Perancangan Logo Ecowastra Nusantara sebagai Identitas Kampung Batik Eco Print Makam Bergolo Serengan

Authors

  • Erlyana Zuar Dini Institut Seni Indonesia Surakarta https://orcid.org/0009-0003-8771-5737
  • Cornelius Bryan Indriantara Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Riza Pahlevi Riksawan Institut Seni Indonesia Surakarta
  • M. Aditia Gilang Institut Seni Indonesia Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33153/citrawira.v5i1.5641

Keywords:

logo, identitas merek, desain

Abstract

                                                                                                              Logo menjadi fundamental karena memiliki makna yang divisualkan secara tersirat baik dari culture, historical, dan positioning. Sebagai bagian dari identitas visual, logo memiliki peranan penting dalam membangun suatu kesadaran entitas pada fondasi branding sebagai luarannya. Brand Identity atau dikenal dengan identitas merek dianggap suatu perspektif yang dinamis, mencakup banyak pihak, dan memiliki makna suatu merek perusahaan. Metode perancangan dan perancangan identitas visual atau logo digunakan pada penelitian ini agar lebih mudah diingat dan meningkatkan awareness sehingga lebih dikenal oleh masyarakat luas. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu pembuatan logo Kampung Batik Eco print agar lebih mudah diingat dan meningkatkan awareness

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Pendidikan Nasional, P. B. (Indonesia). (2010). Kamus besar bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Gramedia Pustaka Utama.

Iglesias, O., Landgraf, P., Ind, N., Markovic, S., & Koporcic, N. (2020). Corporate brand identity co-creation in business-to-business contexts. Industrial Marketing Management, 85, 32–43. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2019.09.008

Jay Stocks, E. (2024). Universal Principles of Typography: 100 Key Concepts for Choosing and Using Type. Rockport Publishers.

Kusrianto, A. (2010). Pengantar Tipografi. Elex Media Kompetindo.

Kusuma, M. R. P. (2019). Perancangan Destination Branding Desa Wisata Ketenger Kabupaten Banyumas untuk Mendukung Program Digital Destination. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 4(2), 116. https://doi.org/10.25124/demandia.v4i2.1897

Pamungkas, N., & Suryaningsum, S. (2020). Pengelolaan Kain dengan Teknik Ecoprint di Daerah Istimewa Yogyakarta. Nugra Media.

Rustan, S. (2009). Mendesain Logo. Gramedia Pustaka Utama.

Susanto, A. B., & Wijanarnako Himawan. (2004). Power Branding: Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya. Quantum Bisnis dan Manajemen.

Tinarbuko, S. (2015). DEKAVE (Desain Komunikasi Visual). Media Pressindo.

Wheeler, A. (2013). Designing Brand Identity:an Essential Guide for the Whole Branding Team (4th ed.). John Wiley & Sons, Inc.

Downloads

Published

2024-07-04

Issue

Section

Articles