ANALISIS BUKU "FOTO MERIWAYATKAN JARAK DAN REMBULAN YANG TERSERAK" MELALUI TEORI SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE

Authors

  • Anggara Wahyu Septian Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Anin Astiti Institut Seni Indonesia Surakarta

Abstract

ABSTRAK“Meriwayatkan Jarak dan Rembulan yang Terserak” adalah sebuah buku foto karya seorang fotografer bernama Aji Susanto Anom. Pada buku foto tersebut terdapat konflik adanya jarak yang memisahkan Aji dengan istrinya. Tujuan penelitian ini menjabarkan tanda dan makna yang muncul dalam karya tersebut melalui teori semiotika Charles Sanders Peirce melalui identifikasi jenis tanda ikon, indeks, dan simbol, dan mendeskripsikan makna yang terkandung dalam setiap fotonya. Metode penelitian yang dipakai yaitu kualitatif interpretif dengan mengklasifikasikan semua tanda yang terdapat pada 7 foto karya Aji dalam buku foto tersebut. Hasil analisis menunjukan adanya hubungan antara komponen tanda, seperti ikon, indeks, dan simbol yang mengandung makna-makna dari cerita perjalanan Aji melewati fase-fase kerinduan terhadap istrinya. Kata Kunci : Meriwayatkan Jarak dan Rembulan yang Terserak, Fotografi, dan Teori Semiotika Charles Sanders Peirce.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asa Berger, A. (2010). Pengantar Semiotika: Tanda-tanda Dalam Kebudayaan Kontemporer. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Budiman, Kris. (2011). Semiotika Visual: Konsep Isu dan Problem Ikonitas. Yogyakarta: Jalasutra.

Eco, Umberto. (2009). Teori Semiotika. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Sobur, Alex. (2003). Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pannafoto Institute. (2016). Aji Susanto Anom. https://pannafoto.org/project/aji-susanto-anom/ (diakses pada 17 Agustus 2022).

Unobtainium Photobooks. (2021). Meriwayatkan Jarak dan Rembulan yang Terserak by Aji Susanto Anom. https://youtu.be/WNVswzLKI2E (diakses pada 10 Juli 2022).

Yudha, P. (2021). Meriwayatkan Jarak dan Rembulan yang Terserak, Aji Susanto Anom. Sokong! https://sokongpublish.com/blog/meriwayatkan-jarak-dan-rembulan-yang-terserak-aji-susanto-anom/ (diakses pada 17 Agustus 2022).

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles