Fanatisme Sepak Bola : Analisis Visual Media Sosial Terhadap Anarkis Antar Suporter
DOI:
https://doi.org/10.33153/citrawira.v4i2.5576Keywords:
fanaticism, football, supporters, social mediaAbstract
Fanatisme suporter sepak bola memiliki kecenderungan bersifat obsesif dalam mendukung tim idolanya. Banyak fenomena dimana mereka berlomba-lomba menaikkan tagar idola mereka di media sosial untuk membela maupun memberikan informasi. Namun, dibalik antusiasme ini terkadang terdapat sisi gelap berupa tindakan anarkis yang dilakukan oleh beberapa suporter. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis bagaimana sepak bola dapat memengaruhi sikap, mengetahui penyebab berkomentar negatif dan pencegahan yang tepat sikap anarkis suporter dalam media sosial. Penelitian metode campuran (mixed method). Analisis data penelitian menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Kesimpulan penelitian adalah tampilan visual media sosial yang diunggah mengundang kemarahan suporter lain dapat menimbulkan perkelahian serta kesalahpahaman tiada henti. Visual dalam postingan media sosial sangat memengaruhi pesan yang akan disampaikan, serta memiliki dampak yang positif maupun negatif yang dihasilkan.
Downloads
References
Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. In Aswaja Pressindo. Aswaja Pressindo.
Altungul, O., & Karahüseyinoğlu, M. F. (2017). Determining the Level of Fanaticism and Football Fanship to University Athletes. Journal of Education and Training Studies, 5(11), 171. https://doi.org/10.11114/jets.v5i11.2742
Assyaumin, M. I. B., Yunus, M., & Raharjo, S. (2017). Fanatisme Suporter Sepakbola Ditinjau dari Aspek Sosio-Antropologis (Studi Kasus Aremania Malang). Jurnal Sport Science, 7(1), 42–57. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um057v7i1p42-57
Bahrun, S., Alifah, S., & Mulyono, S. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Survey Pemasaran dan Penjualan Berbasis Web. Jurnal Transistor Elektro Dan Informatika, 2(2). https://doi.org/10.30659/ei.2.2
Cahyono, A. S. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Asy Syar’Iyyah: Jurnal Ilmu Syari’Ah Dan Perbankan Islam, 5(2), 202–225. https://doi.org/10.32923/asy.v5i2.1586
Chaplin, J. P. (2009). Kamus Lengkap Bahasa Psikologi (2009th ed.). Raja Grafindo Persada.
Hafizh, H., Adnani, B. U., & Ramadhani, H. S. (2022). Fanatisme pada suporter bola: Menguji penanan kematangan emosi. INNER: Journal of Psychological Research, 2(2), 116–122.
Hapsari, I., & Wibowo, I. (2015). Fanatisme dan Agresivitas Suporter Klub Sepak Bola. Jurnal Psikologi, 8(1), 52–58.
Hendarman;, N. P. (2013). Mixed Method Research = Metode Riset Campur Sari : Konsep, Strategi, dan Aplikasi.
Julantika, T., Kurrohman, T., & Supatmoko, D. (2017). Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (Studi Kasus SDN Pringgowirawan 02 Jember). E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 4(1). https://doi.org/10.19184/ejeba.v4i1.4564
Purnamasari, I. (2015). Faktor Pendorong Fanatisme Pada Suporter Klub Sepak Bola Arsenal di Balikpapan. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(4), 354–362. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v3i4.3876
Ridder, H. G., Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis. A Methods Sourcebook. Zeitschrift Fur Personalforschung, 28(4).
Soliha, S. F. (2015). Tingkat Ketergantungan Pengguna Media Sosial Dan Kecemasan Sosial [Level of Dependence on Users of Social Media and Social Anxiety]. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/interaksi.4.1.1-10
Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D [Educational research methods: Quantitative, qualitative and R&D approaches]. In Alfabeta (Vol. 13, Issue 1).
Sumartini, S., Harahap, K. S., & Sthevany, S. (2020). Kajian Pengendalian Mutu Produk Tuna Loin. Aurelia Journal, 2(1). https://doi.org/10.15578/aj.v2i1.9392
Susanti, R., Purwandari, S., & Prilosadoso, H. B. (2022). Penta Helix As Strategy of Tourism Village Development in Karangasem Village, Bulu District, Sukoharjo Regency. International Journal of Social Science, 2(4), 1979–1984. https://doi.org/10.53625/ijss.v2i4.4261
Susanti, R., Sari, A. A., & Prilosadoso, B. H. (2022). Illocutionary Acts Of The 100 Covid-19 Health Protocol Campaign Posters On Facebook Status Updates (A Netnographic Study). Jurnal Ad’ministrare, 9(2), 595. https://doi.org/10.26858/ja.v9i2.40769
Syaputra, I. (2016). Pemuja Sepak Bola kuasa media atas budaya. PT Grafika Maedi Yuana, Bogor.
Ulfah, U., Supriani, Y., & Arifudin, O. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.392
Wahyudi, H. (2020). The Land of Hooligans:kisah para perusuh sepak bola (M. Sandra (ed.)). Kelompok Penerbit Ar-Ruzz Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nola Ardelia Vorna Cilla, Siti Nur Amaliah, Melda Nurantika, Viki Anjani, Basnendar Herry Prilosadoso

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with CITRAWIRA : Journal of Advertising and Visual Communication agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.