PROBLEM BASED INSTRUCTION SEBAGAI MODEL PEMBELAJARN MATAKULIAH SEMINAR
DOI:
https://doi.org/10.33153/pendhapa.v10i1.2939Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah model riset yang dikembangkan oleh pengajar untuk mengetahui hasil, problematika serta solusi untuk mengatasi pembelajaran di kelas. PTK dapat menjadi alat untuk mengevaluasi hasil dari sebuah pembelajaran yang dalam kurun waktu tertentu. Peneliti tertarik untuk melakukan PTK di mahasiswa Jurusan Desain Komunikasi Visual pada matakuliah Seminar. Model yang akan dikembangkan adalah model based instruction di mana mahasiswa akan diajari menyelesaikan persoalan dalam menyusun tugas akhir dengan menggunakan metode ilmiah. Masalah dalam Bagaimana model penerapan pembelajaran model problem based learning melalui matakuliah seminar pada mahasiswa Progdi Desain Komunikasi Visual di ISI Surakarta dan apakah penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan matakuliah seminar. Adapun tujuan penelitian adalah adalah menemukan model penerapan pembelajaran problem based learning melalui matakuliah Seminar pada mahasiswa Progdi Desain Komuniasi Visual di ISI Surakarta dan mengevaluasi penerapan pembelajaran problem based learning melalui matakuliah seminar dapat meningkatkan kemampuan menyusun tugas akhir baik skripsi atau karya pada mahasiswa Progdi Desain Komunikasi Visual di ISI Surakarta.Penelitian ini menggunkan jenis penelitian kualitatif Penelitian dilakukan di Ruang kuliah Gedung 3 Kampus II Mojosongo.Keyword : PTK, problem based intruction, model, siklus.Downloads
References
Bettencourt, A. 1989. What is Constructivism and Why are They all. Talking about it?. Michigan State University.
Bloom, B. 1980. The New Direction in Educational Research :Alternate Variables. Phi Delta Kappan, 61,382-385.
Kemis, S. And McTaggert, R. 1998. The Action Research Planner.Deakin University
Nurhayati, Eti. 2011. Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Paulina Pannen, dkk. 2005. Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Jakarta: Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Direktorat Jendrak Pendidikan Tinggi.
Raka J.T, Kardiawarman, dam Trisno, H (1998). Konsep Dasar Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jakarta : Proyek Pengembangan Guru Sekolah Menengah Depdikbud.
Soedarsono FX. 2005. Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Direktorat Jendrak Pendidikan Tinggi.
Suciati dan Prasetya Irawan. 2005. Teori Belajar Dan Motivasi. Pusat Antar Universitas Untuk Peningkatan Dan Pengembangan Aktivitas Instruksional.
Wlodkowaki, R.1985. Enhancing Adult Motivation to Learn. San Francisco:Jossey-Bass Publisher.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Pendhapa agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.