Kajian Batik Tradisi Bayat Klaten dengan Pendekatan Estetika

Authors

  • Aprilia Prastika Kriya Tekstil, Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Sarwono Sarwono Kriya Tekstil, Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Sebelas Maret Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33153/texture.v5i1.2812

Keywords:

Aesthetic, batik, Bayat

Abstract

This research aims to describe the aesthetic according to Dharsono’s theory from 1) the look of a batik pattern visual on the main motif and the filling (isen), and 2) philosophical guidance on the motif related to  AgusSachari’s  aesthetic  theory  of  symbol,  meaning,  and  power  to  analyze  the  traditional  batik  in BayatKlaten. This is a qualitative descriptive research. Desa Jarum, Desa Kebon, and DesaBanyuripan in Bayat Sub-distric, Klaten, were chosen for the research locations. The research samples were collected using purposive sampling technique. The data sources consisted of informants, objects, pictures, archives, and  documents.  Data  triangulation  technique  was  utilized  to  validate  the  research  data.  The  analysis model used is the interactive analysis. The results show that the aesthetic of traditional batik according to Dharsono are: (1) The visual look of the batik’s main motif is the characteristic of the batik motif, the filling motif functions as an additional motif which has no meaning, and the filling (isen) acts as the filler on the blank space on the main and supporting motifs which are in the form of points and lines. 2) The philosophical guidance on the motif has symbol, meaning, and power related to AgusSachari’s aesthetic theory.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asti, Musman & Ambar B. Arini. 2011. Warisan Adiluhung Nusantara. Yogyakarta: ANDI.

Doellah, Santosa. 2002. Batik Pengaruh Zaman dan Lingkungan. Solo: Danar Hadi.

Djelantik, A. A. M. 2004. Estetika Sebuah Pengantar. Bandung: Masyarakat Seni pertunjukan Indonesia & Arti.

H. B, Sutopo. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Haryono, Timbul. 2008. Seni Pertunjukan dan Seni Rupa dalam Perspektif Arkeologi Seni. Surakarta: ISI Perss Solo.

Honggopuro, Kalinggo. 2002. Batik sebagai Busana dalam Tatanan dan Tuntunan. Surakarta: Yayasan Peduli Karaton Surakarta Hadiningrat.

Ismadi. 2010. Seni Kerajinan Batik Bayat Klaten antara Tahun 1990-2010: Kajian, Bentuk, Fungsi, dan Gaya Seni. Tesis. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Jayanoro, dkk. 2009. Batik Klasik. Jakarta: Djambatan.

Lisbijanto, Henry. 2013. Batik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Murtiningsih, Noveri Titik. 2018. Karakteristik Batik Sekar Mulyo Karya Sipon Bayat Klaten. Skripsi. Jurusan Pendidikan Seni rupa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta. Yogayakrta.

Rahayu, Desi. 2016. Kreativitas Batik Natural Sarwidi Desa Jarum Bayat Klaten Studi Biografi Sarwisi. Skripsi. Jurusan Kriya Seni, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Surakarta.

Riyanto, dkk. 1997. Katalog Batik Indonesia. Yogyakarta: Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Industri Kerajinan Batik.

Sachari, Agus. 2002. Estetika: Makna, Simbol, dan Daya. Bandung: ITB.

Samsi, Sri Soedewi. 2007. Teknik dan Ragam Hias Batik. Tesis. Pasca Sarjana Universitas Atmajaya Yogyakarta. Yogyakarta.

Sari, Dwi Arum. 2015. Peranan Perajin dalam Melestarikan Batik Bayat di Desa Jarum Kabupaten Klaten. Skripsi. Jurusan Pendidikan Kesejahteraan keluarga, Fakultas teknik, Universitas negeri Semarang. Semarang.

Sarwono. 2016. Batik Wonogiren: Estetika Berbasis Kearifan Lokal. Disertasi. Jurusan Pengkajian Seni dan Penciptaan Seni, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Surakarta.

Soedarsono, R.M. 1999. Metodologi Penelitian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa. Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.

Soeharto, dkk. 1997. Indonesia Indah Batik. Jakarta: Yayasan Harapan Kita.

Sony Kartika, Dharsono. 2007. Estetika Seni Rupa Nusantara. Surakarta: ISI Press.

_____________________. 2007. Budaya Nusantara. Bandung: Rekayasa Sains.

_____________________. 2015. Estetika Nusantara. Surakarta: ISI Press.

Supriono, Primus. 2016. Ensiklopedia The Heritage of Batik: Identitas Pemersatu Kebanggaan Bangsa. Yogyakarta: Andi.

Susanto, Sewan. 1980. Seni Kerajinan Batik Indonesia. Yogyakarta: Balai Penelitian Batik dan Kerajinan.

Wediyanto, Totok Yunus. 2017. Potret Dinamika Motif Batik Klasik warisan Kebudayaan Kasunanan Surakarta 91945-2014). Skripsi. Jurusan Sejarah dan Kebudayaan Islam, Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Wulandari, Ari. 2011. Batik Nusantara: Makna Filosofi, Cara Pembuatan dan Industri Batik. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Yusuf, Affendy. 2000. Seni batik dalam tradisi baru menghadapi arus budaya global. Jurnal Seni Rupa dan Desain. Vol 1,1. Bandung: P3M STISI.

Narasumber:

Susan Dewi, pemilik kelompok usaha Batik Purwanti.

Dalmini, ketua kelompok usaha Batik Tulis Kebon Indah.

Kristami, pembatik kelompok usaha Batik Tulis Kebon Indah.

Rini Hastuti, bendahara/penjaga kelompok usaha Batik Tulis Banyuripan.

Miyono, ketua paguyuban perajin batik Bayat.

Downloads

Published

2022-07-19

Issue

Section

Articles