Peran Logo dalam Membangun Identitas Visual

Authors

  • Angga Kusuma Dawami Institut Seni Indonesia Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33153/citrawira.v6i1.7021

Keywords:

logo, identitas visual, merek, komunikasi visual

Abstract

Logo memainkan peran krusial dalam membentuk identitas visual sebuah perusahaan atau organisasi. Sebagai simbol yang merepresentasikan entitas, logo lebih dari sekadar gambar—ia adalah alat komunikasi visual yang membangun asosiasi kuat antara merek dan konsumen. Proses desain logo tidak hanya berfokus pada estetika, tetapi juga pemahaman yang mendalam tentang visi, misi, dan tujuan entitas yang diwakili. Artikel ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, dengan mengkaji literatur tentang fungsi logo, tipe-tipe logo, dan pengaruhnya terhadap persepsi konsumen. Logo yang dirancang dengan baik dapat memperkuat identitas visual korporat dan meningkatkan daya ingat konsumen terhadap merek. Desain logo yang efektif mampu menciptakan asosiasi emosional yang mendalam, memperkuat citra merek, dan memengaruhi keputusan pembelian, sehingga penting bagi perusahaan untuk memastikan logo mereka mencerminkan nilai-nilai inti dan relevansi dengan audiens yang ditargetkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd El-Hay, M. A. (2019). Sensation and Perception. In Understanding Psychology for Medicine and Nursing (pp. 223–232). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003000013-11

Boer, K. M. (2014). Re-Branding Starbucks: Penguatan Merk Logo tanpa Nama. An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam, 6(2), 120. https://doi.org/10.34001/AN.V6I2.227

Cato, M. (2010). Go Logo! A Handbook to the Art of Global Branding: 12 Keys to Creating Successful Global Brands (1st ed.). Rockport Publishers. https://www.goodreads.com/book/show/8053375-go-logo-a-handbook-to-the-art-of-global-branding

Evamy, M. (2012). Logotype. Laurence King Publishing Ltd. https://fliphtml5.com/ysvhh/ybon/basic

Hardy, G. (2011). Smashing Logo Design: The Art of Creating Visual Identities. John Wiley & Sons.

Kusuma Dawami, A. (2017). Logo sebagai Komunikasi Visual dari Identitas Organisasi Difabel Tuli. Magenta | Official Journal STMK Trisakti, 1(02), 133–141. https://doi.org/10.61344/MAGENTA.V1I02.14

Listya, A., & Dawami, A. K. (2018). Perancangan Logo Organisasi Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Difabel (FKMPD) Klaten. Jurnal Desain, 5(02), 61–73. https://doi.org/10.30998/JURNALDESAIN.V5I02.2195

Maulida, L., Joselin, R. F., & Rizkizha, D. F. (2024). Rebranding Agen Travel “Jajantiket” Melalui Perancangan Identitas Visual Untuk Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia, 8(01), 29–40. https://doi.org/10.32815/JESKOVSIA.V8I01.993

Siegert, G., Förster, K., Olmsted, S. C., & Ots, M. (2015). Handbook of Media Branding. Springer.

Hadiprawiro, Y. (2018). Desain Logo dan Maskot “Difabel Klaten” sebagai Brand Awareness Kampanye Sosial Peduli Masyarakat Disabilitas di Klaten, Jawa Tengah. Jurnal Desain, 5(02), 135–144. https://doi.org/10.30998/JURNALDESAIN.V5I02.2270

Teodorescu, C. (2015). A Way to Build a Logo by Using Signs and Symbols. Journal of Industrial Design and Engineering Graphics. Journal of Industrial Design and Engineering Graphics, 10(Special Issue ICEGD). https://www.researchgate.net/publication/350286366

Ware, C., & Cubberley, J. (2014). Information Visualization: Perception for Design (3rd ed.). Morgan Kaufmann. https://doi.org/https://doi.org/10.1145/2579281.257928

Wheeler, A. (2012). Designing Brand Identity- An Essential Guide for the Whole Branding Team (4th ed.). John Wiley & Sons. https://books.google.co.id/books?id=uSNHAAAAQBAJ&printsec=copyright&hl=id#v=onepage&q&f=false

Young, A. (2014). Brand Media Strategy- Integrated Communications Planning in the Digital Era (1st ed.). Palgrave Macmillan.

Downloads

Published

2025-06-27

Issue

Section

Articles