STRATEGI PERANCANGAN VISUAL BRANDING SEBAGAI MEDIA PROMOSI PASAR BEKONANG
Main Article Content
Abstract
Pasar Bekonang adalah pasar tradisional yang berlokasi di Desa Bekonang, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo. Pasar Bekonang menjadi pusat roda perekenomian di Desa Bekonang yang mempertemukan antara penjual dengan pembeli. Saat ini Pasar Bekonang belum mempunyai identitas visual yang menjadi ciri khas dari Pasar Bekonang itu sendiri. Proses perancangan visual branding ini bertujuan untuk memberikan identitas visual dan dapat menjadi pembeda dengan kompetitor yang lain. Proses perancangan visual branding ini juga bertujuan sebagai media promosi melalui media sosial Instagram. Manfaat yang didapat dari proses Perancangan Visual Branding adalah memberikan identitas visual pada Pasar Bekonang. Branding dapat memberikan arahan sederhana, sebagai barometer keistimewaan terhadap pasar yang lain, serta berguna menumbuhkan kesan yang baik terhadap khalayak luas guna menentukan minat terhadap Pasar Bekonang. Hasil analisis ini diharapkan mampu menyampaikan pemahaman yang lebih melekat tentang faktor orientasi pasar, faktor inovasi dan faktor kewirausahaan dalam pengaruhnya terhadap keunggulan dalam pengaruhnya terhadap keunggulan dalam meningkatkan kinerja pemasaran dalam kegiatan jual beli di pasar. Metode pengumpulan data pada perancangan ini menggunakan observasi dengan mengamati langsung ke lapangan, wawancara dengan Lurah Pasar Bekonang dan juga para pedagang maupun pembeli, kuesioner melalui Google Form, dan studi pustaka. Sedangkan metode perancangan visual branding menggunakan metode Design Thinking yang terdiri dari define, riset, interpretasi, ideasi, protoype, dan evaluasi. Sedangkan pada media promosi menggunakan AISAS yang terdiri dari attention, interest, search, action, dan share. Hasil perancangan pada Pasar Bekonang ini adalah identitas visual berupa logo, tagline, media promosi Instagram, dan beberapa media pendukung seperti desain stationery, desain media luar ruangan, dan desain merchandise.
Downloads
Article Details
Authors who publish with Sanggitarupa agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.