KONSTRUKSI TEMA KECANTIKAN PADA PROGRAM OPINI KOMPAS TV

Authors

  • Helvana Dewi Yulian Program Studi S-1 Televisi dan Film Fakultas Seni Rupa dan Desain, ISI Surakarta
  • Citra Dewi Utami Program Studi S-1 Televisi dan Film Fakultas Seni Rupa dan Desain, ISI Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33153/texture.v3i1.2460

Abstract

Program televisi dengan segmentasi perempuan bisa secara berlanjut dan intens memberikan informasi kepada pemirsanya tentang materi yang ditayangkan. Tayangan program acara televisi semakin mudah mengkonstruksi berbagai hal salah satunya yaitu tema kecantikan menjadi konten yang sering dimunculkan. Teknik analisis yang digunakan berbentuk deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa program OPINI melanggengkan stereotip kecantikan dengan mendatangkan narasumber yang memiliki produk atau jasa dibidang tersebut untuk mempromosikan produknya sehingga bisa meringankan biaya produksi program acara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ashadi, Siregar. 2001. Menyikapi Media Penyiaran: Membaca Televisi Melihat Radio Cet.I, Yogyakarta: LP3Y

Danarto. 1997. Perempuan, Pasar Film dan Kekuasaan, dalam Lifestyle Ecstasy, Ke-budayaan Pop dalam Masyarakat Komoditas Indonesia. Yogyakarta: Jalasutra.

Hardy, Maria dkk. 1998. Perempuan dan Politik Tubuh Fantastis. Yogyakarta: Kaniskus. Hlm: 165

Morissan. 2008. Manajemen Tayangan program acara televisi Penyiaran. Jakarta:Kencana. Hlm: 222

Piliang, Y. A. 2000. Pers dalam Kontradiksi Kapitalisme Orde Baru. Jakarta: Gratayangan program acara televisi Pustaka Utama.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Thornham, S. 2000. Teori Feminis dan Cultural Studies. Yogjakarta : Jalasutra.

Downloads

Published

2020-12-29

Issue

Section

Articles