Pembuatan Vidio Iklan Café Bahasa Solo sebagai Media Promosi menggunakan Metode MDLC
DOI:
https://doi.org/10.33153/citrawira.v5i2.5744Keywords:
video iklan, promosi, cafe, mdlc, media sosialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan memproduksi video iklan sebagai media promosi untuk Café Bahasa Solo dengan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Tahapan dalam metode ini meliputi konseptualisasi, perancangan, pengumpulan bahan, perakitan, pengujian, dan distribusi. Video iklan dirancang untuk menonjolkan suasana unik serta produk unggulan café, yaitu Kopi Ngoko dan Kopi Madya, yang ditampilkan melalui visual menarik dan narasi yang relevan dengan target audiens. Video yang dihasilkan dipublikasikan melalui media sosial Instagram dengan durasi 1 menit, yang memungkinkan jangkauan audiens yang lebih luas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video promosi ini berhasil meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) dan menarik minat konsumen baru, terlihat dari peningkatan jumlah interaksi di media sosial, seperti jumlah views, likes, dan komentar. Kesimpulannya, penggunaan video sebagai media promosi efektif dalam membangun citra merek dan meningkatkan daya tarik Café Bahasa Solo di kalangan konsumen
Downloads
References
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing: strategy. Implementation, and Practice.
Fadilah, R. N., & Sweetania, D. (2023). Perancangan Design Prototype Ui/Ux Aplikasi Reservasi Restoran Dengan Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Ilmiah Teknik, 2(2), 132–146.
Hatch, M. J., & Schultz, M. (2008). Taking brand initiative: How companies can align strategy, culture, and identity through corporate branding. John Wiley & Sons.
Kotler, P., Keller, K. L., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2016). Marketing Management 3rd edn PDF eBook. Pearson Higher Ed.
Kurniawan, I., Maulana, Y., Sulthony, M., Mubais, A., Hikmah, N., Putri, V. F., Kurniati, Z., Perangkat, R., Politeknik, L., Jepara, B., Bisnis, A., Politeknik, I., Keuangan, A., & Politeknik, P. (n.d.). Journal of Information System and Computer ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM DIGITAL BRANDING UMKM BERBASIS WEB DALAM MEMBANTU PROMOSI DAN PEMASARAN PRODUK. https://journal.unisnu.ac.id/JISTER/
Lutfiyani, I. Q., Hastadi, A. Y., Wahyuningsih, F., Wahyuni, A. T., Fauzi, G. F., Nurfaizah, A., Mustofa, M., Rohimah, T., & Yanuar, R. (2022). Pengembangan umkm melalui optimalisasi branding dan penggunaan media digital di desa sindangbarang, kabupaten cilacap. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat (PIM), 4(1), 70–84.
Muslihah, I., Rokhmah, S., & Agtrisa Ramadhani, R. (n.d.). PELATIHAN PENGGUNAAN WEBSITE AL IHSAN STORE BAGI KARYAWAN. www.alihsan-store.com
Penulis, N., & Iskandar, J. (2023). Pelatihan Desain Mockup dan Logo Sebagai Branding Produk Untuk Meningkatkan Nilai Jual Bagi UMKM di Desa Rejotangan Kabupaten Tulungagung Corresponding Author. 1(8). https://jurnalpengabdianmasyarakatbangsa.com/index.php/jpmba/index
Thornsby, J. (2016). Android UI design: Plan, design, and build engaging user interfaces for your Android applications. Packt.
Usman, R., & Marta, W. (n.d.). EFEKTIVITAS PERANCANGAN STRATEGI SOCIAL MEDIA BRANDING SEBAGAI PROMOSI DALAM PENINGKATAN PENJUALAN CAFÉ TIRTASARI, PAUH, KOTA PADANG (Vol. 1, Issue 2). https://rcf-indonesia.org/jurnal/index.php/bangsa
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ilham Bahtiar, Cornelius Bryan Indriantara, Anung Rachman, Rendya Adi Kurniawan, Ditya Fajar Rizkizha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with CITRAWIRA : Journal of Advertising and Visual Communication agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.