Analisis Brand Awareness Konsumen Melalui Iklan “Sumba Scarf Signature” Wearing Klamby di Media Sosial

Authors

  • Sulis Maulida Hannani Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Ana Rosmiati Institut Seni Indonesia Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33153/citrawira.v4i2.4728

Keywords:

Iklan Media Sosial, Kesadaran Merek

Abstract

Abstract :The increase in social media users has made many brands nowadays use it as an advertising medium, especially YouTube and Instagram. Seeing this, the researcher wanted to know the level of brand awareness of ten followers from Klamby's Instagram through the Sumba Scarf Signature ads, which were selected using purposive sampling method. Data collection methods that are applied to this descriptive qualitative research are observation, interviews, and literature study. Then, those data are processed through three stages of Miles and Huberman's interactive analysis. As for analyzing the value and knowing the level of brand awareness, researchers use the theory of David A. Aaker. The results obtained from this study are there is a fairly good response and subject knowledge regarding visual advertisements and the products displayed, and the Klamby brand occupies the position of Brand Recognition in the Brand Awareness pyramidKeywords : Social Media Advertising, Brand Awareness Abstrak :Meningkatnya pengguna media sosial membuat banyak brand kini memanfaatkannya sebagai media periklanan, terutama YouTube dan Instagram. Menilik hal tersebut, peneliti hendak mengetahui bagaimana tingkat brand awareness sepuluh follower Instagram Klamby melalui iklan Sumba Scarf Signature yang diseleksi melalui metode purposive sampling. Metode pengumpulan data yang diterapkan pada penelitian kualitatif deskriptif ini ialah observasi, wawancara, dan studi pustaka. Kemudian, data tersebut diproses melalui tiga tahap analisis interaktif Miles dan Huberman. Adapun untuk menganalisis nilai dan mengetahui tingkat brand awareness, peneliti menggunakan teori David A. Aaker. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ialah adanya tanggapan dan pengetahuan subjek yang cukup baik terhadap visual iklan beserta produk yang ditampilkan, dan brand Klamby menempati posisi Brand Recognition pada piramida Kesadaran Merek.Kata Kunci : Iklan Media Sosial, Kesadaran Merek

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sulis Maulida Hannani, Institut Seni Indonesia Surakarta

Desain Komunikasi Visual

References

Durianto, D., Sugiarto, & Tony Sitinjak. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek (3rd ed.). Gramedia Pustaka Utama. https://books.google.co.id/books?id=bfhUJTSbapEC

Ekasaputra, V., & Widayatmoko. (2019). Pengaruh Kualitas Pesan Iklan dan Kreativitas Iklan Terhadap Daya Tarik Iklan “Udah Waktunya Pake GO-JEK-Vertibokek.” Prologia, 3(1), 289–298.

Fariastuti, I., & Azis, M. A. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Onefourthree.co di Instagram dalam Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Pustaka Komunikasi, 2(1), 54–69.

Goenawan, F. S. (2018). Sikap Masyarakat Surabaya Terhadap Iklan Indoeskrim Nusantara Versi Legenda Nusantara. E-Komunikasi, 6(1), 1–11. http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/8204/7396

Kemp, S. (2020). Digital 2020: Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia

Kemp, S. (2022). Digital 2022: Indonesia Global Digital Insights. https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia?rq=indonesia

Mahdyatiara, N. (2020). Strategi Promosi Cleveland Cyclewerks Melalui Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Brand Awareness dan Penjualan Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Media Komunikasi, 10(2), 172–186.

Murtono, T. (2009). Identitas Lokal Dan Global Dalam Iklan. Acintya : Jurnal Penelitian Seni Budaya, 1(1–19). https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/acintya/article/view/1

Mustikarini, Z. A. (2019). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Kepercayaan Diri Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 35 Jakarta. Universitas Azzahra.

McKinsey, & BOF. (2021). The State of Fashion 2021. https://www.mckinsey.com/~/media/mckinsey/industries/retail/our insights/state of fashion/2021/the-state-of-fashion-2021-vf.pdf

Narius, D. (2009). Suatu Kajian Teoritis Tentang Penerjemahan dan Iklan. Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa Dan Pembelajaran Bahasa, 2(2), 1. https://doi.org/10.24036/ld.v2i2.3523

Praschita, I. W. P., & I. G. A. Ketut Giantari. (2018). Pengaruh Brand Awareness Dalam Memediasi Pengaruh Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Attitude. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(2), 1–103. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i02.p17

Putri, A. N. (2014). Semiotika Iklan Audiovisual Suntory All Free. Humanis, 6(3), 1–8. https://ocs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/8362/6234

Silaban, A. B. B. (2020). Kajian Visual dan Verbal Dalam Teknik Penciptaan Humor Iklan Djarum 76 Versi “Pengen Kurus” [Institut Seni Indonesia Surakarta]. In repository.isi-ska.ac.id. https://doi.org/10.1016/j.tmaid.2020.101607%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.02.034%0Ahttps://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/cjag.12228%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ssci.2020.104773%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.jinf.2020.04.011%0Ahttps://doi.o

Suhita, R. H. (2011). Proses Produksi Iklan Audiovisual di Production House Asa Studio Surakarta [Universitas Sebelas Maret]. https://123dok.com/document/yn4rjp0z-tugas-akhir-proses-produksi-audiovisual-production-studio-surakarta.html

Wicaksono, M., & Seminari, N. (2016). Pengaruh Iklan Dan Word of Mouth Terhadap Brand Awareness Traveloka. Manajemen, 5(8), 5098–5127.

Yunita, D., Nazaruddin, A., & Nailis, W. (2019). Pengaruh Youtube Advertising terhadap Brand Awareness dan Purchase Intention. Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(1), 36–46. https://pdfs.semanticscholar.org/24ae/f247108bd32f30a2c17480e1d904ab1ca211.pdf

Downloads

Published

2023-12-05

Issue

Section

Articles