STUDI AKSESIBILITAS PADA FASILITAS PENDIDIKAN SISWA TUNADAKSA DI SDLB-D NEGERI BENDO BLITAR

Authors

  • Whisang Geni Program Studi S-1 Desain Interior Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta
  • Sri Hesti Heriwati Jurusan Desain Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33153/pendhapa.v9i1.2410

Abstract

ABSTRAK

Artikel berisi tentang kajian Studi Kasus Tentang Desain Penerapan Aksebilitas dan Fasilitas Pendidikan Siswa Tunadaksa di SDLB-D Negeri Bendo Kota Blitar. Tugas Akhir: Jurusan Desain Interior. Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Surakarta. Peneliti yang digunakan metodologi penelitian kualitatif, data yang dikumpulkanmemiliki arti lebih daripada hanya sekedar angka atau ergonomi. Penelitian kualitatifmenekankan pada analisis induktif, teori yang dikembangkan di mulai di lapangan studidari data yang terpisah-pisah yang saling berkaitan. Data atau informasi yangdikumpulkan dan dikaji dari beragam sumber data. Pada prosespengumpulan data selaludiikuti reduksi data dan sajian data. Hasil penelitian yang berupa catatan lapangan yang terdiri daribagian diskripsi dan refleksinya adalah data yang telah digali dan dicatat

Kata kunci : Aksesibilitas, Ergonomi, Interior

ABSTRACT

 The article contains a review of Case Study About Application Accessibility Design and Education Facilities Student-D SDLB Quadriplegic in Blitar City State Bendo. Final: Interior Design Department. Faculty of Art and Design Art Institute of Indonesia Surakarta. Researchers used qualitative research methodology, data collected means more than just numbers or ergonomics. Qualitative research emphasizes the inductive analysis, the theory developed at the start in the field of study of the data separate interrelated. Data or information collected and studied from a variety of data sources. In the data collection process is always followed by data reduction and data presentation. The results of research in the form of field notes which consists of the description and reflection is data that has been excavated and recorded

 

Keywords: Accessibility, Ergonomics, Interior

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arianto Sam. Pemngertian Prestasi Belajar. Http://solobaru.blogspot.com/2008/06/pengertian-prestasi-belajar.html. diakses pada 19 September 2016

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitiaan Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rineka Cipta. 2006

Ferry Firdaus dan Fajar Iswahyudi. “ Aksesibilitas Dalam Pelayanan Publik Untuk Masyarakat Dengan Kebutuhan Khususâ€, Laporan penelitian Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan aparatur III Lembaga Administrasi Negara (PKP2A III LAN), Bogor, 2008.

Dr. Meirinawati, M.AP, “Strategi Dinas Pendidikan Pemerintah Kota Blitar Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Kota Blitarâ€, Laporan Penelitian, FISH, UNESA,2016

Handoko.â€Aksesibilitas Publik Bagi Penyandang Cacat di Indonesiaâ€. Skripsi untuk mencapai derajat Sarjana S-1 pada Universitas Pelita Harapan, Tangerang, 2013

H.B.Sutopo.Metode Penelitian Kualitatif, Surakarta,UNS Press,2006

Jonathan Sarwono ,Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Yogyakarta. Graha Ilmu . 2006

Julius Panero, Martin zelnik. Human Dimension & Interior Space . New York, Billboard Publication. Inc. 1979

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 30/PRT/M/2006, tentang Pedoman Teknis Fasilitas dan Aksesibilitas pada Bangunan Gedung. dan Lingkungan.

Pusat Bahasa Depdiknas, 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Ketiga). Jakarta, Balai Pustaka.

Sanapiah Faisol, Format-Format Pendidikan, Jakarta. Rajawali Press, 1995

Suminto, Metode Penelitian Sosial dan Pendidikan, Jogjakarta. Andi Offset. 1995

Undang - Undang nomor 19 tahun 2011

Wignjosoebroto, Sritomo. Ergonomi Studi Gerak dan Waktu. Jakarta. Guna Widya. 2003

Sumber Internet :

www.aliekspres.com/library-furniture-for-schools-price.html. Diakses pada 9 desember 2016

www.-blitarkota.go.id, diakses pada 19 September 2016

www.repository.usu.ac.id, diakses pada 12 September 2016.

Downloads

Published

2019-03-27

Issue

Section

Articles