HOLISTIK TARI SINGO JOWO LASKAR KARYA UMI USWAHTUN KHASANAH
DOI:
https://doi.org/10.33153/grt.v21i1.4440Keywords:
Tari Singo Jowo Laskar Yudho, Kritik Seni HolistikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap makna yang terkandung pada Tari Singo Jowo Laskar Yudho Karya Umi Uswahtun Khasanah. Makna tari dapat diungkap dengan melihat tiga permasalahan meliputi: (1) Bagaimana Genetik Tari Singo Jowo Laskar Karya Umi Uswahtun Khasanah, (2) Bagaimana Objektif Tari Singo Jowo Laskar Yudho Karya Umi Uswahtun Khasanah, (3) Bagaimana Afektif Tari Singo Jowo Laskar Yudho Karya Umi Uswahtun Khasanah. Penelitian ini dikaji dengan pendekatan Kritik Seni Holistik yang menempatkan tiga faktor yaitu genetik, objektif, dan afektif merupakan satu kesatuan sebagai sumber terjadinya aliran makna. Penelitian yang dilakukan bersifat kualitatif dengan tehnik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, mengkaji dokumen arsip, dan perekaman. Hasil temuan penelitian berdasarkan analisis faktor genetik, objektif, dan afektif Tari Singo Jowo Laskar Yudho Karya Umi Uswahtun Khasanah dapat mengungkap makna bahwa karya tersebut berfungsi sebagai hiburan dan mengangkat nilai-nilai historis kedaerahan, nilai semangat perjuangan, nilai patriotisme dan nasionalisme yang berguna bagi generasi muda dan masyarakat.Downloads
References
Fernandes, L. 2017. Berhasil Antarkan Tari Singo Jowo Laskar Yudho di JKPI Bali, dalam Jawa Pos, 27 Agustus 2017.
Khasanah, U. U. 2017. Laporan Penciptaan Karya Tari oleh Umi Uswahtun Khasanah sebagai syarat profesionalisme guru pada tahun 2017. Koleksi Pribadi.
Maryono. 2010. Pragmatik Genre Tari Pasihan Gaya Surakarta. Surakarta: ISI Press.
--------------. 2017. Makna Tindakan Pragmatik Bedhaya Tejaningsih pada Jumenengan K.G.P.H Tejawulan sebagai Raja Pakubuwana XIII di Surakarta. Panggung: Jurnal Seni Budaya, 27(1), 35-48.
--------------. 2019. Implikatur Presentasi Komplementarisme Verbal dan Nonverbal Tari Gambir Anom Susunan S. Ngaliman. Mudra, 34(1), 116-126.
--------------. 2019. Makna Ekspresi Tindak Tutur Verdiktif dalam Srimpi Anglir Mendung. Panggung, 29(4), 343-357.
Sari, Y., dan Maryono. 2017. Tari Bugis Kembar Versi S. Ngaliman (Kajian Kritik Holistik). Greget, 16(1), 1-13.
Sutopo, H. B. 1995. Kritik Seni Holistik Sebagai Model Pendekatan Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Novia Nur Nurul Amintamah, Maryono Maryono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
Authors who publish with GREGET agrees to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.