Perancangan Logo KEMON sebagai Identitas Kampung Edukasi Empon Kelurahan Joglo Surakarta

Authors

  • William Setiawan Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Muhammad Fajar Faturohman Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Duffan Indrawan Munir Assegaf Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Ipung Kurniawan Yunianto Institut Seni Indonesia Surakarta https://orcid.org/0000-0002-8392-7519

DOI:

https://doi.org/10.33153/citrawira.v5i2.6605

Keywords:

logo, identitas visual, design thinking, empon, kelurahan joglo

Abstract

Penelitian ini berfokus pada perancangan logo sebagai identitas visual untuk Kampung Edukasi Empon (KEMON) di Kelurahan Joglo, Surakarta. KEMON bertujuan mempromosikan pengetahuan dan manfaat empon-empon, tanaman herbal yang digunakan dalam pengobatan tradisional, sekaligus mendukung pengembangan UMKM berbasis produk turunan empon di wilayah tersebut. Metode design thinking diterapkan melalui lima tahapan, yaitu empati, definisi, ideasi, prototipe, dan pengujian, guna menghasilkan logo yang sesuai dengan identitas dan nilai-nilai lokal. Identitas visual KEMON diujicobakan melalui unggahan di media sosial Instagram untuk mendapatkan respons dari audiens terkait desain logo, palet warna, tipografi, serta implementasi visual lainnya. Hasilnya menunjukkan bahwa logo KEMON berhasil merepresentasikan potensi Kelurahan Joglo sebagai pusat edukasi dan pengembangan produk empon yang unik dan bernilai ekonomi, serta mendapat respons positif dari audiens yang menilai logo tersebut mampu mencerminkan visi kampung edukasi empon

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brown, T. (2009). Change by Design: How Design Thinking Transforms Organizations and Inspires Innovation.

Dini, E. Z., Indriantara, C. B., Riksawan, R. P., & Gilang, M. A. (2024). Perancangan Logo Ecowastra Nusantara sebagai Identitas Kampung Batik Eco Print Makam Bergolo Serengan. CITRAWIRA: Journal of Advertising and Visual Communication, 5(1), 20-31. http://dx.doi.org/10.33153/citrawira.v5i1.5641

Irwansyah, A., Juardi, D., & Ardian, R. (2023). Application of the Design Thinking Method to UI and UX Design Models for Mobile-Based Financial Applications. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(10), 80-91. https://doi.org/10.5281/zenodo.7983315

Keller, K. L. (2003). Understanding brands, branding and brand equity. Interactive marketing, 5, 7-20.

Lewrick, M., Link, P., & Leifer, L. (2021). The Design Thinking Playbook. PT Elex Media Komputindo.

Kusuma, M. R. P., & Pertiwi, E. G. (2019). Perancangan Destination Branding Desa Wisata Ketenger Kabupaten Banyumas untuk Mendukung Program Digital Destination. DEMANDIA, 04(2), 116–134. https://doi.org/10.25124/demandia.v4i2.1897

Oscario, A. (2013). Pentingnya peran logo dalam membangun brand. Humaniora, 4(1), 191-202. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i1.3429

Putera, D. Y., & Swasty, W. (2017). Perancangan Identitas Visual dan Pengaplikasian pada Media Promosi Museum Sri Baduga. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 3(02), 196-203. https://doi.org/10.33633/andharupa.v3i02.1497

Rustan, Surianto. (2021). Logo 2021 Buku I. Jakarta : CV.Nulisbuku Jendela Dunia.

Sari, I. P., Kartina, A. H., Pratiwi, A. M., Oktariana, F., Nasrulloh, M. F., & Zain, S. A. (2020). Implementasi metode pendekatan design thinking dalam pembuatan aplikasi happy class di kampus UPI Cibiru. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(1), 45-55. https://doi.org/10.17509/edsence.v2i1.25131

Wheeler, A. (2012). Designing brand identity: an essential guide for the whole branding team. John Wiley & Sons.

Wibowo, M. R., & Setiaji, H. (2020). Perancangan Website Bisnis Thrifdoor Menggunakan Metode Pendekatan Design Thinking. Automata, 1(2)

Zulfikar, R., & Nugraha, A. A. (2023). DESIGN THINKING SEBAGAI METODE PERANCANGAN LOGO PERAYAAN ULANG TAHUN KOTA MAKASSAR 416 TAHUN. Jurnal Dimensi DKV: Seni Rupa dan Desain, 8(2), 239-253. https://doi.org/10.25105/jdd.v8i2.17638

Downloads

Published

2024-12-06

Issue

Section

Articles