Analisis Visual Poster Iklan Disney Cruise Line Traveloka dalam Membangun Hasrat Audiens Menggunakan Ikon, Indeks, Simbol
DOI:
https://doi.org/10.33153/citrawira.v6i1.7086Keywords:
semiotika, peirce, iklan, psikoanalisis, lacanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana poster iklan Disney Cruise Line di Traveloka membangkitkan hasrat audiens untuk merasakan pengalaman berlayar bersama karakter Disney melalui penanda ikon, indeks, dan simbol. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan teori semiotika Peirce dan psikoanalisis Lacan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa poster iklan ini membangkitkan hasrat audiens, khususnya anak-anak Indonesia kelas menengah ke atas, untuk menikmati liburan mewah dan petualangan istimewa melalui elemen visual dan karakter ikonik Disney. Tokoh-tokoh ini membentuk imajinasi dan keinginan akan pengalaman berlayar yang eksklusif, menyenangkan, dan ramah keluarga
Downloads
References
Arum, P. L. & Pujiharto, P. (2020). Hasrat Pengarang dalam Novel Gentayangan Karya Intan Paramaditha: Kajian Psikoanalisis Jacques Lacan. Jurnal Ilmu Sastra Poetika.
Bradley, Erin. (2023). A Marketing Analysis on Disney Cruise Line. eGrove: University of Mississippi.
Claudia Sarita, M., & Hardika Putri, F. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Jasa Pada Perusahaan Traveloka. Jurnal Manajemen, Ekonomi, Hukum, Kewirausahaan, Kesehatan, Pendidikan dan Informatika (MANEKIN).
Fachrezi, I. A. (2022). Pengaruh Terpaan Iklan dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Memesan Penginapan Dengan Aplikasi Traveloka di Kota Semarang. Unissula Institutional Repository.
Fadlurrahman A, et al. (2024). Implikasi Integrafi dan Merger Pada Dominasi Pasar Meta Platform dan Walt Disney. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Manajemen.
Hakim, A. R. (2024). Formasi Ego dan Field of Desire dalam Cerpen Sentimentalisme Calon Mayat Karya Sony Karsono: Tinjauan Psikoanalisis Lacan. E-Journal Undip.
Manik, R. A. (2016). Hasrat Nano Riantiarno dalam Cermin Cinta: Kajian Psikoanalisis Lacanian. Jurnal Poetika.
Mulyadi, I. A. (2022). Analisis Semiotika “C.S Peirce” dalam Iklan Televisi. Jurnal Ilmu Komunikasi Balayudha.
Nugroho, R. F. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pesan dan Daya Tarik Iklan Terhadap Efektivitas Iklan Traveloka "#Xperiencemore with Traveloka" di Media Sosial YouTube. E-proceeding of Management.
Prabhawita, G. B. (2019). Triad Psikoanalisis Lacan Pada Tokoh Seth Dalam Film “City Of Angels”. Jurnal Seni Rupa dan Desain Prabangkara.
Santosa, S., & Maulana, R. (2020). Pengaruh Iklan di Traveloka Terhadap Keputusan Menginap Pada Hotel Gumilang Regency. Jurnal Bisnis dan Pemasaran.
Sukanti, N. K. (2019). Makna dan Arti Iklan Rokok. STIE Bali International Institute of Tourism Management.
Tasya, N., & Nugraha, D. K. N. (2023). Manajemen Pemasaran Produk Wisata Kapal Pesiar PT. AVS Indonesia. Journal of Indonesian Tourism and Policy Studies.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Chairunnisa, Guruh Ramdani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with CITRAWIRA : Journal of Advertising and Visual Communication agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.