Penanda Budaya Visual pada Desain Kemasan Produk Ne Bali Soap

Authors

  • Taufik Murtono (ID Scopus : 57259501900) (Google Scholar : H-INDEX 4), Institut Seni Indonesia Surakarta
  • I Wayan Suardiana Universitas Udayana

DOI:

https://doi.org/10.33153/citrawira.v6i1.5295

Keywords:

ne bali soap, desain kemasan, budaya visual, semiotika roland barthes

Abstract

Produk perawatan tubuh berbahan alami menawarkan alternatif bagi konsumen yang ingin menghindari bahan kimia berbahaya, seperti produk perawatan tubuh dari Ne Bali Soap di Denpasar, Bali. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tanda-tanda budaya visual pada desain kemasan produk Sabun Ne Bali. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan data primer berupa sampel produk dan data sekunder dari studi literatur tentang kemasan. Analisis data menggunakan teori semiotika Roland Barthes, yang menguraikan makna tanda pada tiga tingkatan: denotatif, konotatif, dan mitos. Hasil penelitian ini adalah deskripsi penanda budaya pada kemasan dengan pemaknaan konotasi, denotasi, dan mitos dalam kemasan produk, yang selaras dengan prinsip desain dan penerapan elemen visual

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Taufik Murtono, (ID Scopus : 57259501900) (Google Scholar : H-INDEX 4), Institut Seni Indonesia Surakarta

ID Scopus : 57259501900

References

Adi Nugroho, C. S., Alif Fianto, A. Y., & Hidayat, W. (2014). Perancangan buku ilustrasi batik Tuban sebagai upaya pelestarian nilai-nilai budaya. Jurnal Art Nouveau, 3(1), 93.

Alicia, C., & Siagian, V. (2020). Pengaruh brand image dan karakteristik produk Laneige terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pada mahasiswa UNPAR) terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomis, 13(4B), 1–6.

Antika, T. R., Ningsih, N., & Sastika, I. (2020). Analisis makna denotasi, konotasi, mitos pada lagu ‘Lathi’ karya Weird Genius. Asas: Jurnal Sastra, 9(2), 61–71.

Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya kemasan terhadap penjualan produk perusahaan. Jurnal Sosio E-Kons, 10(1), 20.

Arjana, B. M. (2018). Jejak Perkembangan Arsitektur Di Bali. Jurnal Anala, 6(1), 38–52. https://doi.org/10.46650/anala.6.1.581.38-52

Diana Sari, N. L. D. I. (2013). Elemen visual kemasan sebagai strategi komunikasi produk. Jurnal Komunikasi Profietik, 6(1).

Kusuma Wardani, L., & Hasudungan Irianto Sitindjak, R. (2013). Batik Gedog Tuban, East Java [Conference or Workshop Item (Paper), Universitas Kristen Petra]. https://repository.petra.ac.id/16574/

Laksani, H., & Pandanwangi, B. (2023). Analisis Semiotika pada Iklan dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahsa Inggris Prodi Desain Komunikasi Visual. 6(2), 944–956. http://aksa.stsrdvisi.ac.id

Marianne osner, K., & Krasovec, S. A. (2007). Klimcuck. Erlangga.

Narulita, E. T., & Tisna Andayana, N. P. (2019). Representasi batik pada kemasan produk NE Bali Soap. Jurnal Gestalt, 1(1), 125–140.

Pratiwi, T. S., Putri, Y. R., & Sugandi, M. S. (2015). Analisis Semiotika Roland Barthes terhadap logo Calais Tea. E-Proceeding of Management, 2, 4327–4336.

Purwita, D. G. P. (2021). Skema Teori Warna Bali. SENADA (Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur), 4, 32–28.

Ramadhan, I. (2013). Cerita Batik. Literati.

Shalmont, J. (2020). Sustainable beauty- Kesiapan konsumen di Indonesia dalam mengintegrasikan konsep keberlanjutan dalam pengelolaan sampah kemasan plastik produk industri kecantikan. Law Review, xx(2), 138–168.

Widianti, A. K., & Bambang Studyanto, A. (2017). Membaca Makna Ornamen Pepatraan Meja Membaca Makna Ornamen Pepatraan Meja dan Kursi di Ruang Pengadilan Kerthagosa Klungkung Bali. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1, 152–159.

Downloads

Published

2025-06-27

Issue

Section

Articles