STRATEGI PROGRAM TVRI JAWATENGAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MELALUI KONTEN BUDAYA PADA TEPOTULODHO

Authors

  • Firdaus Azwar Ersyad Mahasiswa Program Studi S-1 Televisi dan Film, FSRD Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta Jl. Ringroad Km 5.5 Mojosongo, Surakarta 57127
  • Fitri Murfianti Dosen Program Studi S-1 Desain KomunikasiVisual, FSRD Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta Jl. Ringroad Km 5.5 Mojosongo, Surakarta 57127

DOI:

https://doi.org/10.33153/capture.v3i2.1887

Abstract

The background of this research is based on today problems of TVRI station both
integral and influence quality programs.The aim of the research is to know whatTVRI strategies
to upgrade the quality which has locality content function in the Tepo Tulodho programs.This
research use qualitative descriptive method to dig up the empirical phenomenon in TVRI,
Central Java.In addition,there are three sources: informant,document,and book.To complete
the data, this research uses observation, interview, and documentation.The research results
showed thatTVRI used dynamic pattern in strategy program. Program production was more
dominate than acquisition. Supervision and program evaluation applied by Evaluation Meeting
Press. Strategy of locality culture in the TepoTulodho program described Javanese culture and
one of the supporting of pictured strategy.
Keywords:Program strategy, local culture, picturisation, and rtistic design.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifuddindan Beni.2009. Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung:CV Pustika Setia.

Ary Poernomo H.S. 2004. Strategi Bauran Promosi di TVRI Jawa Tengah dalam Rangka Menjalankan Fungsinya sebagai Televisi Publik. Tesis

Pascasarjana Ilmu Komunikasi UNS. Surakarta.

Bibit Waluyo.2010.“LPP TVRI Stasiun Jawa Tengah Memberi yangTerbaik untuk Pemirsa†dalam Monitor,edisi 18.

Darwanto SS. 2007.Televisi Sebagai Media Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

________1994.Produksi Acara Televisi, Yogyakarta:DutaWacana Press.

________2007.Teknik Produksi ProgramTelevisi. Yogyakarta:Pinus Book Publisher.

Gregory H. Waston.1997.Strategic Benchmarking (Mengukur Kinerja

Perusahaan Anda Dibandingkan PerusahaanTerbaik Di Dunia). Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama.

Hariono. 1996.Pemahaman Kontekstual Tentang Ilmu Budaya Dasar.

Yogyakarta:Kanisius.

Hariono.2009.“Tahun Produksi 2009â€,dalam Monitor,edisi 1.

H.B Sutopo. 2006. Metode Penelitian Kualitatif (Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian). Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Husein Umar.2003. Strategic Management in Action.Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama.

Morrisan M.A. 2008. Manajemen Media Penyiaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Naratama. 2004. Menjadi Sutradara Televisi. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Onong Uchjana. 1993. Televisi Siaran dan Praktek.Bandung:Mandar Maju.

Peraturan Pemerintah, Nomor 11 Tahun 2005, tentang penyelenggaraan penyiaran Lembaga Penyiaran Publik.

Peter Salim dan Yenny Salim.1993. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer.

RM Soenarto. 2007. ProgramaTelevisi. Jakarta: FFTV-IKJ Press

Sondang P. Sagian. 1996. Fungsi-Fungsi Manajerial,Jakarta:Bumi Aksara.

Sony Rusonly. 2002. Manajemen Berita Daerah TVRI Bandung Dilihat dari Proses Pengolaan Berita Pasca Perubahan Status TVRI sebagai Perjan.

Skripsi Fakultas Ilmu Komunikasi UNS.Surakarta.

Sunarmi, dkk.“Buku Panduan Tugas Akhir Karya Seni dan Skripsiâ€. Surakarta: Fakultas Seni Rupa dan Desain,

Institut Seni Indonesia,2009.

Sutarto.2004.Menjinakkan Globalisasi tentang Peran Strategis Produk-Produk Budaya Lokal.Jember:Kompyawisda.

Wahyu dan Diki.2010. How To Become A C a m e r a m a n . Yo g y a k a r t a : Interprebook.

Amanu Romly, 55 tahun, Semarang, Kepala Seksi Bidang Program LPP TVRI Jawa Tengah

Budi Wiyono, 51tahun, Semarang, Produser acara â€Tepo Tulodho†LPP TVRI Jawa Tengah.

Djoko Susanto, 53 tahun, Semarang, Pengisi acara â€Tepo Tulodho†LPP TVRI Jawa Tengah.

Dwijanto,53 tahun,Semarang,Produser LPP TVRI JawaTengah.

Yuniarso, 49 tahun, Semarang, Program Director Umum LPP TVRI Jawa Tengah.

Downloads

Published

2017-06-19

Issue

Section

Articles