DI BALIK CITRA IKLAN SHAMPOO PANTENE (Makna Bias Gender pada Iklan Pantene versi Labels Against Women di Televisi).

Authors

  • Rahmi Dyah Pratiwi Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta
  • Handriyotopo Handriyotopo Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33153/texture.v1i2.2434

Abstract

ABSTRACT
This papaer is research on Pantene Shampoo advertisement Labels Against Women which visualizes gender bias and sexism. The aims are to find out messages, to outlines images conveyed through audio-visual advertising by comparing gender culture in Indonesia. Using qualitative descriptive research methods through Julia Kristeva’s intertextual semiotic analysis. Analyze the frames of each scene to describe the ad as a whole, describing signs that contain elements of gender culture. As a result, this Pantene advertisement campaigned for gender equality, and determined working women as the targets.
Keywords: advertisingPantene, gender, semiotics, and intertextuality.

ABSTRAK
Penelitian iklan Shampoo Pantene “Labels Against Women†memvisualkan bias gender dan seksisme untuk mengetahui pesan-pesan, menguraikan citra yang disampaikan melalui audio-visual iklan dengan mengkomparasikan sbudaya gender di Indonesia. Menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif melalui analisis semiotika intertekstualitas Julia Kristeva. Menganalisis frame tiap adegan untuk menggambarkan iklan secara keseluruhan, mendeskripsikan tanda yang mengandung unsur budaya gender. Hasilnya, iklan Pantene ini mengkampanyekan kesetaraan gender, dan menentukan wanita pekerja sebagai konsumen.
Kata kunci: iklan Pantene, gender, semiotika, dan intertekstualitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfian Rokhmansyah. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra: Perkenalan Awal terhadap ilmu sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Andrik Purwasito. 2003. Komunikasi Multikutural. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Laporan Penelitian/Jurnal Ilmiah:

Naomi Sri K, dan Faturochman. 2004. Journal: Semiotika Untuk Analisis Gender Pada Iklan Televisi. NO. 2, 130-141. UNS Press.

Terry Luana Aprilia. 2016. Journal: Pengaruh Brand Image Produk Apple Terhadap Wanita Keputusan Pembelian Konsumen Pada Komunitas Instamarinda. Universitas Mulawarman.

Handriyotopo. 2009. Jurnal: Makna Tanggung Jawab Sosial Iklan dalam Studi Kreatif Genre Iklan di Televisi. Acintya Vol 1, No 2, ISI Surakarta Press.

Internet:

http://hitproductions.net/wp-hitp/wp-content/uploads/2013

https://www.kompasiana.com/teukuramzyfarrazy/separuh-eropa-separuh-pribumi-eksistensi-orang-indo-bagian-i, akses 03 Februari 2018

Downloads

Published

2019-04-05

Issue

Section

Articles