Foto Jurnalistik Bagi Jurnalis

Main Article Content

Elsa Nazila Ramadhani
Risky Chairani Putri

Abstract

Di era perkembangan teknologi digital, berita kini tidak hanya ditampilkan melalui media cetak dan televise saja, tetapi juga menyebar secara masif melalui media sosial. Untuk mendukung penyajian berita yang menarik dan komunikatif, media massa sangat bergantung pada elemen visual seperti foto jurnalistik. Foto sering kali menjadi daya tarik utama yang menggugah minat baca audiens sebelum mereka membaca isi berita secara keseluruhan. Untuk itu seorang jurnalis foto dituntut untuk memahami dasar-dasar fotografi dan karakteristik foto jurnalistik agar dapat menghasilkan gambar yang tidak hanya informatif, tetapi juga memiliki nilai berita yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran strategis fotografi jurnalistik dalam mendukung penyampaian informasi di media massa. Rumusan masalah mencakup: (1) Bagaimana sejarah perkembangan foto jurnalistik? (2) Apa saja jenis dan karakteristik foto jurnalistik? (3) Teknik dan pendekatan apa yang digunakan dalam praktiknya? (4) Apa peran foto jurnalistik dalam membentuk persepsi publik? (5) Bagaimana etika diterapkan dalam praktik foto jurnalistik di era digital? Penelitian ini dilakukan dengan metode studi pustaka, yang melibatkan analisis berbagai literatur dari buku, jurnal, dan sumber daring. Hasil kajian menunjukkan bahwa fotografi jurnalistik merupakan media komunikasi visual yang kuat, dengan kekuatan naratif, nilai berita yang tinggi, serta fungsi sosial yang besar. Dalam konteks ini, jurnalis foto berperan sebagai pencerita visual yang menyampaikan fakta secara jujur, menarik, dan etis.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles