TITIK TENGAH SEBAGAI DASAR SISTEM KLASIFIKASI CENGKOK GENDER
DOI:
https://doi.org/10.33153/keteg.v20i1.2749Keywords:
cengkok, gender, klasifikasi, titik tengahAbstract
Cengkok merupakan kosakata musikal dasar dari beberapa instrument dalam gamelan Jawa Tengah. Gender barung memiliki sistem cengkok yang mungkin paling kompleks. Dengan pengembangan pendidikan formal kesenian setelah Kemerdekaan Indonesia, terjadi dorongan ke arah kodifikasi dan klasifikasi cengkok-cengkok gender. Pekerjaan paling signifikan di bidang ini dilakukan oleh R.L. Martopangrawit pada awal tahun 1970-an. Sebagian besar, metode yang dikembangkan oleh Martopangrawit dan rekan-rekannya tetap digunakan untuk mengajar gender di konteks pendidikan formal. Namun, ada sejumlah cara di mana metode ini gagal dalam aplikasi praktis dan teoretis. Artikel ini menjelajahi potensi untuk membuat sistem klasifikasi cengkok gender baru, yang bersifat obyektif dan juga mudah untuk digunakan. Diharap bahwa sistem baru ini akan mempermudahkan komunikasi dalam komunitas karawitan yang semakin global.Downloads
References
Brinner, Benjamin. 1995. “Cultural Matrices and Innovation in Central Javanese Performing Arts.” University of Illinois Press. Ethnomusicology Vol 39, No. 3, pp. 443-456
Martopangrawit, R.L. 1972. Catatan-Catatan Pengetahuan Karawitan (terj.). Karawitan: Source Readings in Javanese Gamelan and Vocal Music (Volume I, pp. 1-121). Ann Arbor, Michigan: The University of Michigan
____ 1973. Titiraras Cengkok-Cengkok Genderan dengan Wiletannya. Surakarta: Akademi Seni Karawitan Indonesia
McDermott, Vincent dan Sumarsam. 1975. “Central Javanese Music: The Patet of Laras Slendro and the Gender Barung.” University of Illinois Press. Ethnomusicology Vol. 19, No. 2, pp. 233-244
Perlman, Marc. 1998. “The Social Meanings of Modal Practices: Status, Gender, History, and Pathet in Central Javanese Music.” University of Illinois Press. Ethnomusicology Vol. 42, No. 1, pp. 45-80
Sumarsam. 1975. “Gender Barung, its Technique and Function in the Context of Javanese Gamelan.” Ithaca, New York: Cornell University Press. Indonesia. No. 20, pp. 161-172
Supanggah, Rahayu. 2007. Bothekan Karawitan Jilid II. Surakarta: Institut Seni Indonesia