Analisis Struktur Wacana Iklan pada Infografik Jenis Layanan Masyarakat Tentang Pencegahan Virus Corona
DOI:
https://doi.org/10.33153/citrawira.v6i1.6068Keywords:
iklan, infografis, virus corona, struktur, wacanaAbstract
Penelitian mengenai analisis struktur wacana iklan pada infografik jenis layanan masyarakat tentang pencegahan virus corona menarik untuk dianalisis dari struktur wacananya. Iklan merupakan sebuah informasi yang mengandung suatu barang atau produk ditawarkan. Produk yang ditawarkan tentunya menggunakan bahasa yang menarik. Bahasa iklan dibuat oleh pencipta iklan semenarik mungkin, sehingga mampu mengeskploitasi bahasa sebagai media komunikasi periklanan yang menarik dan persuasif. Masalah dalam penelitian ini adalah struktur wacana iklan pada infografik jenis layanan masyarakat tentang pencegahan virus corona. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah menemukan struktur wacana iklan pada infografik jenis layanan masyarakat tentang pencegahan virus corona. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah iklan pada infografik jenis layanan masyarakat tentang pencegahan virus corona. Adapun hasil penelitian ini adalah struktur yang membangun wacana iklan pada infografik jenis layanan masyarakat tentang pencegahan virus corona
Downloads
References
Astuti, S. P. (2017). Persuasi Dalam Wacana Iklan. Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 12 (1), 38–45.
Brata, I. (2017). Analisis Iklan Rumah Spa dan Salon Kecantikan di Kecamatan Ubud. In RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa (Vol. 3, Issue 1). http://ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/jret
Dewi, A. P., Fauziyah Rohmah, S. H., & Putri, D. M. (2024). Struktur dan Fungsi Bahasa dalam Wacana Iklan Kecantikan Berbahasa Rusia di Media Sosial Youtube. Journal of Linguistic Phenomena, 2(2), 49. https://doi.org/10.24198/jlp.v2i2.51816
Eriyanto. (2001). Analisis Wacana. LKIS Yogyakarta.
Gracia Meidines. 2021. Analisis Keutuhan Wacana Iklan Gojek Versi J3K. Sripsi.
Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada
Laksani, H., & Pandanwangi, B. (2023). Analisis Semiotika pada Iklan dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Prodi Desain Komunikasi Visual. 6(2), 944–956. http://aksa.stsrdvisi.ac.id
Mey, J. (2001). Pragmatics: An Introduction. Blackwell Publishing.
Mulyana. (2005). Kajian Wacana Teori, Metode, dan Aplikasi Prinsip-Prinsip Analisis Wacana. Tiara Wacana.
Noviani, R. (2002). “Jalan Tengah Memahami Iklan” dalam Analisis Wacana:Iklan, Lagu, Puisi, Cerpen, Novel, Drama. Pakar Raya.
Rani, A., Arifin, B., & Martutik. (2006). Analisis Wacana Sebuah Kajian Bahasa dalam Pemakaian. Bayumedia Publishing.
Riani, R. (2015). Kajian Wacana Iklan Pada Pesan Singkat (Sms). Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 4 (1), 47.
Saptodewo, F. (2014). Desain Infografis sebagai Penyajian Data Menarik. Jurnal Desain, 1 (03), 193–198.
Suhandang, K. (2005). Periklanan: Manajemen Kiat & Strategi. Penerbit Nuansa.
Sumarlam. (2004). Analisis Wacana: Iklan, Lagu, Puisi, Cerpen, Novel, Drama. Pakar Raya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ana Rosmiati, Hening Laksani, Isnawati Muslihah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with CITRAWIRA : Journal of Advertising and Visual Communication agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.