Analisis Visual Poster Iklan Disney Cruise Line Traveloka dalam Membangun Hasrat Audiens Menggunakan Ikon, Indeks, Simbol

Authors

  • Chairunnisa Sekolah Vokasi IPB Univeristy
  • Guruh Ramdani Sekolah Vokasi IPB Univeristy

DOI:

https://doi.org/10.33153/citrawira.v6i1.7086

Keywords:

semiotika, peirce, iklan, psikoanalisis, lacan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana poster iklan Disney Cruise Line di Traveloka membangkitkan hasrat audiens untuk merasakan pengalaman berlayar bersama karakter Disney melalui penanda ikon, indeks, dan simbol. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan teori semiotika Peirce dan psikoanalisis Lacan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa poster iklan ini membangkitkan hasrat audiens, khususnya anak-anak Indonesia kelas menengah ke atas, untuk menikmati liburan mewah dan petualangan istimewa melalui elemen visual dan karakter ikonik Disney. Tokoh-tokoh ini membentuk imajinasi dan keinginan akan pengalaman berlayar yang eksklusif, menyenangkan, dan ramah keluarga

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arum, P. L. & Pujiharto, P. (2020). Hasrat Pengarang dalam Novel Gentayangan Karya Intan Paramaditha: Kajian Psikoanalisis Jacques Lacan. Jurnal Ilmu Sastra Poetika.

Bradley, Erin. (2023). A Marketing Analysis on Disney Cruise Line. eGrove: University of Mississippi.

Claudia Sarita, M., & Hardika Putri, F. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Jasa Pada Perusahaan Traveloka. Jurnal Manajemen, Ekonomi, Hukum, Kewirausahaan, Kesehatan, Pendidikan dan Informatika (MANEKIN).

Fachrezi, I. A. (2022). Pengaruh Terpaan Iklan dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Memesan Penginapan Dengan Aplikasi Traveloka di Kota Semarang. Unissula Institutional Repository.

Fadlurrahman A, et al. (2024). Implikasi Integrafi dan Merger Pada Dominasi Pasar Meta Platform dan Walt Disney. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Manajemen.

Hakim, A. R. (2024). Formasi Ego dan Field of Desire dalam Cerpen Sentimentalisme Calon Mayat Karya Sony Karsono: Tinjauan Psikoanalisis Lacan. E-Journal Undip.

Manik, R. A. (2016). Hasrat Nano Riantiarno dalam Cermin Cinta: Kajian Psikoanalisis Lacanian. Jurnal Poetika.

Mulyadi, I. A. (2022). Analisis Semiotika “C.S Peirce” dalam Iklan Televisi. Jurnal Ilmu Komunikasi Balayudha.

Nugroho, R. F. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pesan dan Daya Tarik Iklan Terhadap Efektivitas Iklan Traveloka "#Xperiencemore with Traveloka" di Media Sosial YouTube. E-proceeding of Management.

Prabhawita, G. B. (2019). Triad Psikoanalisis Lacan Pada Tokoh Seth Dalam Film “City Of Angels”. Jurnal Seni Rupa dan Desain Prabangkara.

Santosa, S., & Maulana, R. (2020). Pengaruh Iklan di Traveloka Terhadap Keputusan Menginap Pada Hotel Gumilang Regency. Jurnal Bisnis dan Pemasaran.

Sukanti, N. K. (2019). Makna dan Arti Iklan Rokok. STIE Bali International Institute of Tourism Management.

Tasya, N., & Nugraha, D. K. N. (2023). Manajemen Pemasaran Produk Wisata Kapal Pesiar PT. AVS Indonesia. Journal of Indonesian Tourism and Policy Studies.

Downloads

Published

2025-06-26

Issue

Section

Articles