Pembuatan E-Book Desa Candirejo Kecamatan Borobudur Dengan Menggunakan Design Thinking

Authors

  • Amata Fami Institut Pertanian Bogor
  • Annisa Aulia Rohim Institut Pertanian Bogor
  • Adelia Tri Aprilian Institut Pertanian Bogor
  • Zhafirah Prameswari Institut Pertanian Bogor

DOI:

https://doi.org/10.33153/citrawira.v4i2.5654

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan e-book interaktif yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur. Metode yang digunakan adalah pendekatan design thinking, menekankan pemahaman mendalam terhadap pengguna sebagai dasar untuk menciptakan solusi relevan. Penelitian dimulai dengan tahap "Empathize," di mana peneliti berinteraksi dengan komunitas Desa Candirejo untuk memahami kebutuhan dan preferensi mereka dalam mengakses informasi. Tahap "Define" digunakan untuk merumuskan masalah dan tantangan pembuatan e-book, terkait literasi digital dan akses informasi lokal. "Ideate" melibatkan generasi ide-ide kreatif, sementara "Prototype" mencakup pembuatan prototipe e-book. Tahap "Test" melibatkan pengujian prototipe dengan komunitas Desa Candirejo, namun implementasi masih menunggu hasil. Hasil dari penelitian ini menghasilkan e-book berisi profil desa, wisata alam, kerajinan, dan kesenian tradisional Desa Candirejo. Pada halaman belakang e-book  terdapat games interaktif untuk pembaca. Perancangan e-book ini diharapkan dapat mempromosikan desa kepada wisatawan, menyajikan informasi menarik dan interaktif, dan memberikan pengalaman unik bagi wisatawan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Census, U S, Degree Master, Degree Doctoral, Professional Degree, Pharmacist Nurse, and Dentist Physician. 2014. “Background Questionnaire.”

Fauzi, Ahmad Hadi, and Iwan Sukoco. 2019. “Konsep Design Thinking Pada Lembaga Bimbingan Belajar Smartnesia Educa.” Organum: Jurnal Saintifik Manajemen Dan Akuntansi 2 (1): 37–45. https://doi.org/10.35138/organum.v2i1.50.

Imanda, Ragil Tegar, and Anna Mukhayaroh. 2023. “Metode Design Thinking Perancangan User Interface Dan User Experience Aplikasi ‘KuyBaca.’” Journal of Students‘ Research in Computer Science 4 (1): 23–36. https://doi.org/10.31599/jsrcs.v4i1.2080.

Jayakusuma, Aria Prima, Niken Parwati, Widya Nurcahayanty Tanjung, and Aprilia Tri Purwandari. 2022. “Pembuatan Building Blocks Dengan Mesin” CREATICS” Menggunakan Metode Design Thinking.” JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI SAINS DAN TEKNOLOGI 7 (1): 50. https://doi.org/10.36722/sst.v7i1.843.

Muhammad Ali Kasri, Yerlin Novan, and Indri Anugrah Ramadhani. 2021. “Penerapan Model Design Thinking Pada Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash.” Jurnal PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi) 2 (2).

Nalendro, Putu Aji, and Ratna Wardani. 2020. “Application of Context-Aware and Collaborative Mobile Learning System Design Model in Interactive E-Book Reader Using Design Thinking Methods.” Khazanah Informatika : Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika 6 (2): 115–23. https://doi.org/10.23917/khif.v6i2.10022.

Nuraisyah, Ani, Fuad Wahdan Muhibuddin, Asep Taryana, and Suhendi Suhendi. 2022. “Design Thinking Approach in Designing ‘Care-Pet’ Crowdfunding Platform for Abandoned Cats and Dogs in Indonesia.” Business Review and Case Studies 3 (2): 138–51. https://doi.org/10.17358/brcs.3.2.138.

Pebryani, Nyoman Dewi. 2021. “Konsep Design Thinking Dalam Transisi Menuju Tradisi Digital.” Dasa Citta Desain 2021 : Desain Dalam Era Budaya Digital Konsep, 109–25.

Pratiwi, Febbi Neliandri, Yosef Yulius, and Mukhsin Patriansah. 2023. “ORIGAMI LIVING ART DENGAN METODE Pendahuluan” 10 (3): 461–74.

Puspitaningrum, Dian Novitasari, Ilham Perdana, and Nur Ichsan Utama. 2023. “Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi REDESIGN UI / UX WEBSITE OPEN LIBRARY TELKOM UNIVERSITY BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi” 4 (3): 1874–86.

Rasita, Irma, Gloria Barus, Amata Fami, and Kania Sofiantina Rahayu. 2023. “CULTURAL HERITAGE DIGITIZATION OF BOROBUDUR AREA TOURISM : A PROJECT-BASED LEARNING” 8 (1): 14–27.

Ratna Nur Fadilah, and Dhian Sweetania. 2023. “Perancangan Design Prototype Ui/Ux Aplikasi Reservasi Restoran Dengan Menggunakan Metode Design Thinking.” Jurnal Ilmiah Teknik 2 (2): 132–46. https://doi.org/10.56127/juit.v2i2.826.

Risqi Amalia, Ananda, Intan Sartika Eris Maghfiroh, and Nanang Yudi Setiawan. 2023. “Perancangan User Experience Aplikasi BAZNAS Jombang Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus : BAZNAS Jombang).” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer 7 (2): 981–90. http://j-ptiik.ub.ac.id.

Rupa, Jurnal Bahasa. 2023. “Desain Layout Buku Tipografi Untuk Kemasan Dengan Metode Design Thinking” 06 (03): 191–200.

Suherman, Ayi, Tedi Supriadi, and Indra Safari. 2020. “Promoting Digital Literacy Skills: An Action Research to People of Kampung Literasi.” Universal Journal of Educational Research 8 (4): 1372–86. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080430.

Sulistyono, Muhammad Ridwan, and Agus Setiawan. 2023. “Penerapan Metode Design Thinking Untuk Perancangan UI / UX Sistem E-Marketplace Berbasis Website” 4 (4). https://doi.org/10.47065/josh.v4i4.3534.

Cista L, Murtono T. 2023. “Buku Ilustrasi Banten Prayascita Gaya Flat Design Sebagai Sarana Pelestarian Budaya Bali Pada Parisada Hindu Dharma Indonesia Bekasi.” CITRAWIRA : Journal of Advertising and Visual Communication (2023) 4(1) 1-18. https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/citrawira/article/view/5296/3606

Downloads

Published

2023-12-05

Issue

Section

Articles