LANA GENDHING KETHUK 4 KEREP MINGGAH 8 KAJIAN GARAP GENDÈR
DOI:
https://doi.org/10.33153/keteg.v20i1.3546Keywords:
Gendhing Lana, gendèr, garap, alih larasAbstract
Skripsi karya seni berjudul Lana Gendhing kethuk 4 kerep minggah 8: Kajian Garap Gender ini disusun untuk menjelaskan kajian gendèran Gendhing Lana. Pada umumnya Gendhing Lana disajikan dalam laras sléndro pathet nem dengan garap inggah kendhang irama dadi. Dalam skripsi karya seni ini Gendhing Lana disajikan dengan berbagai inovasi garap dalam tradisi karawitan gaya Surakarta yang sudah ada, diantaranya adalah: alih laras, mandheg, garap ciblon irama wiled, dan rangkep. Kajian dalam skripsi karya seni ini adalah analisis gendèran yang meliputi tafsir céngkok dan wiledan. Penelitian karya seni ini merupakan penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka, observasi, dan wawancara. Sementara menyajiannya penulis menggunakan beberapa konsep garap, alih laras, pathet, dan mandheg. Hasil dari alih laras dalam sajian Gendhing Lana, gendhing kethuk 4 kerep minggah 8 merubah karakter dan rasa gending tersebut. Dalam proses alih laras muncul beberapa penawaran garap baru diantaranya adalah garap ciblon wiled, rangkep, dan mandheg. Dari eksperimen yang dilakukan, jika disajikan dalam laras sléndro pathet nem karakter dan rasa Gendhing Lana adalah regu, anteb, dan wibawa, sementara jika dialih laras ke laras pélog pathet nem karakter dan rasa berubah menjadi bérag, prenes, dan gagah.Downloads
References
Amangkunegara III, dkk. 1985. Serat Centhini Latin Jilid 2. Edited by Kamajaya. Yogyakarta: Yayasan Centhini.
Bambang Sosodoro R.J. 2009. “"Mungguh Dalam Garap Karawitan Surakarta: Subjektivitas Pengrawit Dalam Menginterpretasi Sebuah Teks Musikal.” Surakarta.
Benamou, Marc. 2010. Rasa, Affect and Intuition in Javanese Musical Aesthetics. 1st ed. New York: Oxford University Press.
Hastanto, Sri. 2009. Konsep Pathet Dalam Karawitan Jawa. Edited by Sri Hastanto. 1st ed. Surakarta: ISI Press Surakarta.
Jennifer Lindsay. 1991. Klasik, Kitsch, Kontemporer: Sebuah Studi Tentang Seni Pertunjukan Jawa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Martopangrawit, R.L. 1972. Pengetahuan Karawitan. Surakarta: Pusat Kesenian Djawa Tengah dan Dewan Mahasiswa ASKI Surakarta.
Mloyowidodo, R.L. 1976. Balungan Gending-Gending Gaya Surakarta. Surakarta: Proyek Akademi Kesenian Jawa Tengah, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Surakrata.
Poerwadarminta, W.J.S. 1937. Baoesastra Djawa. Tokyo: J.B. Wolters.
Purwanto, Djoko. 2011. Estetika Karawitan: Bahan Ajar. 1st ed. Surakarta: ISI Surakarta.
Roshit Sulistyo. 2019. “Garap Rebab Sidomulyo Gendhing Kethuk 4 Awis Minggah 8 Laras Slendro Pathet Nem: Studi Alih Laras.” ISI Surakarta.
Setiawan, Erie. 2015. Serba-Serbi Intuisi Musikal Dan Yang Alamiah Dari Peristiwa Musik. Yogyakarta: Art Musik Today.
Sukamso. 2015. “Konvensi-Konvensi Dalam Pementasan Klenengan Tradisi Gaya Surakarta.” Keteg 15 (1): 49–59.
Sumarsam. 2018. Hayatan Gamelan: Kedalaman Lagu, Teori, Dan Perspektif. Yogyakarta: Gading.
Supanggah, Rahayu. 2009. Bothekan Karawitan II, Garap. Edited by Waridi. Surakarta: ISI Press Surakarta.
Suraji. 1991. “Onang-Onang Gendhing Kethuk 2 Kerep Minggah 4: Sebuah Tinjauan Tentang Garap, Fungsi, Serta Struktur Musikal.” Surakarta.
———. 2001. “Garap Kendhang Inggah Kethuk 8: Gendhing-Gendhing Klenengan Gaya Surakarta Sajian Irama Wiled.” Surakarta.
Widyamartaya, A. 1990. Seni Menuangkan Gagasan. Yogyakarta: Kanisius.