KEHADIRAN GENDING MUGI RAHAYU DALAM KONTEKS SOSIAL

Niken Setyani, Rusdiyantoro Rusdiyantoro

Abstract


Permasalahan yang ingin diurai dalam penelitian ini adalah terkait perkembangan fungsi Mugi Rahayu di masyarakat. Hal tersebut atas dasar popularitas gending, kehadiran, dan perkembangan garapnya yang beragam dalam memenuhi  beberapa fungsi dan keperluan di dalam masyarakat Jawa Tengah khususnya daerah Surakarta dan sekitarnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif analisis, yaitu memberikan penjelasan  tentang  keragaman  gending  Mugi  Rahayu  dalam  berbagai fungsi dengan menggunakan pendekatan pemikiran Supanggah mengenai teori garap. Hasil analisis yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa ragam garap yang terjadi pada gending Mugi Rahayu terlahir karena memenuhi fungsi yang ada dalam masyarakat Jawa dan menjadikan gending Mugi Rahayu tetap eksis dan sering dipilih sebagai pendukung sajian sosial maupun layanan seni.


Keywords


ragam, Mugi Rahayu, fungsi, garap

Full Text:

PDF

References


Hastanto, Sri. 2009. Konsep Pathet. surakarta: ISI Press.

Martopangrawit, R L. 1975. “Pengetahuan Karawitan Jilid I Dan Pengetahuan Karawitan Jilid II.” Surakarta: ASKI.

Megawati, Annisa Sari. 2018. “Karawitan Tari Sekar Pudyastuti Karya KRT Sasmintadipura: Struktur Penyajian Dan Garap Kendhangan.” Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Murlan, Murlan. 2013. “PENYAJIAN GARAP MUSIKALITAS GENDING TAYUB TUBAN DALAM TRADISI MANGANAN DESA KUMPULREJO.” Institut Seni Indonesia Surakarta.

Poerwadarminta, W J S. 1939. “Baoesastra Djawa. Groningen, Batavia: B.” Wolters uitgevers Maatschappij NV.

Pradja Pangrawit. 1990. Wedapradangga: Serat Sujarah Utawi Riwayating Gamelan. surakarta: STSI Press.

Purwanto, Joko. 2020. “Gender Barung Perspektif Organologi, Teknik, Dan Fungsi Dalam Karawitan Gaya Surakarta.” ISI Press.

Subuh, Subuh. 2016. “Garap Gending Sekaten Keraton Yogyakarta.” Resital: Jurnal Seni Pertunjukan. https://doi.org/10.24821/resital.v17i3.2227.

Sugimin, Sugimin. 2019. “MENGENAL KARAWITAN GAYA YOGYAKARTA.” Keteg: Jurnal Pengetahuan, Pemikiran Dan Kajian Tentang Bunyi. https://doi.org/10.33153/keteg.v18i2.2398.

Suhartinah, Sudiyono dan. 1981. Riwayat Hidup Dan Pengabdian KRMT Harya Wiryadiningrat: Dalam Biografi Tokoh Karawitan. Yogyakarta: Balai Penelitian Sejarah dan Budaya Yogyakarta.

Sumarsam. 2003. Gamelan: Interaksi Budaya Dan Perkembangan Musikal Di Jawa. Pustaka Pelajar.

Sumaryono, NIDN. 2013. KEPELOPORAN KI WASITODIPURO/KI TJAKRAWASIA DAN KI LARASSUMBOGO DALAM KEHIDUPAN DAN PERKEMBANGAN SENI KARAWITAN DI YOGYAKARTA. Dinas Kebudayaan, DIY.

Supanggah, Rahayu. 2007. “Bothekan Karawitan II.” Jakarta: Masyarakat Sèni Pertunjukan Indonesia.

Supardi. 2008. “Perkembangan Gending Tayub Tulungagungan: 1970-2007” Skripsi.” ISI Surakarta.

Sutton, R. Anderson. 1986. “The Crystallization of a Marginal Tradition: Music in Banyumas, West Central Java.” Yearbook for Traditional Music. https://doi.org/10.2307/768524.

Trustho. 2005. Kendang Dalam Tradisi Tari Jawa. surakarta: STSI Press.

Waridi. 2006. Karawitan Jawa Masa Pemerintahan PB X: Perspektif Historis Dan Teoritis. Surakarta: ISI Press.

Warsapradangga. n.d. “Sesorah Bab Tetabuhan Gamelan.”

Widada, Suwadji, Sukardi Mp, E Suwatno Gina, D Sutana, and U Sidik. 2006. “Kamus Bahasa Jawa (Bausastra Jawa).” Yogyakarta: Balai Bahasa Yogyakarta.

Widyastutieningrum, Sri Rochana. 2007. “Tayub Di Blora Jawa Tengah Pertunjukan Ritual Kerakyatan.” Surakarta: ISI Press Surakarta.

PUSTAKA PANDANG DENGAR

CD 157, Gending-Gending Istrumental. Laler Mengeng, Keluarga Karawitan RRI Stasiun Surakarta Pimp. Turahjo Harjomartono. Surakarta: Lokananta Record.

KGD 263, Pahargyan Vol. 4. Karawitan Raras Riris Irama Pimp. Sardiman. Surakarta: Kusuma Record, 1989.

KGD 130, Pahargyan, Karawitan Raras Riris Irama Pimp. Wakija. Surakarta: Kusuma Record, 1997.

Gending Upacara Temanten Tradisional Yogyakarta. Keluarga Kesenian Jawa RRI Nusantara II Yogyakarta Pimp. Ki Suhardi.. Surakarta: Lokananta Recording.

Gending-Gending Pahargyan Manten. Pimp. N.N. Surakarta: Studio Sembilan Belas STSI Surakarta Yayasan Gendhon Humardani, 2002.

Gerr-Endahe: Orek-Orek Mantingan. Karawitan Roso Cunduk Pimp. Wagiman. Fajar Record, 2005.

PUSTAKA LAMAN

https://celoteh4ti.wordpress.com/2012/07/01/tarian-traditional- indonesia-yang-mendunia/#comments. Dibaca 1 Juli 2016. Pukul 13.30 WIB.

https://alangalangkumitir.wordpress.com/2013/11/21/serat-sastra-gending-dan-terjemahan/. Dibaca 28 Juli 2016. Pukul 13.34 WIB.

http://www.gamelanbvg.com/gending-rangayu. Dibaca 27 April 2016.

Pukul 15.02 WIB.




DOI: https://doi.org/10.33153/keteg.v20i1.3557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Keteg: Jurnal Pengetahuan, Pemikiran dan Kajian Tentang Bunyi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Keteg: Jurnal Pengetahuan, Pemikiran, dan Kajian Tentang Bunyi.

ISSN 1412-2064
Published by Institut Seni Indonesia Surakarta (ISI Surakarta)
W: https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/keteg
E: keteg@isi-ska.ac.id

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0