Fanatisme Sepak Bola : Analisis Visual Media Sosial Terhadap Anarkis Antar Suporter

Authors

  • Nola Ardelia Vorna Cilla Institute Seni Indonesia Surakarta
  • Siti Nur Amaliah Institute Seni Indonesia Surakarta
  • Melda Nurantika Institute Seni Indonesia Surakarta
  • Viki Anjani Institute Seni Indonesia Surakarta
  • Basnendar Herry Prilosadoso Institute Seni Indonesia Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33153/citrawira.v4i2.5576

Keywords:

fanaticism, football, supporters, social media

Abstract

Fanatisme suporter sepak bola memiliki kecenderungan bersifat obsesif dalam mendukung tim idolanya. Banyak fenomena dimana mereka berlomba-lomba menaikkan tagar idola mereka di media sosial untuk membela  maupun  memberikan  informasi. Namun, dibalik antusiasme ini terkadang terdapat sisi gelap berupa tindakan anarkis yang dilakukan oleh beberapa suporter.  Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis bagaimana sepak bola dapat memengaruhi sikap, mengetahui penyebab berkomentar negatif dan pencegahan yang tepat sikap anarkis suporter dalam media sosial. Penelitian metode campuran (mixed method). Analisis data penelitian menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana.  Kesimpulan penelitian adalah tampilan visual media sosial yang diunggah mengundang kemarahan suporter lain dapat menimbulkan perkelahian serta kesalahpahaman tiada henti. Visual dalam postingan  media  sosial   sangat  memengaruhi pesan  yang  akan  disampaikan, serta memiliki dampak yang positif maupun negatif yang dihasilkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nola Ardelia Vorna Cilla, Institute Seni Indonesia Surakarta

Desain Komunikasi Visual

Siti Nur Amaliah, Institute Seni Indonesia Surakarta

Desain Komunikasi Visual

Melda Nurantika, Institute Seni Indonesia Surakarta

Desain Komunikasi Visual

Viki Anjani, Institute Seni Indonesia Surakarta

Desain Komunikasi Visual

References

Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. In Aswaja Pressindo. Aswaja Pressindo.

Altungul, O., & Karahüseyinoğlu, M. F. (2017). Determining the Level of Fanaticism and Football Fanship to University Athletes. Journal of Education and Training Studies, 5(11), 171. https://doi.org/10.11114/jets.v5i11.2742

Assyaumin, M. I. B., Yunus, M., & Raharjo, S. (2017). Fanatisme Suporter Sepakbola Ditinjau dari Aspek Sosio-Antropologis (Studi Kasus Aremania Malang). Jurnal Sport Science, 7(1), 42–57. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um057v7i1p42-57

Bahrun, S., Alifah, S., & Mulyono, S. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Survey Pemasaran dan Penjualan Berbasis Web. Jurnal Transistor Elektro Dan Informatika, 2(2). https://doi.org/10.30659/ei.2.2

Cahyono, A. S. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Asy Syar’Iyyah: Jurnal Ilmu Syari’Ah Dan Perbankan Islam, 5(2), 202–225. https://doi.org/10.32923/asy.v5i2.1586

Chaplin, J. P. (2009). Kamus Lengkap Bahasa Psikologi (2009th ed.). Raja Grafindo Persada.

Hafizh, H., Adnani, B. U., & Ramadhani, H. S. (2022). Fanatisme pada suporter bola: Menguji penanan kematangan emosi. INNER: Journal of Psychological Research, 2(2), 116–122.

Hapsari, I., & Wibowo, I. (2015). Fanatisme dan Agresivitas Suporter Klub Sepak Bola. Jurnal Psikologi, 8(1), 52–58.

Hendarman;, N. P. (2013). Mixed Method Research = Metode Riset Campur Sari : Konsep, Strategi, dan Aplikasi.

Julantika, T., Kurrohman, T., & Supatmoko, D. (2017). Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (Studi Kasus SDN Pringgowirawan 02 Jember). E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 4(1). https://doi.org/10.19184/ejeba.v4i1.4564

Purnamasari, I. (2015). Faktor Pendorong Fanatisme Pada Suporter Klub Sepak Bola Arsenal di Balikpapan. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(4), 354–362. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v3i4.3876

Ridder, H. G., Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis. A Methods Sourcebook. Zeitschrift Fur Personalforschung, 28(4).

Soliha, S. F. (2015). Tingkat Ketergantungan Pengguna Media Sosial Dan Kecemasan Sosial [Level of Dependence on Users of Social Media and Social Anxiety]. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/interaksi.4.1.1-10

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D [Educational research methods: Quantitative, qualitative and R&D approaches]. In Alfabeta (Vol. 13, Issue 1).

Sumartini, S., Harahap, K. S., & Sthevany, S. (2020). Kajian Pengendalian Mutu Produk Tuna Loin. Aurelia Journal, 2(1). https://doi.org/10.15578/aj.v2i1.9392

Susanti, R., Purwandari, S., & Prilosadoso, H. B. (2022). Penta Helix As Strategy of Tourism Village Development in Karangasem Village, Bulu District, Sukoharjo Regency. International Journal of Social Science, 2(4), 1979–1984. https://doi.org/10.53625/ijss.v2i4.4261

Susanti, R., Sari, A. A., & Prilosadoso, B. H. (2022). Illocutionary Acts Of The 100 Covid-19 Health Protocol Campaign Posters On Facebook Status Updates (A Netnographic Study). Jurnal Ad’ministrare, 9(2), 595. https://doi.org/10.26858/ja.v9i2.40769

Syaputra, I. (2016). Pemuja Sepak Bola kuasa media atas budaya. PT Grafika Maedi Yuana, Bogor.

Ulfah, U., Supriani, Y., & Arifudin, O. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.392

Wahyudi, H. (2020). The Land of Hooligans:kisah para perusuh sepak bola (M. Sandra (ed.)). Kelompok Penerbit Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2023-12-05

Issue

Section

Articles