Perancangan Desain Graphic Print Kartu Ceki dalam Upaya Revitalisasi Budaya Cina Benteng
DOI:
https://doi.org/10.33153/citrawira.v6i1.7144Keywords:
kartu ceki, cina benteng, budaya, graphic print, fesyenAbstract
Keberagaman budaya Indonesia merupakan identitas yang perlu dijaga melalui pelestarian unsur-unsur budaya dari setiap etnis suku bangsa, salah satunya adalah Cina Benteng. Kartu ceki sebagai bagian dari budaya Cina Benteng mengalami penurunan eksistensi karena dikaitkan dengan aktivitas perjudian. Penelitian ini bertujuan untuk merevitalisasi budaya kartu ceki melalui desain graphic print pada media fesyen dengan memanfaatkan elemen pada kartu ceki. Pendekatan ini diambil agar nilai-nilai filosofis, estetis, dan historis dalam kartu ceki tetap dapat dikenalkan kembali secara kontekstual kepada generasi muda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tahapan pengumpulan data melalui wawancara, studi literatur, dan observasi. Hasil penelitian ini berupa eksplorasi elemen visual kartu ceki menjadi motif desain yang diaplikasikan pada media fesyen. Pendekatan ini tidak hanya menjadi upaya revitalisasi, tetapi juga bentuk ekspresi visual kontemporer yang menghubungkan generasi muda dengan warisan budaya leluhur mereka.
Downloads
References
Alifa, E. K., & Bernando, A. (2021). Eksplorasi Stilasi Ornamen pada Monumen Jayandaru sebagai Motif Khas Sidoarjo. Jurnal Narada, 8. https://doi.org/10.2241/narada.2021.v8.i3.004
Amelia, P., Sekarasri, A. L., & Jonathan, R. (2024). Perancangan Desain Graphic Print Legenda Shio dalam Bentuk Pakaian untuk Representasi Indentitas Warga Keturunan Tionghoa-Indonesia. Jurnal Visual, 19(Vol. 19 No.2 (2024)), 10–19. https://doi.org/10.24912/vis.v19i2.28028
Anugerah, A. D., Elserisa, L., Ridlo, H. R., & Rizal, R. (2022). Desain Branding Keris Pariwisata Sumenep. 17(2).
Aprasing, A., & Novitasari, I. (2022). Revitalisasi Budaya Sirik Butta dalam Pembinaan Perilaku Birokrasi Pemerintahan di Sulawesi. Jurnal Hukum Unsulbar, 5(Vol 5 No 2 (2022)), 1–10. https://doi.org/10.31605/j-law.v5i2.1847
Azzahra, L., Ardiansyah, R., Kurniasih, L., Nafiza, B., Habibah, A., & Yusnald, E. (2024). Toleransi Keanekaragaman Suku dan Budaya Bangsa. JIPMuktj:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 5(Vol. 5 No. 1 (2024): Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati), 98–103. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v5i1.202
Bierut, M., Helfand, J., Heller, S., & Poynor, R. (1999). Looking Closer 3: Classic Writings on Graphic Design. Allworth Press.
Cahya, J. D. (2018). Permainan Kartu Ceki (钱卡; Qián kă) dalam Budaya Masyarakat Cina Benteng Tangerang: Sarana Hiburan dan Interaksi Sosial [Skripsi]. Universitas Indonesia.
Halim, I. S., Sujatmiko, G., & Surjani, R. M. (2023). Aplikasi Warna dan Angka Bermakna Baik dalam Budaya Tionghoa untuk Desain Packaging Hampers Tingjing. Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri dan Arsitektur, 11(Vol. 11 No. 2 (2023): Vol. 11, No.2, Oktober 2023), 11–20. https://doi.org/10.46964/jkdpia.v11i2.359
Komunitas Lintas Budaya Indonesia. (2009). Peranakan Tionghoa Indonesia : Sebuah Perjalanan Budaya (1st ed.). Intisari Mediatama dan Komunitas Lintas Budaya Indonesia.
Perry, J. F. (2015). Dekonstruksi Dalam Fashion.
Putri, N. M. L. K. P. (2022, August 14). Turnamen Ceki di Denpasar, Hapus Kesan Judi Jadi Ajang Rekreasi. detik.com. https://www.detik.com/bali/budaya/d-6234530/turnamen-ceki-di-denpasar-hapus-kesan-judi-jadi-ajang-rekreasi
Qorib, F., Oktarina, R. A., & Ermelinda, J. (2023). Penggunaan Busana Sebagai Bentuk Ekspresi dan Identitas Mahasiswa di Media Sosial. Jurnal Komunikasi Nusantara, 5(Vol 5 No 2 (2023)), 236–251. https://doi.org/10.33366/jkn.v5i2.386
Rachelle. (2025). Surface Pattern Design Starter Guide. https://patternanddesign.com/7-most-common-surface-pattern-repeats/
Rahman, A. M., & Ramadhan, M. S. (2023). Aplikasi Pengembangan Motif Songket Bungo Pacik Menggunakan Teknik Block Printing Pada Produk Fashion. e-Proceeding of Art & Design, 10(Vol. 10 No. 3 (2023): Juni 2023), 3576–3598.
Rosyidah, M., & Fijra, R. (2021). Metode Penelitian. Deepublish.
Said, I. (2019). Hubungan Etnis Cina dengan Pribumi: (Sebuah Tinjauan Sosiologis). Jurnal Mimbar Kesejahteraan Sosial, 2(Vo. 2 No. 1 (2019)), 1–10.
Salsabila, D. S., Rosandini, M., & Takao, G. S. (2023). Pengembangan Motif dengan Sistem Ruang Waktu Datar melalui Penggayaan Ilustrasi Flat Design dengan Inspirasi Wayang Kamasan. Besaung: Jurnal Seni Desain dan Budaya, 8.
Sujana, A. M., Wardah, E. S., & Alfiah, A. (2020). Etnis Tionghoa: Pluralisme dan Regulasi Birokrasi di Indonesia. Alur Sejarah: Jurnal Pendidikan Sejarah, 4, 181–193.
Vitry, H. S., & Syamsir, S. (2024). Analisis Peranan Pemuda dalam Melestarikan Budaya Lokal di Era Globalisasi. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 3(Vol. 3 No. 8 (2024): Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial). https://doi.org/10.6578/triwikrama.v3i8.3225
Witanto, E. P. (2024). Remah Berserak - Jejak Tionghoa dalam Kehidupannya di Nusantara. Penerbit Buku Kompas.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yulianni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with CITRAWIRA : Journal of Advertising and Visual Communication agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.