ANALISIS VISUAL KARAKTER SRI ASIH CELESTIALGODDESS DENGAN TEORI MANGA MATRIX

Authors

  • Dwan Kumara Tyagi Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Fitri Murfianti Institut Seni Indonesia Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33153/sanggitarupa.v1i2.4169

Abstract

Komik merupakansalah satubentuk hiburan dengan peminat yang cukup banyak, mulai dari anak-anakhingga dewasa. Hal ini mendorong perusahaan komik untuk menciptakan karya komik yang digemari kon- sumen, salah satu caranya dengan Penciptaan karakter yang dapat diterima oleh pembaca. Perusahaan BumiLangitmenciptakan karakter baru Sri Asih dan merilis ulangKomik Sri Asih sebagai komik digital di platform Webtoon dengan judul Sri Asih Celestial Goddess. Bagaimana visualisasi karakter Sri Asih di platform ini menjadi fokus kajian.Teori Manga Matrix milik Hiroyosi Tsukamoto diaplikasikan untuk mem- bongkar visualisasi desain karakter tokoh Sri Asih melalui 3 tahap Manga Matrix yaitu Form, Costume dan Personality. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwadesain karakter Sri Asih memiliki bentuk tubuh manusia seutuhnya, dengan body langsing dan paras yang cantik.Karakter ini diciptakan dengan menggu- nakan gaya manga yaitu karakterkhas komik jepang. Kostum yang digunakan Sri Asih menonjolkan segi glamouratau penuh gaya, menegaskan bahwa Sri Asih adalah perempuan muda hebat, cantik, sekaligus fashionable.Sementara dari sisi kepribadian, karakter ini secara emosional digambarkan sebagai anak muda yang memiliki sifat pantang menyerah, semangat yang berapi-api dan sedikit rasa takut disebabkan usia yang masih muda. Karakter Sri Asih Celestial Goddess ini didesain sangat baik dan matang, dimana karakter dan tema saling menyatu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku:

Albi, A., & Johan, S. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Jawa Barat:Jejak.

Bonneff, Marcel. (1998). Komik Indonesia. Ja-

karta:

KPG. Gumelar, MS. (2011). Comic Making. Ja-

karta:

PT Indeks.S Koendoro, D. (2007). Yuk, Bikin

Komik.DAR! Mizan.

Mataram, Sayid. (2017). Struktur Visual Ko-

mik.

Dwi-Quantum Tsukamoto, H. (2006). Manga Matrix: Create UniqueCharacters Using theJapanese MatrixSystem, USA: Col- lins Design.

Tsukamoto, H. (2013). Super Manga Matrix.

Harper Collins.

Wijaya, Andi. (2020). Tribute to RA Kosasi- h:SriASih. BumiLangitComics

Jurnal:

Supandi, F. P., Mansoor, A. T., & Ramadina,

S. P. (2017). Kajian Desain Karakter Dalam Game Overwatch dalam Kerang- ka Metode Perancangan Manga Ma- trix. Wimba: Jurnal Komunikasi Visual,

(1).

Internet

www.bumilangit.com www.webtoon.com

Downloads

Published

2021-12-01

Issue

Section

Articles