STRATEGI KREATIF DALAM PROMOSI SEKUTU KOPI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM
DOI:
https://doi.org/10.33153/citrawira.v1i1.3292Keywords:
Strategi Kreatif, Strategi Pesan, Promosi, InstagramAbstract
Semakin menjamurnya warung kopi saat ini berdampak pada persaingan strategi promosi untuk menarik pelanggan. Sekutu Kopi merupakan salah satu cafe Kopi ternama di Surakarta yang memiliki follower terbanyak di media sosial instagramnya. Strategi kreatif dan strategi pesan Sekutu Kopi dalam berpromosi melalui media sosial Instagram menjadi fokus dalam kajian ini. Kajian ini menggunakan strategi kreatif dari Zein Mufarrih, dan konsep 5W1H dalam perancangan pesannya serta menggunakan metode wawancara mendalam untuk menggali data dari para informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kreatif dalam iklan promosi Sekutu Kopi dirancang dan dikerjakan dengan creative brief yang akan menjadi pedoman dalam pembuatan iklan tersebut. Modern dan simple merupakan Strategi dan konsep kreatif Sekutu Kopi. Modern yang berarti mengedepankan perubahan terhadap trend yang akan terus berubah seiring berjalannya waktu dan perubahan gaya hidup. Simple yang berarti kesederhanaan dalam cara penyampaian namun tetap memiliki banyak informasi penting didalamnya, seperti logo yang simple, penggunaan ilustrasi atau foto berkonsep khas Sekutu Kopi, tipografi yang sederhana dan mudah dibaca, layout yang konsisten sesuai dengan ciri khas Sekutu Kopi, penggunaan warna-warna khas Sekutu Kopi agar identitas Sekutu Kopi terus terjaga.
Downloads
References
Andriani, Sherly. 2017. Sikap Masyarakat Surabaya Mengenai Iklan Magnum Wall’s “Taste The Classic”. Jurnal E-Komunikasi. Vol. 5 No.2, hal.5.
Berger, Arthur Asa. 1993. An Anatomy of Humor. United States of America. Transaction Publisher.
Bonafix, D. Nunnun. 2011. Videografi: Kamera Dan 3Teknik Pengambilan Gambar. Jurnal Humaniora. Vol.2. No. 1, hal.845-854.
Gumbiro Banjaransari, Yudhi. 2018. Pemanfaatan instagram sebagai media komunikasi pemasaran online page down cloth maker. Tugas Akhir. Universitas Muhammadiyah Surakarta
Kotler, Philip. Amstrong, Gary. 1997. Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.
Lim, Sook Huey and Yazdanifard, Rashad. 2016. How Instagram can be used as a tool in social networking marketing. Center for Southern New Hampshire University (SNHU) programs Help Cologe of Art and Technology. Kuala Lumpur, Malaysia. http://www.researchgate. 20 net/publication/265377226
Mufarrih, Zein. 2015. Periklanan Sebuah Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Buku Litera.
Murfianti, Fitri. 2017, Photo: Identity and Commodity On Social Media Instagram. Proceeding The 2nd Annual of International and Interdisciplinery Conference on Arts Creation and Studies, 14-15 October 2017, ISI Pers, ISBN 978-602-61933-7-7, hal 153-159
Murfianti, Fitri. 2010, Membangun City Branding melalui Solo Batik Carnival, Jurnal Acintya, Vol.2 No.1, ISI Pers, ISSN CETAK: 2085-2444, https://doi.org/10.33153/acy.v2i1.101
Nasrulah, Rulli. 2016. Media sosial (prespektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Nurrohman, Ari. 2015. Studi komparasi desain poster dalam strategi promosi rown division dan pined wearhouse perigee sebagai fashion store di kota solo. Tugas Akhir Skripsi Universitas Sahid, Surakarta
Permatasari, Gita. Hapsari, Dwi Retno. 2016. Efektivitas media sosial instagram sebagai media promosi produk olahan pertanian yoghurt cimory. Institut Pertanian Bogor. http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/81930
Sugiarto, Vania Dewi. 2016. Teknik Humor Dalam Film Komedi Yang Dibintangi Oleh Stand Up Comedian. Jurnal E-Komunikasi.Vol. 4 No.1, hal 1-12.
Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Fitri Murfianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with CITRAWIRA : Journal of Advertising and Visual Communication agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.