Perancangan Digital Illustrated Guide Book Sebagai Sumber Informasi Wisatawan Kota Solo
Keywords:
ilustrasi digital, buku panduan, kota soloAbstract
Kota Solo, atau Surakarta, adalah destinasi wisata yang kaya akan suasana tradisional dan warisan budaya, berperan sebagai gerbang pariwisata budaya di Jawa Tengah. Namun, melimpahnya informasi dapat membingungkan wisatawan dan menyebabkan potensi wisata menjadi kurang diminati karena penyampaian informasi dikemas dengan kurang maksimal. Elemen visual dan komunikasi sangat penting karena manusia lebih tertarik pada konten visual daripada teks. Studi ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan perjalanan bergambar untuk Kota Solo, membantu wisatawan memilih destinasi dengan mencakup sejarah, budaya, dan kegiatan di sana. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan data dikumpulkan melalui studi literatur, observasi lapangan, dan wawancara ahli. Hasil dari penelitian adalah buku digital ilustrasi yang berfungsi sebagai panduan perjalanan dan media edukasi yang menampilkan kekayaan budaya Kota Solo. Buku ini bertujuan untuk membantu wisatawan merencanakan pengalaman perjalanan yang optimal dan meningkatkan minat masyarakat untuk mengunjungi Kota Solo
Downloads
References
Atmadi, G., & Sepang, N. R. (2018). Media Komunikasi dan Kebutuhan Informasi Pariwisata Indonesia. In Journal of Tourism and Creativity (Vol. 2, Issue 2). http://www.beritasatu.com/destinasi/1
Krisnawati, E. (2015). Citra Pesona Kota Surakarta Dalam Upaya Mewujudkan Destinasi Wisata Terkait Obyek Wisata Yang Ada. Jurnal Teknik Sipil Dan Arsitektur.
Ningrum, S. D. P., & Wulandari, E. (2024). Perancangan Lift-the-Flap Illustration Book sebagai Media Pengenalan Minuman Rempah bagi Remaja Usia 13-15 Tahun. Prosiding Seminar Nasional Desain Sosial (SNDS), 5. https://ojs.uph.edu/index.php/SNDS/article/view/9388
Norman, D. A. (2013). The design of everyday things. Basic Books.
Noviadji, B. R., & Hendrawan, A. (2021). Perancangan Buku Ilustrasi sebagai Media Pengenalan Bidang Keilmuan Desain. Jurnal Desain, 8(2), 103. https://doi.org/10.30998/jd.v8i2.7930
Prehanto, D. R. (2020). Buku Ajar Konsep Sistem Informasi (I. K. D. Nuryana, Ed.). Scopindo Media Pustaka.
Qorib, F. (2020). Strategi Public Relations: Dalam Mengembangkan Pariwisata (Hamdan, Ed.). Forum Pemuda Aswaja.
Ruddamayanti. (2019). Pemanfaatan Buku Digital Dalam Meningkatkan Minat Baca.
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup, Ed.). Literasi Media Publishing.
Pravitasari, I. S. (2023). Tinjauan Ilustrasi Pada Desain Kemasan Teh Tjap Gardoe Ditinjau dari Elemen Visual. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia (JESKOVSIA), 6(2).
Symanski, R. A., Symanski, D. P., & Pulschen, D. M. (1995). Computers and Information Systems. Prentince Hall.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lintang Rizki, Esty Wulandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with CITRAWIRA : Journal of Advertising and Visual Communication agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.