Perancangan Media Informasi Mengenai Rahmah El-Yunusiyyah Dalam Memperjuangkan Pendidikan Perempuan Melalui Motion Graphic
DOI:
https://doi.org/10.33153/citrawira.v4i2.5602Abstract
Rahmah El-Yunusiyyah merupakan tokoh perempuan Minangkabau yang ikut terlibat dalam arus “pembaharuan” modernisasi di bidang pendidikan. Bermula dari keprihatinannya terhadap nasib perempuan di jamannya, Rahmah El-Yunusiyyah berupaya memperbaiki kondisi kaumnya melalui bidang pendidikan dengan mendirikan Diniyyah Puteri. Perancangan ini menyajikan cerita perjuangan Rahmah El-Yunusiyyah dalam memperjuangkan pendidikan perempuan Indonesia ke dalam visual dengan target audience yaitu remaja dewasa berusia 12-18 tahun. Perancangan dilakukan dengan menggunakan metode Design Thinking. Metode ini menggunakan emphatize (proses dalam mengamati, mengetahui, memahami, merasakan, dan kepekaan terhadap lingkungan target audience), define (brainstorming, analisis), ideate (konsep dan strategi), dan prototype (pengerjaan karya). Dengan adanya media informasi mengenai perjuangan Rahmah El-Yunusiyyah ini diharapkan media informasi dapat mengenalkan tokoh. Hal ini dipupuk dengan menanamkan kebanggaan terhadap tokoh kenamaan asal Minangkabau tersebut melalui media sosial dengan menggunakan teknik motion graphic dan teknik visual storytelling.Downloads
References
Abdullah, N (2017). Rahmah El Yunusiyyah Kartini Padang Panjang (1900-1969). Jurnal Sosiologi Agama, ejournal.uin-suka.ac.id, https://ejournal.uinsuka.ac.id/ushuluddin/SosiologiAgama/article/view/1157
Dameria, A. (2007). Color Basic, Pandua Dasar Warna Untuk Desainer dan Industri Grafika. In Auditing dan Jasa Assurance.
FEBRINA, RC (2021). Peranan Rahmah El Yunusiyyah Dalam Pendidikan Perempuan Sumatera Barat Pada Tahun 1923-1937., repositori.unsil.ac.id, http://repositori.unsil.ac.id/4669/
http//kompasiana.com, “Visual Storytelling, Mengapa dan Bagaimana?” (April 2019)
Kusumah, SD (2013). Studi Tentang Model Pendidikan Karakter Di Pesantren Moderen Dinniyah Puteri” Perguruan Dinniyah Puteri” Padang Panjang, Sumatera Barat. Patanjala: Journal of Historical …, ejurnalpatanjala.kemdikbud.go.id,http://ejurnalpatanjala.kemdikbud.go.id/patanjala/index.php/patanjala/article/view/154
Maharsi, I (2016). Ilustrasi., books.google.com, https://books.google.com/bookshl=en&lr=&id=AH58DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=ilustrasi&ots=-as5axPpcz&sig=RS882DsA31bML-ZzzUXiVdgCLvg
Male, A. (2017). Illustration A Theoretical and Contextual Perspective. In Bloomsbury Visual Arts.
Rahmania, T (2023). Psikologi perkembangan., books.google.com, https://books.google.com/bookshl=en&lr=&id=RzTWEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA4&dq=psikologi+perkembangan+sepanjang+rentang+kehidupan&ots=R6t5FTjh0T&sig=BojrTbqooQft4ZJqjTb6ifirs3Q
Rasyad, Leon Salim dan Hasniah Saleh. (1991). Hajjah Rahmah El Yunusiyyah dan Zainuddin Labay El Yunusy. Jakarta: Pengurus Perguruan Diniyyah Puteri Padangpanjang.
Rustan, Surianto. (2014). Layout Dasar Dan Penerapannya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Assaidatul Husna, Ahmad Zakki

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with CITRAWIRA : Journal of Advertising and Visual Communication agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.