Analisis Struktur Wacana Iklan pada Infografik Jenis Layanan Masyarakat Tentang Pencegahan Virus Corona

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33153/citrawira.v6i1.6068

Keywords:

iklan, infografis, virus corona, struktur, wacana

Abstract

Penelitian mengenai analisis struktur wacana iklan pada infografik jenis layanan masyarakat tentang  pencegahan virus corona menarik untuk dianalisis dari struktur wacananya. Iklan merupakan sebuah informasi yang mengandung suatu barang atau produk ditawarkan. Produk yang ditawarkan tentunya menggunakan bahasa yang menarik. Bahasa iklan  dibuat oleh  pencipta iklan semenarik mungkin, sehingga mampu mengeskploitasi bahasa sebagai media komunikasi periklanan yang menarik dan persuasif. Masalah dalam penelitian ini adalah struktur wacana iklan pada infografik jenis layanan masyarakat tentang pencegahan virus corona. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah menemukan struktur wacana iklan pada infografik jenis layanan masyarakat tentang pencegahan virus corona. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah iklan pada infografik jenis layanan masyarakat tentang  pencegahan virus corona. Adapun hasil penelitian ini adalah struktur yang membangun wacana iklan pada infografik jenis layanan masyarakat tentang pencegahan virus corona

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, S. P. (2017). Persuasi Dalam Wacana Iklan. Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 12 (1), 38–45.

Brata, I. (2017). Analisis Iklan Rumah Spa dan Salon Kecantikan di Kecamatan Ubud. In RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa (Vol. 3, Issue 1). http://ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/jret

Dewi, A. P., Fauziyah Rohmah, S. H., & Putri, D. M. (2024). Struktur dan Fungsi Bahasa dalam Wacana Iklan Kecantikan Berbahasa Rusia di Media Sosial Youtube. Journal of Linguistic Phenomena, 2(2), 49. https://doi.org/10.24198/jlp.v2i2.51816

Eriyanto. (2001). Analisis Wacana. LKIS Yogyakarta.

Gracia Meidines. 2021. Analisis Keutuhan Wacana Iklan Gojek Versi J3K. Sripsi.

Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada

Laksani, H., & Pandanwangi, B. (2023). Analisis Semiotika pada Iklan dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Prodi Desain Komunikasi Visual. 6(2), 944–956. http://aksa.stsrdvisi.ac.id

Mey, J. (2001). Pragmatics: An Introduction. Blackwell Publishing.

Mulyana. (2005). Kajian Wacana Teori, Metode, dan Aplikasi Prinsip-Prinsip Analisis Wacana. Tiara Wacana.

Noviani, R. (2002). “Jalan Tengah Memahami Iklan” dalam Analisis Wacana:Iklan, Lagu, Puisi, Cerpen, Novel, Drama. Pakar Raya.

Rani, A., Arifin, B., & Martutik. (2006). Analisis Wacana Sebuah Kajian Bahasa dalam Pemakaian. Bayumedia Publishing.

Riani, R. (2015). Kajian Wacana Iklan Pada Pesan Singkat (Sms). Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 4 (1), 47.

Saptodewo, F. (2014). Desain Infografis sebagai Penyajian Data Menarik. Jurnal Desain, 1 (03), 193–198.

Suhandang, K. (2005). Periklanan: Manajemen Kiat & Strategi. Penerbit Nuansa.

Sumarlam. (2004). Analisis Wacana: Iklan, Lagu, Puisi, Cerpen, Novel, Drama. Pakar Raya.

Downloads

Published

2024-06-25

Issue

Section

Articles