ANALISIS VISUAL KARAKTER SRI ASIH CELESTIALGODDESS DENGAN TEORI MANGA MATRIX
Main Article Content
Abstract
Komik merupakansalah satubentuk hiburan dengan peminat yang cukup banyak, mulai dari anak-anak
hingga dewasa. Hal ini mendorong perusahaan komik untuk menciptakan karya komik yang digemari kon- sumen, salah satu caranya dengan Penciptaan karakter yang dapat diterima oleh pembaca. Perusahaan BumiLangitmenciptakan karakter baru Sri Asih dan merilis ulangKomik Sri Asih sebagai komik digital di platform Webtoon dengan judul Sri Asih Celestial Goddess. Bagaimana visualisasi karakter Sri Asih di platform ini menjadi fokus kajian.Teori Manga Matrix milik Hiroyosi Tsukamoto diaplikasikan untuk mem- bongkar visualisasi desain karakter tokoh Sri Asih melalui 3 tahap Manga Matrix yaitu Form, Costume dan Personality. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwadesain karakter Sri Asih memiliki bentuk tubuh manusia seutuhnya, dengan body langsing dan paras yang cantik.Karakter ini diciptakan dengan menggu- nakan gaya manga yaitu karakterkhas komik jepang. Kostum yang digunakan Sri Asih menonjolkan segi glamouratau penuh gaya, menegaskan bahwa Sri Asih adalah perempuan muda hebat, cantik, sekaligus fashionable.Sementara dari sisi kepribadian, karakter ini secara emosional digambarkan sebagai anak muda yang memiliki sifat pantang menyerah, semangat yang berapi-api dan sedikit rasa takut disebabkan usia yang masih muda. Karakter Sri Asih Celestial Goddess ini didesain sangat baik dan matang, dimana karakter dan tema saling menyatu.
Downloads
Article Details
Authors who publish with Sanggitarupa agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Buku:
Albi, A., & Johan, S. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Jawa Barat:Jejak.
Bonneff, Marcel. (1998). Komik Indonesia. Ja-
karta:
KPG. Gumelar, MS. (2011). Comic Making. Ja-
karta:
PT Indeks.S Koendoro, D. (2007). Yuk, Bikin
Komik.DAR! Mizan.
Mataram, Sayid. (2017). Struktur Visual Ko-
mik.
Dwi-Quantum Tsukamoto, H. (2006). Manga Matrix: Create UniqueCharacters Using theJapanese MatrixSystem, USA: Col- lins Design.
Tsukamoto, H. (2013). Super Manga Matrix.
Harper Collins.
Wijaya, Andi. (2020). Tribute to RA Kosasi- h:SriASih. BumiLangitComics
Jurnal:
Supandi, F. P., Mansoor, A. T., & Ramadina,
S. P. (2017). Kajian Desain Karakter Dalam Game Overwatch dalam Kerang- ka Metode Perancangan Manga Ma- trix. Wimba: Jurnal Komunikasi Visual,
(1).
Internet
www.bumilangit.com www.webtoon.com