BENTUK TARI MALOKA SARAGA KARYA IKA FEBRIANI LAKSANANINGTYAS
DOI:
https://doi.org/10.33153/grt.v21i1.4437Keywords:
Bentuk, Proses Kreativitas, Tari Maloka SaragaAbstract
Tari Maloka Saraga merupakan tari kelompok, yang ditarikan oleh delapan penari perempuan. Penelitian ini menjelaskan dan mendeskripsikan bentuk pada tari Maloka Saraga karya Ika Febriani Laksananingtyas dan proses kreativitas Ika Febriani Laksananingtyas. Untuk menganalisis bentuk Tari Maloka Saraga, peneliti menggunakan konsep dari Sumandyo Hadi yang didalamnya mengungkap aspek-aspek dasar koreografi kelompok (2003) meliputi (1) diskripsi tari; (2) judul tari; (3) tema tari; (4) gerak tari yang terdiri darimotif gerak, gerak repetisi atau pengulangan, dan gerak perpindahan; (5) musik tari; (6) mode atau cara penyajian; (7) penari; (8) tata cahaya; (9) rias dan kostum tari; (10) properti dan perlengkapan. Untuk mengungkap proses kreativitas Ika Febriani Laksananingtyas yaitu menggunakan teori dari Rhodes yang dikutip oleh Utami Munandar dalam bukunya Kreativitas dan Keberbakatan yang di dalamnnya terdapat empat unsur yaitu person, press, proscess, dan product. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tari Maloka Saraga merupakan hasil kreativitas Ika Febriani Laksananingtyas. Bentuk koreografi tari Maloka Saraga tidak terlepas dari elemen-elemen pembentuk yang saling berkaitan seperti penari, gerak, rias dan busana, musik, dan tata visual. Proses kreativitas tari Maloka Saraga ini didukung oleh kemampuan kesenimanannya yang memiliki bakat seni, pengalaman dalam berkesenian, kepekaan estetik, kemantapan profesi, dan produktif.Downloads
References
Dhewi, O. K. 2018. Koreografi Anfu Karya Dwi Surni Cahyaningsih. Skripsi Program Studi Seni Tari Institut Seni Indonesia Surakarta.
Hadi, Y. S. 2003. Aspek-aspek Dasar Koreografi Kelompok. Yogyakarta: Elkaphi.
------------. 2007. Kajian Tari Teks dan Konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
Langer, S. K. 1998. Problematika Seni. Bandung: Akademi Seni Tari Indonesia.
Mack, D. 2001. Musik Kontemporer dan Persoalan Interkultural. Yogyakarta: Art.line.
Maryono. 2011. Penelitian Kualitatif Seni Pertunjukan. Surakarta : ISI Press.
-----------. 2015 Analisa Tari. Surakarta: ISI Press.
Munandar, U. 2002. Kreativitas dan Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Murgiyanto, S. 1993. Ketika Cahaya Merah Memudar Sebuah Kritik Tari. Jakarta: Derivi Ganan.
Soedarsono, R.M. 1978. Diktat Pengantar dan Pengetahuan Komposisi Tari. Surakarta : ASTI.
Toekio, S. 1990. Pengantar Semiotika dan Keindahan. Surakarta : STSI.
Wahyuni, E. S. 1996. Bentuk Penyajian dan Struktur Dramatik Kesenian Ande-Ande Lumut Di Desa Joho Kecamatan Purwantoro Kabupaten Wonogiri. Skripsi Program Studi Seni Tari Institut Seni Indonesia Surakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Kornelisa Eka Timesa, Dwiyasmono Dwiyasmono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
Authors who publish with GREGET agrees to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.