Analisis Pengaruh Foto Perjalanan @Puanindya dalam Pengambilan Keputusan Pengikut Akun

Authors

  • Intan Khasanah Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta
  • Agus Heru Setiawan Institut Seni Indonesia Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33153/sanggitarupa.v3i1.4903

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh foto perjalanan @Puanindya dalam pengambilan keputusan berwisata pemgikut akun dengan menyadarkan pada pendekatan teori Encoding-Decoding Stuart Hall. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan model analisis interaktif dengan objek penelitian foto perjalanan akun Putri Anindya. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui wawancara terstruktur dan tertutup, studi pustaka, dan studi dokumentasi. Dari penelitian tersebut diperoleh hasil bahwa motivasi menjadi dasar pemicu terjadinya perjalanan wisata. Setelah motivasi tersebut terbentuk, para pengikut akun, khususnya narasumber penelitian, menindaklanjuti dengan mengikuti akun tersebut dan mengonsumsi foto-foto Putri, baik dari pemilihan tempat yang dikunjungi, komposisi foto, momen yang tepat, cerita yang disajikan dalam caption, hingga pemilihan tone warna, dimana didominasi oleh warna dingin merupakan perpaduan yang lengkap untuk memberikan motivasi kepada pengikut akun. Dampak dari foto ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan nantinya dalam membuat konten untuk mempromosikan objek wisata.Kata kunci: Analisis Resepsi, Encoding-Decoding, Foto Perjalanan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Reference

Djafarova, E., & Andersen, H. C. (2008). The

contribution of figurative devices to

representation of tourism images.

Journal of Vacation Marketing, 14(4),

–303.

https://doi.org/10.1177/1356766708094

Enterprise, J. (2014). Instagram untuk

Fotografi Digital dan Bisnis Kreatif. Elex

Media Komputindo.

https://books.google.co.id/books?id=-

xVQDwAAQBAJ

Gmelch, Sharon Bohn. 2004. Tourist and

Tourism: A Reader. USA: Waveland Press Inc.

Huberman, Michael dan Matthew B.

Miles. Analisis data kualitatif diindonesiakan oleh Tjejep Rohidi.

Jakarta: UI Press, 1992.

la Grange, Ashley. (2005). Basic Critical

Theory for Photographers. Britania

Raya: Elsevier.

Kotler, Philip. 1997.

Manajemen

Pemasaran: marketing management

e Analisis, Perencanaan,

Implementasi, dan control. New

Jersey: Prentice-Hall Inc Smith, J. G.,

& Clark, F. E. (1928). Principles of

Marketing. The Economic Journal,

(151), 450.

https://doi.org/10.2307/2224326

Latorre-Martínez, M. P., Iñíguez-Berrozpe,

T., & Plumed-Lasarte, M. (2014). Image-focused social media for a

market analysis of tourism

consumption. International Journal of

Technology Management, 64(1), 17–

https://doi.org/10.1504/IJTM.2014.05

Downloads

Published

2023-07-27

Issue

Section

Articles