Komodifikasi Perempuan Pada Desain Kemasan, Studi Kasus Teh Tubruk

Authors

  • Indriati Suci Pravitasari Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Brilindra Pandanwangi Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Hening Laksani Institut Seni Indonesia Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33153/citrawira.v4i2.5663

Keywords:

komodifikasi perempuan, desain kemasan, teh tubruk

Abstract

Desain kemasan teh tubruk yang diproduksi di Pekalongan Jawa Tengah dan menjadi sampel serta dianalisis pada penelitian ini menunjukkan fakta bahwa perempuan divisualisasikan dengan cara yang tidak aktif melalui kegiatan sehari-hari yang diperankan oleh perempuan di masa lampau. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Menganalisis efek visual 3 sampel desain kemasan teh tubruk, (2) Menganalisis interpretasi komposisi ruang 3 sampel desain kemasan teh tubruk, dan (3) Menganalisis makna sosial 3 sampel desain kemasan teh tubruk. Metode penelitian yang diterapkan berfokus pada salah satu kategori yaitu site of image itself dari Gillian Rose (2002). Hasil analisis menunjukkan bahwa desain kemasan dari ke-3 sampel teh tubruk yang dianalisis memuat komodifikasi perempuan dalam pemunculan ikon dan penamaannya. Ilustrasi perempuan yang disajikan dalam ke-3 sampel desain kemasan di teh tubruk (teh Cap Kepyur, teh Cap Napen, dan teh Nyapu) mencerminkan ide-ide seputar peran domestik, kemandirian perempuan dalam konteks memasak dan memberi makan keluarga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cochoy, Franck, Johan Hagberg, Magdalena Petersson McIntyre, and Niklas Sorum. (2017). Digitalizing Consumption: How Devices Shapes Consumer Culture. London: Routledge.

Grohmann, Bianca. 2009. “Gender Dimensions of Brand Personality.” Journal of Marketing Research 46 (1): 105–119. doi:10.1509/jmkr.46.1.105.

Lippa, Richard. 2005. “How Do Lay People Weight Information About Instrumentality, Expressiveness, and Gender-Typed Hobbies When Judging Masculinity-Femininity in Themselves, Best Friends, and Strangers?” Sex Roles 51 (1–2): 43–55. doi:10.1007/s11199-005- 4277-6

Ogilvy, David. 2013. Confessions of an Advertising Man. Harpenden: Southbank Pub.

Pink, Sarah (2007). Doing Visual Ethnography: Images, Media and Representation in Research (2., [rev. and updated] ed.). London: SAGE.

Pramestiningrum, A. R., & Sadono, T. P. (2022). KOMUNIKASI VISUAL: FEEDS INSTAGRAM@ YUREZALINA DALAM MEMBANGUN SELF-IMAGE. RELASI: Jurnal Penelitian Komunikasi (e-ISSN: 2807-6818), 2(03), 28-38.

Titis, Puspitasari & Pambudi, Handoyo. (2015). Komodifikasi Wanita Dalam Franchise Susu Segar di Kota Kediri. Jurnal Paradigma, Vol 3 (1), 1-9.

Tomagola, Tamrin Amal. Citra Wanita dalam Iklan dalam Majalah Wanita Indonesia: Suatu Tinjauan Sosiologs Media, dalam Ibrahim, Idi Subandy dan Hanif Surato (eds.). Wanita dan Media; Konstruksi Ideologi Gender dalam Ruang Publik Orde Baru. Bandung: Rosda. 1998.

Wolf, Naomi. The Beauty Myth. New York: Harper Collins Publishers, 2002. Buku Elektronik.

Downloads

Published

2023-12-05

Issue

Section

Articles