HOLISTIK TARI SINGO JOWO LASKAR KARYA UMI USWAHTUN KHASANAH

Authors

  • Novia Nur Nurul Amintamah Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Maryono Maryono Institut Seni Indonesia Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33153/grt.v21i1.4440

Keywords:

Tari Singo Jowo Laskar Yudho, Kritik Seni Holistik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap makna yang terkandung pada Tari Singo Jowo Laskar Yudho Karya Umi Uswahtun Khasanah. Makna tari dapat diungkap dengan melihat tiga permasalahan meliputi: (1) Bagaimana Genetik Tari Singo Jowo Laskar Karya Umi Uswahtun Khasanah, (2) Bagaimana Objektif Tari Singo Jowo Laskar Yudho Karya Umi Uswahtun Khasanah, (3) Bagaimana Afektif Tari Singo Jowo Laskar Yudho Karya Umi Uswahtun Khasanah. Penelitian ini dikaji dengan pendekatan Kritik Seni Holistik yang menempatkan tiga faktor yaitu genetik, objektif, dan afektif merupakan satu kesatuan sebagai sumber terjadinya aliran makna. Penelitian yang dilakukan bersifat kualitatif dengan tehnik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, mengkaji dokumen arsip, dan perekaman. Hasil temuan penelitian berdasarkan analisis faktor genetik, objektif, dan afektif Tari Singo Jowo Laskar Yudho Karya Umi Uswahtun Khasanah dapat mengungkap makna bahwa karya tersebut berfungsi sebagai hiburan dan mengangkat nilai-nilai historis kedaerahan, nilai semangat perjuangan, nilai patriotisme dan nasionalisme yang berguna bagi generasi muda dan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fernandes, L. 2017. Berhasil Antarkan Tari Singo Jowo Laskar Yudho di JKPI Bali, dalam Jawa Pos, 27 Agustus 2017.

Khasanah, U. U. 2017. Laporan Penciptaan Karya Tari oleh Umi Uswahtun Khasanah sebagai syarat profesionalisme guru pada tahun 2017. Koleksi Pribadi.

Maryono. 2010. Pragmatik Genre Tari Pasihan Gaya Surakarta. Surakarta: ISI Press.

--------------. 2017. Makna Tindakan Pragmatik Bedhaya Tejaningsih pada Jumenengan K.G.P.H Tejawulan sebagai Raja Pakubuwana XIII di Surakarta. Panggung: Jurnal Seni Budaya, 27(1), 35-48.

--------------. 2019. Implikatur Presentasi Komplementarisme Verbal dan Nonverbal Tari Gambir Anom Susunan S. Ngaliman. Mudra, 34(1), 116-126.

--------------. 2019. Makna Ekspresi Tindak Tutur Verdiktif dalam Srimpi Anglir Mendung. Panggung, 29(4), 343-357.

Sari, Y., dan Maryono. 2017. Tari Bugis Kembar Versi S. Ngaliman (Kajian Kritik Holistik). Greget, 16(1), 1-13.

Sutopo, H. B. 1995. Kritik Seni Holistik Sebagai Model Pendekatan Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Downloads

Published

2022-08-31 — Updated on 2022-07-15

Issue

Section

Articles