GAYA POP ART SEBAGAI IDE DASAR PERANCANGAN ULANG CORPORATE IDENTITY DAN PROMOSI BARBERSON HAIRCUT
DOI:
https://doi.org/10.33153/pendhapa.v10i1.2934Abstract
Barberson Haircut merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa cukur rambut, berlokasi di Ceper, Klaten. Barberson Haircut belum memiliki corporate identity yang konsisten, sulit dikenali dan kurang menarik. Melalui pendekatan riset kualitatif dan swot analisis untuk mengetahui kekuatan yang diperlukan dalam perancangan identitas visual yang baru dengan tahapan perancangan identitas yang tepat. Perancangan ulang corporate identity dengan gaya pop art sebagai strategi kreatif visual agar konsumen lebih mengenal Barberson Haircut. Berdasarkan tahapan perancangan dan strategi kreatif perikalanan, hasil dari perancangan ini berupa logo, stationery set, merchandising, dan media promosi. Manfaat perancangan ini yaitu memberikan identitas baru untuk membedakan Barberson Haircut dengan barbershop lain, dan mengenalkan Barberson Haircut kepada audiens.Kata Kunci : corporate identity, barbershop, pop art, promosiDownloads
References
A. Shimp, Terence. 2000. Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Erlangga
Handriyotopo, 2018. Kapita Selekta Media Budaya Komunikasi Visual. Surakarta: ISI Press
Jefkins, Frank. 1997. Periklanan. Jakarta : Erlangga
M. Linggar Anggoro. 2001. Teori dan Profesi Kehumasan serta Aplikasinya di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara
Rustan, Surianto. 2009. Mendesain Logo. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
Sachari, Agus dan Yan Yan Sunarya. 2002. Sejarah dan Perkembangan Desain & Dunia Kesenirupaan di Indonesia. Bandung : Penerbit ITB
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung : Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Pendhapa agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.