PROBLEM BASED INSTRUCTION SEBAGAI MODEL PEMBELAJARN MATAKULIAH SEMINAR

Authors

  • Ana Rosmiati Rosmiati ISI Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33153/pendhapa.v10i1.2939

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah model riset yang dikembangkan oleh pengajar untuk mengetahui hasil, problematika serta solusi untuk mengatasi pembelajaran di kelas. PTK dapat menjadi alat untuk mengevaluasi hasil dari sebuah pembelajaran yang dalam kurun waktu tertentu. Peneliti tertarik untuk melakukan PTK di mahasiswa Jurusan Desain Komunikasi Visual pada matakuliah Seminar. Model yang akan dikembangkan adalah model based instruction di mana mahasiswa akan diajari menyelesaikan persoalan dalam menyusun tugas akhir dengan menggunakan metode ilmiah. Masalah dalam Bagaimana model  penerapan pembelajaran  model problem based learning  melalui matakuliah seminar pada mahasiswa Progdi Desain Komunikasi Visual  di ISI Surakarta  dan apakah penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan matakuliah seminar. Adapun tujuan penelitian adalah adalah menemukan model penerapan pembelajaran problem based learning melalui matakuliah Seminar pada mahasiswa Progdi Desain Komuniasi Visual di ISI Surakarta dan mengevaluasi penerapan pembelajaran problem based learning  melalui matakuliah seminar dapat meningkatkan kemampuan menyusun tugas akhir baik skripsi atau karya pada mahasiswa Progdi Desain Komunikasi Visual di ISI Surakarta.Penelitian ini menggunkan jenis penelitian kualitatif Penelitian dilakukan di Ruang kuliah Gedung 3  Kampus II Mojosongo.Keyword : PTK, problem based intruction, model, siklus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bettencourt, A. 1989. What is Constructivism and Why are They all. Talking about it?. Michigan State University.

Bloom, B. 1980. The New Direction in Educational Research :Alternate Variables. Phi Delta Kappan, 61,382-385.

Kemis, S. And McTaggert, R. 1998. The Action Research Planner.Deakin University

Nurhayati, Eti. 2011. Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Paulina Pannen, dkk. 2005. Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Jakarta: Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Direktorat Jendrak Pendidikan Tinggi.

Raka J.T, Kardiawarman, dam Trisno, H (1998). Konsep Dasar Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jakarta : Proyek Pengembangan Guru Sekolah Menengah Depdikbud.

Soedarsono FX. 2005. Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Direktorat Jendrak Pendidikan Tinggi.

Suciati dan Prasetya Irawan. 2005. Teori Belajar Dan Motivasi. Pusat Antar Universitas Untuk Peningkatan Dan Pengembangan Aktivitas Instruksional.

Wlodkowaki, R.1985. Enhancing Adult Motivation to Learn. San Francisco:Jossey-Bass Publisher.

Downloads

Published

2020-03-10

Issue

Section

Articles