ANALISIS KOREOGRAFI BEDAYA RETNA DUMILAH KARYA S. NGALIMAN TJONDROPANGRAWIT

Main Article Content

Supriyanti Supriyanti
Widya Kinanthi Rahayu Meilawanti

Abstract

Bedaya Retna Dumilah termasuk jenis tari klasik gaya Surakarta yang ditarikan tujuh orang penari putri. Penyusun tarian ini S. Ngaliman Tjondropangrawit tahun 1978. Tari Bedaya ini jarang sekali dipentaskan. Bentuk Penyajian tari Bedaya Retna Dumilah sangat unik dan menarik. Keunikan tarian ini terletak pada gerak tari, pola lantai, iringan, dan tema tari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan koreografi Tari Bedaya Retna Dumilah karya S. Ngaliman Tjondropangrawit. Metode yang dilakukan dengan menganalisis data visual video Tari Bedaya Retna Dumilah dari sisi teks, serta melakukan wawancara dengan cara Trianggulasi untuk mendapatkan data yang valid. Pendekatan koreografi dianalisis secara deskriptif dari aspek bentuk, teknik, dan isi.  S. Ngaliman menyusun tari bedaya dengan berbagai pembaharuan dari gerak, pola lantai, waktu, tema, syair dan iringan tari. Pembaharuan karya ini sangat perlu agar dapat diajarkan pada mahasiswa di Prodi Tari khususnya untuk pembelajaran kelas Tari Surakarta. Hasil yang ditemukan dari Koreografi Tari Bedaya Retna Dumilah adalah tema tari merupakan bagian penting dalam menyusun tari Bedaya. Tema percintaan mempengaruhi seluruh aspek dalam penyusunan karya tari Bedaya Retna Dumilah. Tema tari ikut menentukan warna susunan baru tari Bedaya Retna Dumilah. S. Ngaliman Tjondropangrawit sebagai empu tari dari Surakarta sangat piawai memasukkan unsur-unsur kebaruan dalam tari Bedaya Retna Dumilah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Atmadja, B. T., dkk (ed.). 2018. S. Ngaliman. Tjondropangrawit Sang Pembaharu Jelajah Spiritual Kesenimanan Tradisi. Yogyakarta: Gramasurya.

Hadi, Y. S. 2007. Kajian Teks dan Konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publiser.

---------------. 2016. Seni Pertunjukan dan Masyarakat Penonton. Yogyakarta: Cipta Media.

---------------.2017. Koreografi Bentuk-Teknik-Isi. Yogyakarta: Cipta Media.

Hersapandi. 2017. Metode Penelitian Tari. Yogyakarta: Badan Penerbit ISI Yogyakarta.

Martono, H. 2008. Sekelumit Ruang Pentas Modern dan Tradisi. Yogyakarta: Cipta Media.

---------------. 2015. Ruang Pertunjukan dan Berkesenian. Yogyakarta: Cipta Media.

Ngaliman, S. 1978. Catatan Tari Bedaya Retna Dumilah. Koleksi Pribadi S. Ngaliman.

Nuraini, I. 2011. Tata Rias dan Busana Wayang Wong Gaya Surakarta. Yogyakarta: Badan Penerbit ISI Yogyakarta.

Nuraini, I., dan Supriyanti. 2021. Bedaya Duradasih, Sebuah ekspresi Budaya pada Masa Sunan Pakubuwana III-IV di Keraton Surakarta. Dance Theatre Review, 4(2).

Sumaryono. 2011. Perspektif Antropologi Tari Dalam Indonesia. Yogyakarta: Media Kreativa Yogyakarta.

Videografi

Video pertunjukan Tari Bedaya Retna Dumilah Karya S, Ngaliman Tjodropangrawit yang dipentaskan di SMKI Surakarta pada tanggal 26 Januari 2007.