Perancangan Media Informasi Mengenai Rahmah El-Yunusiyyah Dalam Memperjuangkan Pendidikan Perempuan Melalui Motion Graphic

Authors

  • Assaidatul Husna Institut Teknologi Batam
  • Ahmad Zakki Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.33153/citrawira.v4i2.5602

Abstract

Rahmah El-Yunusiyyah merupakan tokoh perempuan Minangkabau yang ikut terlibat dalam arus “pembaharuan” modernisasi di bidang pendidikan. Bermula dari keprihatinannya terhadap nasib perempuan di jamannya, Rahmah El-Yunusiyyah berupaya memperbaiki kondisi kaumnya melalui bidang pendidikan dengan mendirikan Diniyyah Puteri. Perancangan ini menyajikan cerita perjuangan Rahmah El-Yunusiyyah dalam memperjuangkan pendidikan perempuan Indonesia ke dalam visual dengan target audience yaitu remaja dewasa berusia 12-18 tahun. Perancangan dilakukan dengan menggunakan metode Design Thinking. Metode ini menggunakan emphatize (proses dalam mengamati, mengetahui, memahami, merasakan, dan kepekaan terhadap lingkungan target audience), define (brainstorming, analisis), ideate (konsep dan strategi), dan prototype (pengerjaan karya). Dengan adanya media informasi mengenai perjuangan Rahmah El-Yunusiyyah ini diharapkan  media informasi dapat mengenalkan tokoh. Hal ini dipupuk dengan menanamkan kebanggaan terhadap tokoh kenamaan asal Minangkabau tersebut melalui media sosial dengan menggunakan teknik motion graphic dan teknik visual storytelling.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, N (2017). Rahmah El Yunusiyyah Kartini Padang Panjang (1900-1969). Jurnal Sosiologi Agama, ejournal.uin-suka.ac.id, https://ejournal.uinsuka.ac.id/ushuluddin/SosiologiAgama/article/view/1157

Dameria, A. (2007). Color Basic, Pandua Dasar Warna Untuk Desainer dan Industri Grafika. In Auditing dan Jasa Assurance.

FEBRINA, RC (2021). Peranan Rahmah El Yunusiyyah Dalam Pendidikan Perempuan Sumatera Barat Pada Tahun 1923-1937., repositori.unsil.ac.id, http://repositori.unsil.ac.id/4669/

http//kompasiana.com, “Visual Storytelling, Mengapa dan Bagaimana?” (April 2019)

Kusumah, SD (2013). Studi Tentang Model Pendidikan Karakter Di Pesantren Moderen Dinniyah Puteri” Perguruan Dinniyah Puteri” Padang Panjang, Sumatera Barat. Patanjala: Journal of Historical …, ejurnalpatanjala.kemdikbud.go.id,http://ejurnalpatanjala.kemdikbud.go.id/patanjala/index.php/patanjala/article/view/154

Maharsi, I (2016). Ilustrasi., books.google.com, https://books.google.com/bookshl=en&lr=&id=AH58DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=ilustrasi&ots=-as5axPpcz&sig=RS882DsA31bML-ZzzUXiVdgCLvg

Male, A. (2017). Illustration A Theoretical and Contextual Perspective. In Bloomsbury Visual Arts.

Rahmania, T (2023). Psikologi perkembangan., books.google.com, https://books.google.com/bookshl=en&lr=&id=RzTWEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA4&dq=psikologi+perkembangan+sepanjang+rentang+kehidupan&ots=R6t5FTjh0T&sig=BojrTbqooQft4ZJqjTb6ifirs3Q

Rasyad, Leon Salim dan Hasniah Saleh. (1991). Hajjah Rahmah El Yunusiyyah dan Zainuddin Labay El Yunusy. Jakarta: Pengurus Perguruan Diniyyah Puteri Padangpanjang.

Rustan, Surianto. (2014). Layout Dasar Dan Penerapannya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2023-12-05

Issue

Section

Articles