Pembuatan Vidio Iklan Café Bahasa Solo sebagai Media Promosi menggunakan Metode MDLC

Authors

  • Ilham Bahtiar Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Cornelius Bryan Indriantara Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Anung Rachman Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Rendya Adi Kurniawan Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Ditya Fajar Rizkizha Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Irfan Girji Bilnutama Institut Seni Indonesia Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33153/citrawira.v5i2.5744

Keywords:

video iklan, promosi, cafe, mdlc, media sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan memproduksi video iklan sebagai media promosi untuk Café Bahasa Solo dengan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Tahapan dalam metode ini meliputi konseptualisasi, perancangan, pengumpulan bahan, perakitan, pengujian, dan distribusi. Video iklan dirancang untuk menonjolkan suasana unik serta produk unggulan café, yaitu Kopi Ngoko dan Kopi Madya, yang ditampilkan melalui visual menarik dan narasi yang relevan dengan target audiens. Video yang dihasilkan dipublikasikan melalui media sosial Instagram dengan durasi 1 menit, yang memungkinkan jangkauan audiens yang lebih luas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video promosi ini berhasil meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) dan menarik minat konsumen baru, terlihat dari peningkatan jumlah interaksi di media sosial, seperti jumlah views, likes, dan komentar. Kesimpulannya, penggunaan video sebagai media promosi efektif dalam membangun citra merek dan meningkatkan daya tarik Café Bahasa Solo di kalangan konsumen

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing: strategy. Implementation, and Practice.

Fadilah, R. N., & Sweetania, D. (2023). Perancangan Design Prototype Ui/Ux Aplikasi Reservasi Restoran Dengan Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Ilmiah Teknik, 2(2), 132–146.

Hatch, M. J., & Schultz, M. (2008). Taking brand initiative: How companies can align strategy, culture, and identity through corporate branding. John Wiley & Sons.

Kotler, P., Keller, K. L., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2016). Marketing Management 3rd edn PDF eBook. Pearson Higher Ed.

Kurniawan, I., Maulana, Y., Sulthony, M., Mubais, A., Hikmah, N., Putri, V. F., Kurniati, Z., Perangkat, R., Politeknik, L., Jepara, B., Bisnis, A., Politeknik, I., Keuangan, A., & Politeknik, P. (n.d.). Journal of Information System and Computer ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM DIGITAL BRANDING UMKM BERBASIS WEB DALAM MEMBANTU PROMOSI DAN PEMASARAN PRODUK. https://journal.unisnu.ac.id/JISTER/

Lutfiyani, I. Q., Hastadi, A. Y., Wahyuningsih, F., Wahyuni, A. T., Fauzi, G. F., Nurfaizah, A., Mustofa, M., Rohimah, T., & Yanuar, R. (2022). Pengembangan umkm melalui optimalisasi branding dan penggunaan media digital di desa sindangbarang, kabupaten cilacap. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat (PIM), 4(1), 70–84.

Muslihah, I., Rokhmah, S., & Agtrisa Ramadhani, R. (n.d.). PELATIHAN PENGGUNAAN WEBSITE AL IHSAN STORE BAGI KARYAWAN. www.alihsan-store.com

Penulis, N., & Iskandar, J. (2023). Pelatihan Desain Mockup dan Logo Sebagai Branding Produk Untuk Meningkatkan Nilai Jual Bagi UMKM di Desa Rejotangan Kabupaten Tulungagung Corresponding Author. 1(8). https://jurnalpengabdianmasyarakatbangsa.com/index.php/jpmba/index

Thornsby, J. (2016). Android UI design: Plan, design, and build engaging user interfaces for your Android applications. Packt.

Usman, R., & Marta, W. (n.d.). EFEKTIVITAS PERANCANGAN STRATEGI SOCIAL MEDIA BRANDING SEBAGAI PROMOSI DALAM PENINGKATAN PENJUALAN CAFÉ TIRTASARI, PAUH, KOTA PADANG (Vol. 1, Issue 2). https://rcf-indonesia.org/jurnal/index.php/bangsa

Downloads

Published

2024-12-06

Issue

Section

Articles