Analisis Visual Representasi Identitas Budaya Lokal pada Ilustrasi Karya Renata Owen
DOI:
https://doi.org/10.33153/citrawira.v5i1.4831Keywords:
analisis visual, representasi, globalisasi, budaya lokalAbstract
Nilai-nilai budaya Indonesia sudah mulai berkurang digeser oleh budaya luar akibat globalisasi. Globalisasi dapat menyebabkan homogenisasi budaya. Untuk itu, perlu adanya pelestarian budaya lokal agar bangsa Indonesia mampu mempertahankan identitas budaya lokal. Sebagai media komunikasi visual, ilustrasi mampu menjadi sarana untuk memperkenalkan identitas, karakter dan keberagaman budaya Indonesia. Salah satu illustrator yang menjadikan kebudayaan sebagai gaya khas dalam karyanya adalah Renata Owen. Ia banyak menggambar tema-tema khas nusantara yang tercermin dari aksen batik yang kuat pada desain-desainnya. Berkat keunikan karyanya yang banyak mencerminkan identitas lokal di tengah kuatnya arus globalisasi, pada akhirnya melatarbelakangi penelitian terhadap ilustrasi karya Renata Owen. Penelitian akan dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Analisis pada penelitian ini dilakukan dengan pendekatan formalistik untuk menganalisis elemen visual pada ilustrasi dan teori segitiga makna Semiotika untuk melihat bagaimana representasi identitas budaya lokal pada ilustrasi karya Renata Owen. Berdasarkan hasil analisis pada Ilustrasi Karya Renata Owen berjudul Bambi Files:Harmoni Nusantara, Selaras, dan The River Gods terdapat representasi identitas budaya lokal yang sangat mencolok.Downloads
References
Affanti, D. N. & T. B. (2018). Pengembangan Desain Batik Kontemporer Berbasis Potensi Daerah Dan Kearifan Lokal. Jurnal Sosioteknologi, Seni Murni, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Vol. 17, No 03, Hal: 391–402. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2018.17.3.7
Fleshmen, Michael. (2004). Exploring Illustration. Thomson Delmar Learning. ISBN :
Gede Bayu Segara Putra dkk. (2017). Kajian Konsep, Estetik dan Makna pada Ilustrasi Rangda Karya Monez. Jurnal Seni Rupa dan Desain - Prabangkara, Program Studi Pengkajian Seni, Pascasarjana, Institut Seni Indonesia Denpasar. Vol. 21, No. 02, Hal: 79, ISSN: 1412-0380.
Isana, Widiati. (2019). Muatan Kearifan Lokal dan Upaya Deradikalisme dalam Upacara Adat Serentaun. Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.
Laksani, H., & Pandanwangi, B. (2023). Analisis Semiotika Pada Iklan dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Prodi Desain Komunikasi Visual. Aksa Jurnal Komunikasi Visual, 6(2), 944–956.
Lubis, A. A. (2019). Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce pada sampul majalah Tempo edisi satu perkara seribu drama. Jurnal Humaniora, Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Telkom, Bandung. Vol.6 No. 2, hal 184.
Muchtar, A. Z. (2016). Representasi Identitas Budaya Indonesia Dalam Label Air Mineral Kemasan (Analisis Semiotik Pada Ilustrasi Desain Label AQUA Temukan Indonesiamu tahun 2015). Universitas Muhammadiyah Malang. https://doi.org/10.2139/ssrn.2099788
Murti Candra Dewi. (2013). Representasai Pakaian Muslimah dalam Iklan (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce pada Iklan Kosmetik Wardah di Tabloid Nova). Jurnal Komunikasi Profetik, Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.Vol. 06 No. 02, hal 63–82.
Murtono, Taufik. (2014). Identitas Lokal dalam Iklan.Jurnal Acintya. Jurnal Penelitian Seni Budaya. ISI Surakarta. Hal 1–19. DOI : https://doi.org/10.33153/acy.v1i1.1
Patriansyah, Mukhsin. (2014). Analisi Semiotika Charles Sanders Peirce Karya Patung Rajudin berjudul Manyeso Diri. Jurnal Ekspresi Seni. Vol. 16, No. 02, Hal: 252.
Rasid, Yunus. (2014). Nilai-Nilai Kearifan Lokal ( Local Genius ) Sebagai Penguat Karakter Bangsa. Sleman : Deepublish. Hal: 141, ISBN : 9786022803157.
Said, A. A. (2006). Dasar Desain Dwimatra. Universitas Negeri Makassar, Penerbit UNM. ISBN : 9798416740
Setiady, G. V. R. (2019). Perancangan Buku Ilustrasi Pedoman untuk Ilustrator Buku Cerita Anak. In Jurnal Tugas Akhir. Program Studi Desain Komunikasi Visual, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Sofyan Salam, dkk. (2020). Pengetahuan Dasar Seni Rupa. Makassar : Badan Penerbit
UNM. Hal: 164, ISBN 9786025554919.
Sukarwo, Wirawan. (2017). Krisis Identitas Budaya: Studi Poskolonial pada Produk Desain Kontemporer. Jurnal Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Indraprasta, PGRI. Vol.04, No. 03, Hal : 311. ISSN : 2339-0115 https://doi.org/10.30998/jurnaldesain.v4i03.1869
Witabora, Joneta. (2012). Peran dan Perkembangan Ilustrasi. Jurnal Humaniora, Jurusan Desain Komunikasi Visual, Universitas BINUS, Jakarta, Vol. 03, No. 02, Hal: 659–667.
Internet
http://www.kreavi.com/renataowen, diakses pada tanggal 10 April 2021 https://hai.grid.id/read/07567095/renata-owen-ilustrator-pengantar-ke-negeri-dongeng,
diakses pada tanggal 10 April 2021
https://www.behance.net/renataowen, diakses pada tanggal 15 Juni 2022
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rafika ulfah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with CITRAWIRA : Journal of Advertising and Visual Communication agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.