpasangan yang ditarikan oleh dua penari (laki-laki dan perempuan) dan bertemakan percintaan. Tari ini disusun oleh Umiyati Sri Warsini tahun 1989 di Pura Mangkunegaran. Disusun untuk mengisi keperluan resepsi pernikahan, selain itu tari ini juga dapat di pentaskan dalam acara lain yang tujuannya sebagai hiburan. Penelitian ini menggunakan teori bentuk yang dikemukakan oleh Suzane K. Langer, dan sebagai model analisis untuk mendeskripsikan koreografi Asmarasih, menggunakan teori dari Janet Adshead tentang komponen koreografi. Selanjutnya menggunakan landasan teori garap yang dikemukakan oleh Rahayu Supanggah, untuk menganalisis mengenai garap tari Asmarasih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan pendekatan etnografi tari. Hasil penelitian ini dapat diperoleh tentang koreografi Asmarasih yang tidak terlepas dari elemen-elemen pembentuknya, saling berkaitan seperti penari, gerak, tata visual dan elemen suara. Tari Asmarasih juga diketahui merupakan satu-satunya tari pasihan atau percintaan, yang terdapat di Pura Mangkunegaran. Garap gerak maupun garap gendhing secara kreatif menggunakan aturan-aturan yang berada di lingkungan Pura Mangkunegaran. Dengan demikian walaupun terdapat gerak dan gendhing gaya Yogyakarta dan Surakarta, maka bisa dikatakan sebagai gaya Mangkunegaran. Penelitian ini juga mengungkapkan kesenimanan Umiyati Sri Warsini yang merupakan satu-satunya generasi seniman wanita abdi dalem yang ada di Pura Mangkunegaran, setelah era Nyi Bei Mardusari (alm.), yang memiliki kemampuan multitalenta (penari, pesindhen, pengeprak, dan guru tari). Kata kunci : Tari Asmarasih, Umiyati Sri Warsini, koreografi, garap.Downloads
References
Adshead, Janet, dkk.1988. Dance Analysis Theory and Practice (edited by Janed Adshead). London: Cecilcourt.
Anonim.
Langendrija Mandraswara. Jakarta: Bale Poestaka Batavia Centrum.
Bantolo, Matheus Wasi.
“Alusan Pada Tari Jawaâ€. Tesis STSI Surakarta.
Jazuli, M.
Telaah Teoritis Seni Tari. Semarang: IKIP Semarang Press.
Kurnia, Eva. 2016.
“Garap Wayang Bocah Lakon Mustakaweni Sanggar Tari Soerya Soemirat Surakartaâ€. Skripsi SI Jurusan Tari Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Surakarta.
Maryono.
Pragmatik Genre Tari Pasihan Gaya Surakarta. Surakarta : ISI Press.
Nurwulan.
“Tata Rias Wayang Orang Sriwedari ‘’Laporan Penelitian. Surakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.
Slamet.
Barongan Blora Menari di atas Politik dan Terpaan Zaman. Surakarta: Citra Sains LPKBN.
______. 2016. Melihat Tari. Surakarta: Citra Sains.
Soedarsono, R. M.
Pengantar Pengetahuan dan komposisi Tari. Yogyakarta : ASTI.
Suharti, Theresia.
“Tari di Mangkunagaran Suatu Pengaruh Bentuk dan Gaya dalam Dimensi Kultural 1916- 1988â€. Tesis S-2 Program Studi Sejarah Jurusan Ilmu-ilmu Humaniora fakultas Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Supanggah, Rahayu.
Bothekan Karawitan II: Garap. Surakara: ISI
Supriyanto.
“Serat Kridhawayangga (Pakem Beksa)†Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi STSI Surakarta.
Widyastutienigrum, Sri Rochana.
Sejarah Tari Gambyong Seni Rakyat menuju Istana. Surakarta: ISI Press.
NARASUMBER
Daryono, M. Ng. (59 tahun), penari di Pura Mangkunegaran dan dosen Jurusan tari ISI Surakarta. Triyagan, Mojolaban, Sukoharjo.
Irwan Dhamasto (26 tahun), penari dan pegawai PLP ISI Surakarta. Surakarta.
Sri Hartono, R.T. (75 tahun), empu karawitan, sesepuh PAKARTI Mangkunegaran dan penyusun karawitan. Keprabon, Banjarsari, Surakarta.
Umiyati Sri Warsini, Nyi Ng. (61 tahun), Seniman atau penyusun tari. Keprabon, Banjarsari, Surakarta.
Wahyu Santoso Prabowo (65 tahun), Dosen ISI Surakarta. Perumahan Pratama No. B9 Sabrang Kulon Mojosongo, Jebres, Surakarta.
DISKOGRAFI
ABIPRAYA. 2016. “Tari Asmarasih’’, Video Tari Asmarasih dalam rangka Ujian Manajemen Seni Pertunjukan Semester IVA Tari, tanggal 8 Mei 2016 di Pendopo ISI Surakarta, koleksi penulis.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
Authors who publish with GREGET agrees to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.