PENGAMBILAN GAMBAR HANDHELD SEBAGAI PEMBENTUK KETEGANGAN PADA FILM MODUS ANOMALI

Authors

  • Zain Arifin Rochmat Program Studi S-1 Televisi dan Film Fakultas Seni Rupa dan Desain, ISI Surakarta
  • Cito Yasuki Rahmad Program Studi S-1 Televisi dan Film Fakultas Seni Rupa dan Desain, ISI Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33153/texture.v1i2.2435

Abstract

ABSTRACT Shooting techniques in films are needed so that the storyline can be continuous between actors and audiences. The action in the Modus Anomali film is visualized through shots, scenes, and sequences in the structure of the film in harmony with causation. Through shooting techniques can create a tension that affects the anxiety of the audience awaiting the risk that befalls the protagonist. The shooting technique in this film is dominant by using handheld techniques in realizing an action. The emergence of interesting and important handheld movements is assessed to form tension. The analysis technique used is descriptive qualitative. While the sampling technique uses purposive sampling in several sequences that focus on the protagonist. The results showed that the appearance of the handheld was able to form tension with the support of camera angle technique, type shot, camera movement, long take and canted angle, which created a conflict that peaked as a form of tension.Keywords: Film Mode Anomaly, Handheld, TensionABSTRAK Teknik pengambilan gambar dalam film diperlukan agar alur cerita dapat berkesinambungan antar pemain dan penonton. Aksi dalam film Modus Anomali divisualisasikan melalui shot, scene, maupun sequence dalam struktur film selaras dengan sebab-akibat. Melalui teknik pengambilan gambar dapat mewujudkan suatu ketegangan yang berpengaruh terhadap rasa cemas penonton menanti risiko yang menimpa pada tokoh protagonis. Teknik pengambilan gambar dalam film ini dominan dengan menggunakan teknik handheld dalam mewujudkan suatu aksi. Kemunculan pergerakan yang dihasilkan handheld menarik dan penting dikaji untuk membentuk ketegangan. Teknik analisis yang digunakan berbentuk deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling pada beberapa sequence yang fokus pada tokoh protagonis. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemunculan handheld mampu membentuk ketegangan dengan dukungan teknik camera angle, tipe shot, pergerakan kamera, long take maupun canted angle, yang menciptakan suatu konflik memuncak sebagai wujud ketegangan.Kata kunci: Film Modus Anomali, Handheld, Ketegangan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bambang Semedhi. 2011. Sinematografi Videografi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Boggs, M. Joseph. 1992. Cara Menilai Sebuah Film (Terjemahan Asrul Sani). Jakarta: Yayasan Citra.

Brown, Blain. 2012. Cinematography Theory and Practice Image Making For Cinematographers and Directors Second Edition. Oxford: Focal Press.

Himawan Pratista. 2017. Memahami Film Edisi 2. Yogyakarta: Montase Press.

H.B. Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Penerbit Universitas Sebelas Maret.

Marselli Sumarno. 1996. Dasar-dasar Apresiasi Film. Jakarta: PT Grasindo Wiasaran Indonesia

Mascelli, Joseph V. 2010. The Five C’s of Cinematography: Lima JurusSinematografi (Terjemahan H. Misbach Yusa Biran). Jakarta: Fakultas Film dan Televisi IKJ.

Rea, Peter W dan David K. Irving. 2010. Producing and Directing the Short Film and Video. United States of America: Focal Press publications.

Sarwo Nugroho. 2014. Teknik Dasar Videografi. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Strauss, Anselm & Juliet Corbin. 2003. Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit IKAPI.

Internet:

Film Indonesia. 2010. Modus Anomali. Website: filmindonesia.or.id/ diakses pada tanggal 16 Maret 2018 pada jam 20.03 WIB

Reza Wahyudi. 2012. “Modus Anomali†Ditonton 1200 Orang di AS. Website https://tekno.kompas.com/ diakses pada tanggal 10 Mei 2018 pada jam 11:46 WIB.

Yayat Ruhiyat. 2015. Film Lokal Diakui di Kancah Internasional. Website https://student.cnnindonesia.com/edukasi/20151103164303-368-9215/film-lokal-diakui-di-kancah-internasional/ diakses pada 24 April 2018 jam 11:05 WIB.

Sumber Film:

Film Modus Anomali. Sutradara Joko Anwar. Produksi Lifelike Pictures, 2012 (DVD original, barcode 8-821412-215293).

Downloads

Published

2019-04-05

Issue

Section

Articles