Komodifikasi Perempuan Pada Desain Kemasan, Studi Kasus Teh Tubruk
DOI:
https://doi.org/10.33153/citrawira.v4i2.5663Keywords:
komodifikasi perempuan, desain kemasan, teh tubrukAbstract
Desain kemasan teh tubruk yang diproduksi di Pekalongan Jawa Tengah dan menjadi sampel serta dianalisis pada penelitian ini menunjukkan fakta bahwa perempuan divisualisasikan dengan cara yang tidak aktif melalui kegiatan sehari-hari yang diperankan oleh perempuan di masa lampau. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Menganalisis efek visual 3 sampel desain kemasan teh tubruk, (2) Menganalisis interpretasi komposisi ruang 3 sampel desain kemasan teh tubruk, dan (3) Menganalisis makna sosial 3 sampel desain kemasan teh tubruk. Metode penelitian yang diterapkan berfokus pada salah satu kategori yaitu site of image itself dari Gillian Rose (2002). Hasil analisis menunjukkan bahwa desain kemasan dari ke-3 sampel teh tubruk yang dianalisis memuat komodifikasi perempuan dalam pemunculan ikon dan penamaannya. Ilustrasi perempuan yang disajikan dalam ke-3 sampel desain kemasan di teh tubruk (teh Cap Kepyur, teh Cap Napen, dan teh Nyapu) mencerminkan ide-ide seputar peran domestik, kemandirian perempuan dalam konteks memasak dan memberi makan keluarga.Downloads
References
Cochoy, Franck, Johan Hagberg, Magdalena Petersson McIntyre, and Niklas Sorum. (2017). Digitalizing Consumption: How Devices Shapes Consumer Culture. London: Routledge.
Grohmann, Bianca. 2009. “Gender Dimensions of Brand Personality.” Journal of Marketing Research 46 (1): 105–119. doi:10.1509/jmkr.46.1.105.
Lippa, Richard. 2005. “How Do Lay People Weight Information About Instrumentality, Expressiveness, and Gender-Typed Hobbies When Judging Masculinity-Femininity in Themselves, Best Friends, and Strangers?” Sex Roles 51 (1–2): 43–55. doi:10.1007/s11199-005- 4277-6
Ogilvy, David. 2013. Confessions of an Advertising Man. Harpenden: Southbank Pub.
Pink, Sarah (2007). Doing Visual Ethnography: Images, Media and Representation in Research (2., [rev. and updated] ed.). London: SAGE.
Pramestiningrum, A. R., & Sadono, T. P. (2022). KOMUNIKASI VISUAL: FEEDS INSTAGRAM@ YUREZALINA DALAM MEMBANGUN SELF-IMAGE. RELASI: Jurnal Penelitian Komunikasi (e-ISSN: 2807-6818), 2(03), 28-38.
Titis, Puspitasari & Pambudi, Handoyo. (2015). Komodifikasi Wanita Dalam Franchise Susu Segar di Kota Kediri. Jurnal Paradigma, Vol 3 (1), 1-9.
Tomagola, Tamrin Amal. Citra Wanita dalam Iklan dalam Majalah Wanita Indonesia: Suatu Tinjauan Sosiologs Media, dalam Ibrahim, Idi Subandy dan Hanif Surato (eds.). Wanita dan Media; Konstruksi Ideologi Gender dalam Ruang Publik Orde Baru. Bandung: Rosda. 1998.
Wolf, Naomi. The Beauty Myth. New York: Harper Collins Publishers, 2002. Buku Elektronik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Indriati Suci Pravitasari, Brilindra Pandanwangi, Hening Laksani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with CITRAWIRA : Journal of Advertising and Visual Communication agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.