Analisis Pengaruh Foto Perjalanan @Puanindya dalam Pengambilan Keputusan Pengikut Akun
DOI:
https://doi.org/10.33153/sanggitarupa.v3i1.4903Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh foto perjalanan @Puanindya dalam pengambilan keputusan berwisata pemgikut akun dengan menyadarkan pada pendekatan teori Encoding-Decoding Stuart Hall. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan model analisis interaktif dengan objek penelitian foto perjalanan akun Putri Anindya. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui wawancara terstruktur dan tertutup, studi pustaka, dan studi dokumentasi. Dari penelitian tersebut diperoleh hasil bahwa motivasi menjadi dasar pemicu terjadinya perjalanan wisata. Setelah motivasi tersebut terbentuk, para pengikut akun, khususnya narasumber penelitian, menindaklanjuti dengan mengikuti akun tersebut dan mengonsumsi foto-foto Putri, baik dari pemilihan tempat yang dikunjungi, komposisi foto, momen yang tepat, cerita yang disajikan dalam caption, hingga pemilihan tone warna, dimana didominasi oleh warna dingin merupakan perpaduan yang lengkap untuk memberikan motivasi kepada pengikut akun. Dampak dari foto ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan nantinya dalam membuat konten untuk mempromosikan objek wisata.Kata kunci: Analisis Resepsi, Encoding-Decoding, Foto PerjalananDownloads
References
Reference
Djafarova, E., & Andersen, H. C. (2008). The
contribution of figurative devices to
representation of tourism images.
Journal of Vacation Marketing, 14(4),
–303.
https://doi.org/10.1177/1356766708094
Enterprise, J. (2014). Instagram untuk
Fotografi Digital dan Bisnis Kreatif. Elex
Media Komputindo.
https://books.google.co.id/books?id=-
xVQDwAAQBAJ
Gmelch, Sharon Bohn. 2004. Tourist and
Tourism: A Reader. USA: Waveland Press Inc.
Huberman, Michael dan Matthew B.
Miles. Analisis data kualitatif diindonesiakan oleh Tjejep Rohidi.
Jakarta: UI Press, 1992.
la Grange, Ashley. (2005). Basic Critical
Theory for Photographers. Britania
Raya: Elsevier.
Kotler, Philip. 1997.
Manajemen
Pemasaran: marketing management
e Analisis, Perencanaan,
Implementasi, dan control. New
Jersey: Prentice-Hall Inc Smith, J. G.,
& Clark, F. E. (1928). Principles of
Marketing. The Economic Journal,
(151), 450.
https://doi.org/10.2307/2224326
Latorre-Martínez, M. P., Iñíguez-Berrozpe,
T., & Plumed-Lasarte, M. (2014). Image-focused social media for a
market analysis of tourism
consumption. International Journal of
Technology Management, 64(1), 17–
https://doi.org/10.1504/IJTM.2014.05
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Sanggitarupa agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.