PAKELIRAN RINGKAS DENGAN KONSEP PAKELIRAN PADAT SUATU ALTERNATIF PERTUNJUKAN WAYANG SEKARANG DAN MASA DEPAN

Authors

  • S., Sarwanto Staf Pengajar Jurusan Pedalangan Fak. Seni Pertunjukan ISI Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33153/lakon.v12i1.2160

Abstract

The study is supposed to discuss about pakeliran ringkas and the concept of pakeliran padat asone alternative for the present as well as future forms of wayang performance. The discussionwill be started from the concept of pakeliran padat and its elements of garap that widely influencethe development of wayang performance previously. Pakeliran ringkas with the concept of pakeliranpadat represents a pakeliran that oriented to the duration of three until four hours by eliminatingsome scenes that are supposed unimportant and uses the concept of garap elements ofpakeliran padat namely harmonizing the media and the content equally. Pakeliran ringkas with theconcept of pakeliran padat avoid something that makes the content superficial. Pakeliran ringkaswith the concept of pakeliran padat as an offered alternative is interestingly packed by considering the essence of guidance as well as entertainment for the society.Keywords: alternative, Pakeliran Ringkas, concept of Pakeliran Padat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kuwato. 2001. “Pertunjukan Wayang Kulit di

Jawa Tengah Suatu Alternatif

Pembaharuan: Sebuah Studi Kasusâ€,

Tesis S-2 Program Studi

Pengkajian Seni Pertunjukan, Jurusan

Ilmu-ilmu Humaniora, Pascasarjana

UGM Yogyakarta.

Murtiyoso, Bambang. 1988. “Mengenal Karya

Baru Wayang Layar Lebar Sandosaâ€,

dalam Gatra No. XVIII. Jakarta:

Senawangi.

Murtiyoso, Bambang. Waridi, Suyanto, Kuwato,

dan Harijadi Tri Putranto. 1998.

“Pertumbuhan dan Perkembangan

Seni Pertunjuikan Wayangâ€, Laporan

penelitian kelompok kerja sama STSI

Surakarta dengan Senawangi.

Read, Herbert. 1990. Pengertian Seni.

Terjemahan Soedarsono Sp.

Yogyakarta: Suku Dayar Sana.

Rustopo. (Ed.). 1991. Gendhon Humardani

Pemikiran dan Kritiknya. Surakarta:

STSI Press.

Sarwanto. 2003. “Pertunjukan Wayang Kulit

Bentuk Padat di Tetevisi (Sebuah

Alternatif)â€, dalam Junal Pendidikan

dan Kebudayaan, No. 045 Tahun Ke-

, Nopember 2003.

Sudarko. 1994. “Pakeliran Padat Pertumbuhan

dan Perkembangananya†Tesis S-2

Program Studi Pengkajian Seni

Pertunjukan Program Pascasarjana

UGM Yogyakarta

________. 2003. Pakeliran Padat Pembentukan

dan Penyebaran. Surakarta : Citra

Etnika.

Sudarsono. 2011. Laporan Pergelaran Wayang

Kulit Purwa Ringkas Lakon Rama

Bargawa Sajian Ki Sigit Arianto, Laporan

Kegiatan Kerjasama antara ISI

Surakarta dan Yayasan Kertagama

Jakarta.

Sumanto. “Karya-karya pedalangan, Kemana

Pergimu?â€, Makalah Seminar

Pedalangan Nusantara disajikan pada

tanggal 30 Nopember 2007).

Sunardi. 2004. “Pakeliran Sandosa dalam

Perspektif Pembaharuan Pertunjukan

Wayangâ€, Tesis S-2 Program Studi

Pengkajian Seni Minat Pewayangan

Nusantara, Program Pascasarjana

STSI Surakarta.

________. 2007. “Wayang Sandosa: Sejarah,

Unsur Estetik, dan Inovasinyaâ€, Paper,

Surakarta.

Suwarno, Bambang. 2007. “Perkembangan

Garap Pakeliranâ€, Makalah Seminar

Pedalangan Nusantara disajikan pada

tanggal 30 Nopember 2007).

Downloads

Published

2018-09-27

Issue

Section

Articles