Penggunaan Metode Penelitian dalam Skripsi Mahasiswa STSI Surakarta Tahun 2000-2005

Authors

  • Anhar Widodo

DOI:

https://doi.org/10.33153/grt.v8i1.327

Abstract

Anhar Widodo, 132311657 METODE PENELITIAN SKRIPSI MAHASISWA STSI SURAKARTA (Analisis Deskriptif Penggunaan Metode Penelitian dalam Skripsi Mahasiswa STSI Surakarta Tahun 2000-2005). Penelitian ini mencoba memetakan secara kualitatif, relasi antara judul, rumusan masalah, pemilihan metode penelitian dan susunan penulisan laporan hasil penelitian yang tertuang dalam laporan skripsi mahasiswa STSI –sekarang ISI—Surakarta tahun 2000-2005. Kesimpulan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa penguasaan metode penelitian mahasiswa STSI masih rendah –jauh dari kompetensi utama sebagai seorang peneliti. Hal tersebut menjadikan kualitas skripsi, sebagai salah satu parameter kualitas akademik seorang mahasiswa masih perlu dipertanyakan. Kenyataannya, skripsi hanya dijadikan sebuah prasyarat, bukan sebuah karya yang pantas dijadikan monumen kebanggaan penulisnya. Rendahnya kualitas metode dalam skripsi mahasiswa STSI 2000-2005, berbanding lurus dengan rendahnya minat baca mahasiswa STSI. Saran, perlu adanya evaluasi kurikulum –khususnya untuk matakuliah-matakuliah sosial, teoritik dan metode. Kemudian perlu diperbanyak forum-forum diskusi, kajian yang membahas fenomena sosial di sekitar mahasiswa. Perlu adanya latihan melakukan analisis sosial sebagai pendukung kompetensi utama seorang peneliti seni –sebagai bagian dari rumpun ilmu humaniora. Perlu adanya pembudayaan membaca secara rutin di kalangan mahasiswa.Keyword : Metode, kualitatif, mahasiswa STSI Surakarta 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-01-20

Issue

Section

Articles