Analisis Unsur Nilai Intraestetik pada Ilustrasi Liunic x H&M Kids Karya Martcellia Liunic

Authors

  • Fifie Silmi Zakiyah Institut Seni dan Budaya Indonesia Bandung
  • Jaeni Institut Seni dan Budaya Indonesia Bandung

DOI:

https://doi.org/10.33153/citrawira.v6i1.6862

Keywords:

analisis visual, fesyen, ilustrasi, intraestetik, martcellia liunic

Abstract

Dalam setiap elemen ilustrasi memiliki unsur-unsur dan prinsip dasar yang diorganisasikan untuk menciptakan sebuah visual yang memiliki nilai, sehingga dapat terbentuk sebuah identitas visual, tak terkecuali ilustrasi pada produk fesyen. Karena itu, penelitian ini membahas masalah terkait unsur nilai intraestetik ilustrasi pada produk fesyen, khususnya kolaborasi Liunic x H&M Kids. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Data primer yang digunakan untuk menunjang penelitian ini diperoleh dari observasi dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teori nilai intraestetik, melalui unsur elementer seni rupa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ilustrasi Liunic x H&M Kids karya Martcellia Liunic menciptakan karakteristik playful, ekspresif serta imajinatif yang diwujudkan melalui gaya gambar doodle dan desain cetak yang berani, elemen bernuansa natural, baik dalam bentuk objek figuratif maupun non-figuratif. Dunia fesyen menjadi lahan subur bagi tren ilustrasi, dimana ilustrasi memberikan identitas visual pada produk dan juga meningkatkan eksposur bagi penciptanya, serta membawa seni ke dalam kehidupan sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahari, N. (2017). Kritik Seni: Wacana, Apresiasi, dan Kreasi. Pustaka Pelajar.

Febriani, S. R. (2019). Strategi Public Relations dalam Membangun Personal Branding Seniman Visual (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Public Relations dalam Membangun Personal Branding Muklay Sebagai Seniman Visual). Komunikologi, 104–111.

Hasyim, M. (2016). Fashion Sebagai Komunikasi: Analisis Semiotis Atas Fashion Jokowi Pada Pemilihan Presiden 2014. International Conference on Multidisciplinary Research (ICMR 2016).

Hendriyana, H. (2019). Rupa Dasar Nirmana: Asas dan Prinsip Dasar Seni Visual. Penerbit Andi.

Ida, R. (2014). Metode Penelitian Studi Media dan Kajian Budaya. Prenada Media Group.

Jaeni. (2012). Komunikasi Estetik dalam Seni Pertunjukan Teater Rakyat Sandiwara Cirebon. Jurnal ISBI, 160–168.

Kartika, D. S. (2017). Seni Rupa Modern. Rekayasa Sains.

Kusriyanto, A. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Andi.

Laksani, H., & Pandanwangi, B. (2023). Analisis Semiotika pada Iklan dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Prodi Desain Komunikasi Visual. 6(2), 944–956. http://aksa.stsrdvisi.ac.id

Muhaemin, P. P. (2022). Semiotika dalam Metode Analisis Karya Seni Rupa. Sasak : Desain Komunikasi Visual Dan Komunikasi, 29–36.

Nurwahidah, M. A. (2023). Estetika Karya Seni Ilustrasi Doodle Art Kota Makassar. Harmoni, 154–174.

Putra, G. B. S. (2017). Kajian Konsep, Estetik dan Makna pada Ilustrasi Rangda Karya Monez. Prabangkara, 68–79.

Rahmawati, N. M. (2020). Fashion Sebagai Komunikasi: Analisa Semiotika Roland Barthes Pada Fashion Agus Harimurti Yudhoyono (AHY): dalam Pemilihan Gubernur Jakarta. Kredo, 36–47.

Rams, I. C. (2016). Bringing Life to Illustration and Illustrating the World in Movement through Visual Literacy. Vi International Conference on Illustration and Animation. IPCA, 505–509.

Rosmiati, R. U. (2024). Analisis Visual Representasi Identitas Budaya Lokal Pada Ilustrasi Karya Renata Owen. Citrawira, 47–75.

Salam, S. (2017). Seni Ilustrasi. Badan Penerbit UNM.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Yulianto. (2017). Estetika Seni Lukis Karya Koeboe Sarawan. Gelar, 168–181.

Yunus, P. P. (2020). Komunikasi Ekspresif Estetik Karya Seni. JCommsci, 70–77.

Zaini, I. W. (2021). Analisis Karakteristik Gambar Ilustrasi Dwiky K.A Pada Poster Konser Musik Periode 2015-2020. Jurnal Seni Rupa, 38–52.

Downloads

Published

2025-06-27

Issue

Section

Articles