Unsur Budaya Indonesia dalam Kajian Visual Desain Karakter Film Animasi Raya and the Last Dragon
DOI:
https://doi.org/10.33153/citrawira.v5i2.6011Keywords:
animasi, desain karakter, budaya indonesia, raya and the last dragonAbstract
Raya and the Last Dragon merupakan film animasi garapan Disney yang berlatarkan budaya Asia Tenggara, proses pembuatannya pihak Disney melakukan observasi di Bali, Indonesia. Hal yang mendasari pada penelitian ini yaitu untuk mencari letak unsur budaya Indonesia yang ada pada desain karakter film tersebut. Mendeskripsikan secara visual desain karakter menggunakan pendekatan metode kualitatif deskriptif teori dari Scott McCloud aspek Visual Distinction, yang dikerucutkan lagi menggunakan hasil kajian dari Rendya Adi Kurniawan yaitu Bentuk Fisik, Bentuk Kepala, dan Kostum. Hasil analisis menunjukan adanya kebudayaan Indonesia yang digunakan melalui senjata yang digunakan yaitu Keris. Hal ini menunjukan adanya akulturasi yang ada pada film yang merepresentasikan keberagaman budaya Asia TenggaraDownloads
References
Firmansyah, A., & Kurniawan, M. . (2013). Pembuatan Film Animasi 2d Menggunakan Metode Frame By Frame Berjudul “Kancil dan Siput. Data Manajemen Dan Teknologi Informasi, 14(4), 10–13.
Hilman, D., & Tubagus, Z. (2018). Desain Karakter Berbasis pada Wanda Wayang Bima. Jurnal Desain, 6(1), 41. https://doi.org/10.30998/jurnaldesain.v6i01.2517.
Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. Rineka Cipta.
Laksani, H., & Pandanwangi, B. (2023). Analisis Semiotika Pada Iklan dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Prodi Desain Komunikasi Visual. Aksa Jurnal Komunikasi Visual, 6(2), 944–956.
McCloude, S. (2006). Making Comic. Gramedia Pustaka Utama.
Ruyattman, M. (2013). Perancangan Buku Panduan Membuat Desain Karakter Fiksi Dua Dimensi Secara Digital Pendahuluan. DKV Adiwarna, 1(2), 1–12.
Silitonga, M. K., & Rosyida, S. (2015). . Animasi Interaktif Sebagai Media Sosialisasi Indonesia Tsunami Early Warning System (Inatews). Jurnal Sistem Informasi Stmik Antar Bangsa, 4(2), 200–207. https://doi.org/https://doi.org/10.51998/jsi.v4i2.39
Syahfitri, Y. (2001). Teknik Film Animasi Dalam Dunia Komputer. J. Saintikom, 10(3), 213–217.
Utami, D. (2011). Efektifitas Animasi Dalam Pembelajaran. Maj. Ilm. Pembelajaran, 7(1), 44–52.
https://www.tiktok.com/@sibotak.com/video. diakses pada 26 Maret 2022.
Rivan Dwiastono, Dhania Iman. 2021. “Indonesia dalam Film "Raya and the Last Dragon." https://www.voaindonesia.com/a/indonesia-dalam-film-raya-and-the-last- dragon-/5821952.html, diakses pada 28 Maret 2022.
Zornia Harisantoso. 2021. “Mencari Jejak Indonesia dalam Raya and the Last Dragon.” https://www.pesona.co.id/read/mencari-jejak-indonesia-dalam-raya-and-the-last-dragon, diakses pada 28 Maret 2022.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Puji Lestari, Rendya Adi Kurniawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with CITRAWIRA : Journal of Advertising and Visual Communication agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.