RELIEF CERITA SUDAMALA SEBAGAI SUMBER IDE PENCIPTAAN BATIK UNTUK BUSANA PESTA WANITA

Authors

  • Swesti Anjampiana Bentri Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Muh.Arif Jati Institut Seni Indonesia Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33153/sanggitarupa.v1i2.4164

Abstract

Relief cerita Sudamala berada di kawasan candi Sukuh yang berdiri di lereng gunung Lawu. Karya tugas akhir yang berjudul “Relief Cerita Sudamala Sebagai Sumber Ide Penciptaan Batik untuk Busana PestaWanita” ini menjelaskan tahapan proses dalam mewujudkan karya kreatif dan inovatif pada desain busana pesta wanita dewasa Awal dan memvisualisasikan bentuk dasar relief cerita Sudamala kedalam batik yang kemudian digunakan sebagai bahan utama untuk busana pesta wanita. Relief cerita Sudamala dikombi- nasikan dengan motif abstrak pada batik dengan bahan dasar kain katun dan rayon. Metode penciptaan yang digunakan meliputi tiga tahap, yaitu eksplorasi, perancangan, dan perwujudan karya,hasil pemikiran SP Gustami. Seluruh karya melalui proses batik sesuai dengan bahan bakunya masing – masing. Batik dengan bahan dasar katun menggunakan teknik cabut warna, sedangkan untuk bahan dasar rayon proses pembuatan batik dilakukan dengan membatik pada kain rayon yang masih putih. Batik yang telah selesai kemudian melalui proses jahit sesuai dengan pola desain busana. Busana pesta itu kemudian masuk pada proses terakhir yaitu pemberian payet, hiasan bunga dan prodo. Karya tugas akhir ini memiliki desain busana yang berbeda dengan busana pesta pada umumnya, pada satu busana pesta terdapat dua model. Perbedaan ini bisa didapatkan dengan melepas bagian tertentu dari busana pesta, sehingga busana pesta tersebut dapat digunakan untuk kesempatan pesta pagi/siang hari dan pesta malam hari. Karya batik untuk busana pesta ini berwarna merah dengan gradasi biru dan kuning sehingga menghasilkan warna ungu danorange.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indone- sia (APPMI).2004. Ragam Busana

Pesta Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Dharsono, Sony Kartika.2004.Pengantar Este-

tika. Bandung: Rekayasa Sains.

Ernawati. Dkk.2008.Tata Busana. Jakarta: Di- rektorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Gendeng, Suro. 2010.Candi Sukuh.Karangan- yar: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karanganyar.

Gustami, S.P. 2007.Butir-Butir Mutiara Esteti- ka Timur Ide Dasar Penciptaan Seni Kri- ya Indonesia. Yogyakarta: Parasita.

Hurlock, Elisabeth B 1996.Psikologi Perkem- bangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Terj Air- langga.

Kusrianto, Adi.2013.Batik-Filosofi, Motif,dan Ke- gunaan. Yogyakarta: ANDI OFFISET.

Musman, Asti dan Ambar B. Arini.2011.Batik: Warisan Asiluhung Nusantara. Yogyakar- ta: G-media

Muthahari, Murtadlo. 1995.Hak – Hak Wanita dalam Islam. Jakarta: Lentera.

Rustopo. 2012.Sejarah Kebudayaan Indonesia

I. Surakarta: Isi Press.

Susriati dkk.1993.Teori Tata Busana. Sema- rang: SMKK

Sunaryo, Aryo.2009.Ornamen Nusantara. Kaji- an Khusus Tentang Ornamen

Indonesia. Semarang: Dahara Prize. Wulandari, Ari.2011.Batik Nusantara Makna Filosofi, Cara Pembuatan, dan

Industri Batik. Yogyakarta: C.V ANDI OFFISET.

Wawancara:

Drs. Henry Cholis., M. Sn Sunarto

Downloads

Published

2021-12-01

Issue

Section

Articles