Analisis Unsur Nilai Intraestetik pada Ilustrasi Liunic x H&M Kids Karya Martcellia Liunic
DOI:
https://doi.org/10.33153/citrawira.v6i1.6862Keywords:
analisis visual, fesyen, ilustrasi, intraestetik, martcellia liunicAbstract
Dalam setiap elemen ilustrasi memiliki unsur-unsur dan prinsip dasar yang diorganisasikan untuk menciptakan sebuah visual yang memiliki nilai, sehingga dapat terbentuk sebuah identitas visual, tak terkecuali ilustrasi pada produk fesyen. Karena itu, penelitian ini membahas masalah terkait unsur nilai intraestetik ilustrasi pada produk fesyen, khususnya kolaborasi Liunic x H&M Kids. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Data primer yang digunakan untuk menunjang penelitian ini diperoleh dari observasi dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teori nilai intraestetik, melalui unsur elementer seni rupa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ilustrasi Liunic x H&M Kids karya Martcellia Liunic menciptakan karakteristik playful, ekspresif serta imajinatif yang diwujudkan melalui gaya gambar doodle dan desain cetak yang berani, elemen bernuansa natural, baik dalam bentuk objek figuratif maupun non-figuratif. Dunia fesyen menjadi lahan subur bagi tren ilustrasi, dimana ilustrasi memberikan identitas visual pada produk dan juga meningkatkan eksposur bagi penciptanya, serta membawa seni ke dalam kehidupan sehari-hari.
Downloads
References
Bahari, N. (2017). Kritik Seni: Wacana, Apresiasi, dan Kreasi. Pustaka Pelajar.
Febriani, S. R. (2019). Strategi Public Relations dalam Membangun Personal Branding Seniman Visual (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Public Relations dalam Membangun Personal Branding Muklay Sebagai Seniman Visual). Komunikologi, 104–111.
Hasyim, M. (2016). Fashion Sebagai Komunikasi: Analisis Semiotis Atas Fashion Jokowi Pada Pemilihan Presiden 2014. International Conference on Multidisciplinary Research (ICMR 2016).
Hendriyana, H. (2019). Rupa Dasar Nirmana: Asas dan Prinsip Dasar Seni Visual. Penerbit Andi.
Ida, R. (2014). Metode Penelitian Studi Media dan Kajian Budaya. Prenada Media Group.
Jaeni. (2012). Komunikasi Estetik dalam Seni Pertunjukan Teater Rakyat Sandiwara Cirebon. Jurnal ISBI, 160–168.
Kartika, D. S. (2017). Seni Rupa Modern. Rekayasa Sains.
Kusriyanto, A. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Andi.
Laksani, H., & Pandanwangi, B. (2023). Analisis Semiotika pada Iklan dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Prodi Desain Komunikasi Visual. 6(2), 944–956. http://aksa.stsrdvisi.ac.id
Muhaemin, P. P. (2022). Semiotika dalam Metode Analisis Karya Seni Rupa. Sasak : Desain Komunikasi Visual Dan Komunikasi, 29–36.
Nurwahidah, M. A. (2023). Estetika Karya Seni Ilustrasi Doodle Art Kota Makassar. Harmoni, 154–174.
Putra, G. B. S. (2017). Kajian Konsep, Estetik dan Makna pada Ilustrasi Rangda Karya Monez. Prabangkara, 68–79.
Rahmawati, N. M. (2020). Fashion Sebagai Komunikasi: Analisa Semiotika Roland Barthes Pada Fashion Agus Harimurti Yudhoyono (AHY): dalam Pemilihan Gubernur Jakarta. Kredo, 36–47.
Rams, I. C. (2016). Bringing Life to Illustration and Illustrating the World in Movement through Visual Literacy. Vi International Conference on Illustration and Animation. IPCA, 505–509.
Rosmiati, R. U. (2024). Analisis Visual Representasi Identitas Budaya Lokal Pada Ilustrasi Karya Renata Owen. Citrawira, 47–75.
Salam, S. (2017). Seni Ilustrasi. Badan Penerbit UNM.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Yulianto. (2017). Estetika Seni Lukis Karya Koeboe Sarawan. Gelar, 168–181.
Yunus, P. P. (2020). Komunikasi Ekspresif Estetik Karya Seni. JCommsci, 70–77.
Zaini, I. W. (2021). Analisis Karakteristik Gambar Ilustrasi Dwiky K.A Pada Poster Konser Musik Periode 2015-2020. Jurnal Seni Rupa, 38–52.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fifie Silmi Zakiyah, Jaeni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with CITRAWIRA : Journal of Advertising and Visual Communication agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.